Penyebab Luka Jahitan Caesar Robek Dan Terbuka

Discussion in 'Health & Beauty' started by Widia, Dec 5, 2018 at 1:08 PM.

  1. Widia

    Widia New Member

    Joined:
    Mar 25, 2017
    Messages:
    162
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Caesar merupakan salah satu proses melahirkan dengan bantuan team medis. Wanita yang pernah menjalani operasi caesar akan di sarankan untuk membatasi aktivitas supaya penyembuhan lebih cepat. Itu sebabnya mengapa setelah operasi caesar wanita dilarang terlalu cape dan tidak boleh melakukan pekerjaan terlalu berat untuk sementara waktu.

    Jika anda melanggar saran yang dianjurkan oleh dokter, biasanya luka jahitan akan robek, terbuka atau mengelupas. Jika sudah begini lantas apa yang dapat dilakukan? Apakah harus ke dokter lagi? Atau membiarkannya begitu saja?

    [​IMG]

    Pada dasarnya bekas luka caesar akan sembuh seiring berjalannya waktu, jika sudah pulih biasanya akan terbentuk jaringan baru yang lebih kuat sehingga jaringan rahim yang robek akan menyatu kembali. Sangat kecil kemungkinan apabila jahitan caesar robek, meski demikian ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan jahitan caesar menjadi robek dan terbuka.

    Beberapa diantaranya adalah ;

    1. Melahirkan secara normal setelah sebelumnya melahirkan caesar. Jika di kehamilan yang pertama, kamu melahirkan secara caesar dan di kehamilan berikutnya memaksakan diri untuk melahirkan normal, maka dipastikan jahitan caesar akan robek.

    2. Kenaikan berat badan. Jika berat badan anda naik, otomatis jahitan akan robek akibat bertambahnya indeks massa tubuh. Maka dari itu, pastkan kondisi berat badan tetap stabil agar bekas jahitan tidak robek atau rusak.

    3. Adanya infeksi pada luka. Luka bekas caesar bisa saja terserang infeksi, ini biasanya muncul akibat kita yang tidak menjaga kebersihan luka. Maka dari itu, terjadilah infeksi. Jika anda tidak mau hal ini terjadi, sebaiknya perhatikan kebersihan luka, bersihkan setidaknya 2 kali sehari pagi dan sore atau malam menjelang tidur.

    4. Kekurangan gizi. Bukan cuma infeksi, kekurangan gizi juga dapat menyebabkan luka jahitan caesar menjadi terbuka. Jika hal ini terjadi biasanya menyebabkan jaringan tubuh rusak dan tidak bisa membentuk jaringan yang baru. Sebelum hal ini terjadi alangkah baiknya jika anda penuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh agar jaringan rahim yang baru bisa segera terbentuk dan memulihkan luka pasca operasi caesar.

    Itulah beberapa penyebab dari robeknya jahitan caesar yang bisa diketahui, setelah melahirkan caesar sebaiknya anda batasi aktivitas terlebih dahulu supaya proses penyembuhan bisa lebih cepat. Jika tidak dirawat dengan benar, maka luka caesar akan mengalami infeksi dan ini seringkali terjadi pada ibu yang baru melahirkan dengan jalan operasi caesar.

     


Loading...

loading...

Loading...

Share This Page