Pengobatan Miom dengan Memanfaatkan Daun Sambiloto

lingshenyao

New Member
daun-sambiloto.jpg
Mioma uteri (miom) adalah masalah kesehatan yang menyerang organ reprosuksi wanita. Dalam beberapa kasus, kondisi ini bisa menyebabkan dampak yang buruk bagi kesuburan wanita, sehingga harus segera diatasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati miom, mulai dari pengobatan medis hingga herbal. Salah satu pengobatan herbal miom yang patut dicoba adalah dengan memanfaatkan daun sambiloto. Lantas, apakah daun sambiloto obat miom yang ampuh? Simak ulasan berikut.

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa miom sendiri berasal dari sel otot rahim yang tumbuh secara tak terkendali, akan tetapi tidak bersifat ganas atau kanker. Meski begitu, jenis tumor jinak yang satu ini sering kali tidak disadari pengidapnya, sebab kondisi ini umumnya tidak menimbulkan gejala sama sekali.

Tak jarang pengidap mioma uteri mendapat tindakan operasi pengankatan tumor jinak tersebut. Namun,nyatanya ada beberapa alternatif lain yang tak kalah ampuh dalam mengobati mioma uteri, terutama yang ukurannya masih kecil, serta mengatasi gejala yang timbul.

Pertumbuhan mioma uteri pun beragam, mulai dari cepat, lambat, atau justru berhenti dan menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Kondisi ini umumnya terjadi ketika miom tumbuh di masa kehamilan. Pasalnya, dalam beberapa kasus, miom pada masa kehamilan akan menghilang setelah proses persalinan atau melahirkan dan diiringi dengan ukurannya yang berangsur-angsur kembali normal.

Secara umum, ada empat jenis miom yang harus Anda ketahui, di antaranya adalah :
  • Mioma intramular : Miom yang terbentuk di jaringan otot rahim
  • Mioma subseroasa : Miom yang terbentuk pada bagian luar dinding rahim, hingga ke rongga panggul.
  • Mioma submukosa : Miom yang terbentuk pada lapisan otot di bagian dalam dari dinding rahim.
  • Mioma pedunculated : Miom yang tumbuh pada batang kecil yang terdapat pada bagian dalam maupun luar rahim.
Penyebab Mioma Uteri

Penyebab terbentuknya miom di rahim adalah akibat perkembangan dari sel induk di jaringan otot polos rahim (miometrium). Kondisi ini terjadi karena satu sel membelah diri berulang kali sehingga pada akhirnya membentuk tumor.

Namun, sayangnya penyebab perkembangan sel di jaringan otot polos rahim tersebut masih belum diketahui dengan pasti. Namun, ada beberapa hal yang diduga dapat menyebabkan kondisi ini, di antaranya adalah perubahan genetik pada sel otot rahim, ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron, serta adanya zat yang membantu tubuh untuk mempertahankan jaringan (seperti insulin).

Gejala Mioma Uteri

Selain tumbuh dan berkembang dengan beragam, wanita juga bisa memiliki lebih dari satu buah miom di rahim mereka. Namun, banyak wanita yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki miom. Hal ini seringkali disebabkan karena miom sama sekali tidak menimbulkan gejala apapun yang spesifik dan membuat pengidapnya sadar akan adanya masalah pada sistem reproduksi mereka.

Meski begitu dalam kebanyakan kasus miom tidak menimbulkan gejala, namun pada beberapa kasus tertentu, mioma uteri rahim juga dapat menimbulkan keluhan tertentu, yang dapat terjadi berdasarkan letak, ukuran, dan seberapa dekat dengan organ panggul lainnya. Miom yang menimbulkan keluhan atau gejala-gejala yang mengganggu harus segera ditangani.

Berikut ini adalah beberapa gejala miom yang berbahaya dan harus diwaspadai :

  • Nyeri di bagian panggul yang tak kunjung hilang.
  • Darah menstruasi yang berlebihan
  • Periode yang lama disertai dengan rasa nyeri yang berlebihan.
  • Munculnya flek atau di luar masa menstruasi.
  • Sering buang air kecil.
  • Sulit buang air besar (sembelit) atau konstipasi.

Khasiat Daun Sambiloto untuk Mengobati Miom

Sejak dulu, daun sambiloto memang dikenal akan khasiatnya yang baik untuk kesehatan tubuh, serta dipercaya untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya miom. Daun sambiloto memiliki kandungungan flavonoid dan laktone yang masing-masing mengandung 12 didehydroandrographolide, andropraholide (zat pahit), homoandrographodile, dan senyawa lain yang bermanfaat untuk mengatasi miom.

Daun sambiloto dipercaya sangat efektif dalam mengobati miom, serta tidak menimbulkan efek samping. Oleh sebab itu, bagi Anda yang mengidap miom, tak ada salanya jika Anda mencoba ramuan obat dari daun sambiloto untuk mengatasi keluhan yang Anda rasakan.

Caranya pun cukup mudah, yakni Anda hanya perlu merebus 10 helai daun sambiloto dengan 3 gelas air. Tunggu hingga air rebusan tersebut mendidih dan menyisakan air setengahnya. Jika sudah, saring ramuan daun sambiloto tersebut ke dalam gelas, dan minum selagi hangat. Konsumsi ramuan ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Selain daun sambiloto, ada beberapa tanaman herbal lainnya yang tak kalah ampuh untuk membantu pengobatan miom. Di antaranya adalah :
  • Kunyit putih
Kunyit putih merupakan tanaman herbal yang kerap dijadikan sebagai bahan dasar pengobatan tradisional. Kunyit putih memiliki kandungan kurkumin dan berbagai macam kandungan lainnya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan, seperti m1ss v. Maka dari itu, tanaman herbal ini sangat cocok untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada organ reprosuksi wanita, seperti mioma uteri atau kista ovarium.

Untuk membuat ramuan herbal dari kunyit putih ini, Anda hanya memerlukan 10 gram kunyit putih, tapak mangan, dan pegagan daun. Setelah itu, cuci semua bahan dan masak dengan 1 liter air. Rebus hingga air tersisa setengahnya, lalu minum selagi hangat. Anda dapat mengonsumsi ramuan ini sebanyak tiga kali sehari.
  • Mahkota dewa
Tanaman mahkota dewamemiliki berbagai kandungan aktif yang baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah saponin, alkaloid, dan polivenol yang berguna untuk memberantas bakteri yang menyerang tubuh dan meningkatkan imunitas. Kandungan anti-inflamasi yang terdapat dalam flavonoid juga dapat membantu mengobati penyakit kista dan mioma uteri.

Cara meracik ramuan dari tanaman mahkota dewa pun sangat mudah, Anda hanya perlu merebus kelopak mahkota dewa dan meminum air rebusannya secara rutin, sebanyak dua kali sehari.
  • Jahe merah
Sama seperti kunyit, jahe merah juga merupakan tanaman herbal yang kerap dijadikan sebagai bahan dasar pengobatan tradisional, lantaran manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Jahe merah memiliki rasa yang cenderung lebih pedas dibandingkan dengan jahe putih. Jahe merah memiliki kandungan fitokimia yang dapat membantu menyembuhkan berbagat macam masalah kesehatan.

Bahkan, beberapa ahli telah menyelidiki efek kimia yang terjadi pada kanker serviks, kista ovarium, dan mioma uteri. Dalam hal ini, jahe secara selektif dapat membunuh sel kanker rahim atau sel abnormal lainnya yang resisten terhadap pengobatan standar.
  • Daun sirsak
Manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh sangat beragam, terutama dalam menangkal penyakit ganas seperti kanker. Kandungan yang terdapat dalam daun sirsak mampu melawan pertumbuhan sel-sel abnormal di dalam tubuh, termasuk miom. Bahkan, daun sirsak juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh dan dinilai lebih efektif dari kemoterapi yang tentunya menimbulkan beberapa efek samping.
  • Kulit manggis
Selain buahnya yang mengandung banyak khasiat, kulit manggis juga memiliki khasiat yang tak kalah hebat. Kulit manggis bahkan dapat membantu mengobatu penyakit yang belum disembuhkan, sehingga membuatnya sangat populer di dunia medis sebagai obat tradisiona yang kuat dan tidak menimbulkan efek samping. Hal ini disebabkan karena manggis memiliki kandungan xanthone yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, khususnya masalah kanker, termasuk kuman uterus dan mioma uteri. Oleh sebab itu, ramuan dengan bahan dasar kulit manggis dapat digunakan sebagai obat tradisional mioma uteri.

Baca Juga : Ini Dia Beberapa Fakta Tentang Penyakit Miom

https://lingshenyao.id/obat-miom-alami/
 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top