Peran Penting Digital Marketing Bagi Pelaku Bisnis

Discussion in 'Internet Marketing' started by jodiwruck, Nov 24, 2016.

  1. jodiwruck

    jodiwruck New Member

    Joined:
    Nov 24, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Digital Marketing
    atau pemasaran digital adalah aktivitas mempromosikan sebuah brand, produk, atau jasa dengan memanfaatkan media digital. Dengan dukungan media digital, jangkauan promosi tentu akan jauh lebih luas bila dibandingkan dengan media promosi konvensional. Selain itu, dengan dukungan media digital, aktivitas promosi akan tepat sasaran. Artinya, konsumen yang dibidik adalah mereka yang berpotensi untuk menjadi targeted customers.

    Di era serba digital seperti saat ini, aktivitas promosi dengan menggunakan media digital tentu akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan suatu bisnis. Terlebih masyarakat dunia kini telah terbiasa mengakses berbagai informasi dengan menggunakan jaringan internet. Kondisi semacam ini tentu menjadi peluang emas bagi para pelaku bisnis untuk merambah pasar mereka ke pasar dunia dengan dukungan dari layanan marketing digital. Kondisi semacam ini juga seolah menciptakan ‘ketergantungan’ bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan layanan marketing digital ini untuk mengembangkan bisnis mereka.

    Marketing digital kini juga merambah ke media lainnya seperti menampilkan pesan iklan via teks/ SMS yang kemudian dapat dengan mudah dibagikan ke perangkat-perangkat ponsel. Marketing digital juga turut mengkombinasikan beberapa aspek seperti aspek humanis, psikologi, teknologi, dan antropologi. Nah, dengan mengkombinasikan keempat aspek ini, tentu tujuan utama dari marketing agency dapat tercapai dengan sangat baik. Hasilnya, akan tercipta interaksi yang optimal antara produsen, konsumen, dan perantara pasar. Saat ini, marketing digital tengah mengalami perluasan guna mendukung layanan yang diberikan oleh para pelaku bisnis. Salah satu sisi yang dioptimalkan lagi adalah keterlibatan konsumen dalam menjalankan aktivitas pasar.

    Dalam pelaksanaan digital marketing, terdapat 2 pilihan strategi, yaitu strategi tarik dan strategi dorong.
    • Strategi tarik adalah sebuah strategi yang melibatkan konsumen untuk mencari, melihat, dan menerima informasi langsung dari situs atau sebuah mesin pencari. Dalam hal ini, konsumen aktif untuk mencari informasi seputar produk/ layanan yang dibutuhkan. Umumnya informasi yang dibutuhkan mudah dijumpai di web, blog, video, dan media digital lainnya.
    • Strategi dorong adalah sebuah strategi marketing yang mana team marketing agency menyuguhkan informasi kepada konsumen via iklan yang dipromosikan di berbagai media sosial, email, SMS, MMS, RSS, dan lain sebagainya.
     


  2. mrbond

    mrbond New Member

    Joined:
    Feb 4, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    SEO Services Specialist in Indonesia
    Location:
    Indonesia
    Digital marketing memang memiliki peran penting dalam sebuah bisnis. Makanya para pelaku bisnis sebelum terjun ke dunia bisnis harus memahami terlebih dahulu apa itu digital marketing. Apalagi di era digital sekarang ini, digital marketing memang suatu hal yang patut di implementasikan bagi bisnis Anda. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan digital marketing, maka tidak usaha takut sebab sudah ada banyak perusahaan digital agency Indonesia yang menyediakan all in one digital marketing.
     
  3. Masirwin

    Masirwin New Member

    Joined:
    Jan 15, 2018
    Messages:
    20
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    sekarang semua seba digital yah,,, makanya pengen banget kursus digital marketing euy biar naik gaji ehhh taraf hidup :p
     
    Last edited by a moderator: Jun 15, 2018
  4. Abi Winata

    Abi Winata New Member

    Joined:
    Jan 12, 2018
    Messages:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    marketing
    Location:
    Jl. Raya Narogong Kp. cikeriwis RT 07 / RW 02,
    untuk saat ini peran digital marketing itu memang sangat penting sekali, karena dapat menjangkau pasaran yang lebih luas dan tentunya promosi online itu biayanya jauh lebih murah bila dibandingkan dengan promosi offline
     
  5. techwira

    techwira New Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    66
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    digital marketing itu lebih murah dari pada offline marketing, dan konversi nya juga lebih Oke
     
Loading...

loading...

Loading...

Share This Page