Pileg Dan Pilpres 2019 Akan Jadi Pemilu Satu Hari Terbesar Di Dunia

Discussion in 'Berita dan Informasi' started by politik, Apr 15, 2019 at 1:31 PM.

  1. politik

    politik New Member

    Joined:
    Jan 20, 2018
    Messages:
    153
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pemilu tanggal 17 April 2019 hari Rabu akan menjadi pemilu satu hari terbesar di dunia. Ratusan juta rakyat Indonesia akan memilih lima lapis perwakilan rakyat di hari yang sama. Sementara itu, Pilpres 2019 yang mengadu Jokowi dan Prabowo akan menjadi pemilihan yang hasilnya paling dinantikan.

    Oleh: Kanupriya Kapoor dan Ed Davies (Reuters)

    Ratusan juta rakyat Indonesia akan memberikan suara mereka pada pemilu legislatif dan Pilpres 2019 beberapa hari lagi setelah berakhirnya kampanye yang berfokus pada ekonomi. Namun, bayangan politik Islam masih menaungi negara mayoritas Muslim terbesar di dunia ini.

    Sebagian besar jajak pendapat menunjukkan Presiden Jokowi unggul dua digit, tetapi kubu Prabowo membantah temuan semua jajak pendapat itu. Kubu oposisi itu juga mengatakan pihaknya telah mengungkap ketidakberesan data yang mempengaruhi jutaan orang dalam daftar pemilih dan telah berjanji untuk mengambil tindakan hukum atau menggunakan “kekuatan rakyat” jika keluhannya tidak diatasi.

    Beberapa analis mengatakan kemenangan yang tidak terduga untuk oposisi mungkin akan menyebabkan kemerosotan singkat di pasar Indonesia, sementara selisih yang sangat tipis dapat meningkatkan risiko perselisihan.

    “Dalam sebuah skenario di mana Jokowi menang dengan selisih yang tidak terduga, protes besar dan berkepanjangan di Jakarta akan meningkatkan ketegangan dan menekan mata uang,” Kevin O’Rourke, seorang analis politik dan penulis Reformasi Weekly, melansir Reuters, Senin (15/4).

    Walaupun sebagian besar jajak pendapat telah menunjukkan bahwa presiden unggul, jajak pendapat ini tidak dapat diterima begitu saja, kata seorang pejabat senior pemerintah.

    “Semua orang benar-benar buta karena kami tidak tahu sejauh mana jajak pendapat dapat diandalkan,” kata pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim.

    Jokowi mengakhiri kampanye enam bulannya dengan rapat umum besar-besaran di stadion GBK pada akhir pekan ini, di mana para pendukungnya tumpah ke taman dan jalan-jalan di sekitar stadion.

    Baca Artikel Selengkapnya di sini
     


Loading...

loading...

Loading...

Share This Page