Pernah Mengalami Jerawat Ketiak? Ini Dia Penyebabnya

Discussion in 'Health & Beauty' started by Aprilia, Jul 16, 2019.

  1. Aprilia

    Aprilia New Member

    Joined:
    Apr 22, 2019
    Messages:
    53
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Location:
    Jakarta
    elvante - Apakah Anda pernah mengalami munculnya bintil seperti jerawat di bagian ketiak? Terkadang munculnya jerawat di ketiak sangat menyiksa karena bagian ini termasuk bagian lipatan tubuh yang sensitif. Selain disebabkan kurangnya menjaga kebersihan, tumbuhnya jerawat di ketiak ternyata bisa disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja?

    Tersumbatnya Folikel Rambut
    Salah satu penyebab munculnya jerawat diketiak karena adanya penyumbatan folikel rambut. Hal ini bisa karena kebiasaan mencukur bulu ketiak yang tumbuh. Seringnya mencukur bulu ketiak bisa memicu bulu ketiak tidak dapat tumbuh keluar lagi, melainkan masuk ke dalam epidermis kulit. Sehingga menghasilkan tonjolan-tonjolan kecil menyakitkan di ketiak yang menyerupai jerawat.

    Berlebihan Dalam Menggunakan Deodoran
    Selain karena kebiasaan mencukur bulu ketiak, pemakaian deodoran juga bisa menyumbat pertumbuhan folikel rambut. Ini karena pemakaian deodoran yang berlebihan secara tidak langsung akan menyumbat pori pada kulit ketiak, yang pada akhirnya menimbulkan jerawat.

    Mengalami Hidradenitis Suppurativa
    Jika Anda tidak pernah mencukur bulu ketiak dan menggunakan deodoran namun masih mengalami jerawat yang cukup besar di ketiak. Bisa jadi Anda sedang mengalami kelainan kulit yang disebut hidradenitis suppurativa. Jerawat yang disebabkan oleh hidradenitis suppurativa biasanya mempunyai berukuran lebih besar dengan rasa nyeri seperti melepuh dan bisa berkembang menjadi kantung yang berisi nanah.

    Baca juga: jerawat cinta

    Ciri-Ciri Jerawat di Ketiak

    Pada dasarnya penyakit ini akan muncul pada usia sekitar 20 tahun. Bagi orang yang merokok dan obesitas juga bisa mengalami hidradenitis suppurativa. Sehingga dibutuhkan diagnosis dan penanganan yang tepat dari dokter eva sesuai gejala-gejala yang dialami. Berikut ini tanda-tanda munculnya jerawat dileher.
    • Benjolan lunak dan berwarna merah
    • Tumbuhnya komedo dan lubang yang terbentuk
    • Benjolan dengan ukuran besar yang menyakitkan
    Atasi Jerawat di Leher
    [​IMG]

    Saat ini memang jerawat di ketiak masih belum bisa disembuhkan secara total. Karena pada dasarnya kondisi seperti ini bersifat kambuh alias hilang lalu timbul terus menerus. Namun, ada beberapa tips mencegah jerawat diketiak. Anda hanya perlu menjaga kebersihan tubuh, menggunakan pakaian dalam yang longgar, serta mengompres hangat pada area yang bermasalah untuk mengurangi rasa nyeri dan peradangan.

    Refrensi:
    Elvante Skin Care
    Eva Mulia
     


Loading...

Loading...

Share This Page