Perbedaan GERD dan Maag

lingshenyao

New Member
Apakah anda sudah mengetahui ternyata maag dan GERD sendiri merupakan dua hal yang berbeda meskipun keduanya merupakan masalah lambung. Lantas apa saja perbedaannya ? Simak beritanya pada artikel tentang Perbedaan GERD dan Maag dibawah ini :

1. Anatomi
Maag dan gerd sendiri secara anatomi berbeda. Dimana dalam kasus maag sering dihubungkan dengan iritasi yang terjadi pada dinding lambung dan GERD merupakan hal yang terjadi karena adanya otot kerongkongan yang terpicu karena asam lambung naik.

2. Gejala

Maag:
  • Mual
  • Muntah
  • Setelah makan, perut bagian atas terasa begah
  • Pencernaan terganggu
  • Perut kembung dan sakit perut
  • Selera makan hilang
  • Muntah berwarna hitam pekat atau muntah darah
  • Feses berwarna hitam
GERD :
  • Terjadinya rasa terbakar apda bagian dada setelah makan dan bisa memburuk ketika malam hari
  • Sakit dada
  • Sulit menelan
  • Cairan asam atau dalam beberapa kasus makanan naik ke kerongkongan
Selain itu, anda juga bisa memahami beberapa penjelasan lengkap soal maag dibawah ini :

Penyebab Maag Kambuh

1. Makan Porsi Besar


Setelah makan besar, seringkali terjadi kondisi pada perut antara terjadinya maag ataupun sebah. Hal ini bisa terjadi tentunya setiap anda mengkonsumsi makanan jenis apapun dalam jumlah yang banyak. Porsi makan tentu bisa anda jaga untuk menghindari hal ini jika tidak ingin penyakit maag terus menarus menyerang anda.

2. Olahraga

Dalam kondisi beberapa orang sendiri, olahraga dengan cara yang salah bisa menyebabkan perut anda terkocok. Hal ini akhirnya menyebabkan isi perut anda naik ke sistem pencernaan yang membuat maag anda kambuh.

3. Merokok


Esophagus sphincter sendiri dapat dikendurkan karena efek buruk dari merokok yang tentu mempunyai banyak kerugian untuk kesehatan.

4. Kebiasaan Makan

Gejala maag sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor kebiasaan makanan anda. Beberapa kebiasaan dibawah ini bisa saja menjadi pemicu utama dari maag:
Makan larut malam.
Seringkali berbaring dan bersantai dalam waktu 1 jam setelah makan.

5. Obat

Obat yang bisa membuat organ esophagus sphincter anda turun adalah jenis-jenis obat seperti NSAID yang menyebabkan gejala maag terjadi. Obat tekanan darah tinggi adalah salah satu jenis obat ini yang bisa memicu maag anda untuk kambuh dari waktu ke waktu.

6. Makan menu

Buah jeruk asam
Tomat
Bawang bombay serta bawang putih
Jenis bumbu pedas seperti cabai dan merica
Peppermint
Makanan seperti keju, alpukat, kacang, dan steak yang tinggi lemak
Alkohol
Minuman karbonasi seperti kopi, soda, dan yang mengafeung kafein lainn

Pemicu maag sendiri bisa dideteksi dengan melakukan cara terbaiknya yakni melacak gejala dari pemicu maag tersebut. Sebagai cara pertama, anda bisa mulai mencatat berbagai macam pemicu maag yang dapat terjadi pada anda entah itu dibuku jurnal ataupun notebook yang bisa anda pantau sehari-hari. Beberapa daftar dari makanan yang anda makan dan minum dalh kehidupan sehari-hari bisa anda tambahakan ke jurnal ini. Tentu selain makanan, hal ini bisa anda sertai dengan apa saja anda lakukan seperti olahraga dan lain-lain. Ketika anda mengalami gejala maag sendiri, anda bisa menambahkannya pada jurnal anda meskipun anda belum merasakan efeknya sama sekali. Setelah anda bisa mengetahui pemicu dari maag yang menyerang anda, anda bisa menambahkan banyak kesimpulannya serta cara mengatasi maag anda dengan baik.

Rempah asal Asia Tenggara yang dikenal dengan Kunyit tentunya sudah sangat familiar untuk kita semua karena bahan alami dan kandungannya. Khasiat-khasiat luar biasa yang dihasilkan oleh kunyit memang tidak bisa diragukan sama sekali. Can you send a puncture to a sering dijadikan obat herbal untuk mengatasi penyakit luar maupun penyakit dalam seperti maag, bagaimanakah cara mengobati sakit maag with kunyit?

Kunyit and Kayu Manis

Kurkumin, minyak atsiri, karbohidrat, mineral, vitamin, pati, lemak, protein dan masih banyak lagi memang banyak terkandung dalam kunyit. Kandungan minyak atsiri, kalsium oksalat, eugenol, talin, dan safrole yang dikandung oleh kayu manis bisa menjadikannya kombinasi yang pas dengan kunyit untuk mengatasi maag.
Cara Penggunaan: Persiapkan sekitar 5 ruas kunyit dan kayu manis sesuai kebutuhan anda. Bersihkan kunyit sampai benar-benar bersih dan kemudian iris-iris kunyit. Rebus kunyit bersama-sama dengan kayu manis dan setelah mendidih anda bisa meminumnya secara teratur sehari 2 kali sampai maag anda sembuh.

Kunyit and Kuning Telur

Kunyit sendiri bisa dikombinasikan dengan yang lain selain kayu manis, seperti contohnya dengan kuning tall mentnah dan sudah dianggap sebagai obat yang sangat ampuh untuk maag.
Cara penggunaan: Persiapkan beberapa ruas kunyit serta jangan lupa untuk mengupasnya dan mencucinya dengan air bersih. Parut kunyit dan masukan ke dalam air untuk direbus, tambahkan tall mentah pada air rebusan dan tambahkan sedikit gula. Tunggu matang dan minum air rebusan tersebut.

Air Kunyit


Air kunyit adalah cara pengolahan kunyit yang paling sederhana. Bahan kunyit dan air adalah barang-barang yang dibutuhkan dan anda bisa membuat ramuan dengan mudah untuk sakit maag.

Cara penggunaan: 3 ruas kunyit dan 2 gelas air menjadi bahan pokok. Bersihkan kunyit dengan cara dicuci sampai bersih dengan air biasa. Potong kunyit dan rebus sampai mendidih dengan air. Setelah airnya mulai menguap angkat dan saringlah airnya. Minum ramuan kunyit ini 2 kali sehari untuk penyakit maag agar sembuh secara total.

Infeksi bacteri, obat anti inflamasi, stress, telat makan dan masih banyak lagi penyebab dari penyakit maag. Pertolongan pertama sangat dibutuhkan jika suatu saat maag kambuh secara tiba-tiba. Beberapa cara dibawah ini bisa anda lakukan sebagai pertolongan pertama ketika maag menyerang.
Untuk mengurangi gejala maag saat sedang kambuh, segeralah minum air putih. Asam lambung bisa dinetralkan dengan cepat oleh air putih serta luka kambung bisa disembuhkan dalam waktu yang cepat. Air putih juga bisa mendorong keluar makanan-makanan sisa yang menempel on dinding.

2. Permen Karet

Simpan permen karet saat berpergian disarankan untuk anda yang menderita maag kronis. Air liur yang diproduksi dengan cara mengunyah permen karet bisa berguna untuk menetralkan asam lambung. Rasa sakit dari penyakit maag juga bisa diringankan dengan memilih permen karet berasa mint.

3. Pisang

Pisang yang masih mentah ataupun sudah matang bisa digunakan sebagai obat untuk maag kronis dalam waktu yang cepat. Sifat anti bacteri yang dikandung pisang baik untuk menghambat bacteri-bacteri yang bisa menyebabkan maag. Pisang juga bisa digunakan untuk mengurangi peradangan, menguatkan lapisan lambung dan melindungi lambung dengan cara menurunkan kadar asam cairan lambung.

4. Cabe Rawit

Cabe rawit mengandung senyawa capsaicin yang sangat ampuh untuk menghambat sekresi asam lambung. Produksi alkali, merangsang sekresi lendir dan aliran mikosa lambung yang bisa membantu mengurangi sakit karena maag adalah beberapa manfaat cabe rawit juga. Cabe rawit harus dihaluskan dan dicampur dengan air hangat dan diminum.

5. Santan Kelapa

Sifat antibakteri yang dimiliki santan kelapa juga bisa membantu dengan cepat proces penyembuhan sakit maag. Air kelapa yang memiliki sifat anti ulkus saat sedang maag kambuh juga bisa anda minum.

6. Madu

Kandungan enzyme glucose oxidase yang bisa menghasilkan hidoks peroksida bisa membantu tubuh dalam melawan dan membunuh bacteri berbahaya penyebab maag dan menenangkan peradanganan lambung.

7. Bawang Putih

Bawangn putih juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama saat maag kronis. Sifat anti mikroba dan anti bacteri yang dikandung oleh bawang putih sang baik dalam hal meredakan maag. Haluskan sekitar 3 siung bawang putih dan campur dengan air, lalu minum sampai habis.
 
Loading...

Thread Terbaru

Top