Rekomendasi Bubur Bayi 6 Bulan Untuk Mpasi Anak

Discussion in 'Family & Parenting' started by hersam, Nov 28, 2018.

  1. hersam

    hersam New Member

    Joined:
    Apr 10, 2018
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Melihat anak tumbuh dan berkembang dengan sempurna tentu adalah kebahagiaan setiap orang tua. Ketika usianya menginjak 6 bulan, anak disarankan untuk bisa mengonsumsi MPASI atau bubur bayi 6 bulan. Dengan MPASI anak, diharapkan semua kebutuhan nutrisi anak yang tidak bisa dilengkapi oleh ASI dapat terpenuhi dengan sempurna. Kami akan bahas bubur bayi 6 bulan dan manfaatnya untuk menambah berat badan anak.

    Salah satu indikator anak tumbuh dan berkembang dengan baik adalah dengan melihat berat badan anak. Biasanya MPASI anak atau bubur bayi 6 bulan dibuat untuk menambah berat badan anak. Jadi, wajar saja jika bunda membuat bubur bayi yang terbuat dari bahan-bahan bernutrisi untuk mendukung berat badan anak.

    Tips Menaikkan Berat Badan Anak Dengan Bubur Bayi 6 Bulan

    Sebelum bahas tentang menu bubur bayi 6 bulan yang dapat menaikkan berat badan si kecil, lebih baik kita ketahui dahulu cara atau tips menaikkan berat badan anak jadi ideal, Yuk simak,

    • Jaga asupan ASI eksklusif.
    Meskipun sudah diberikan MPASI, pastikan bahwa si kecil tetap mendapatkan ASI ya bunda. Minimal anak diberikan Asi sampai usia 6 bulan. Namun jika bunda menghendaki untuk memberikan ASI lebih dari 6 bulan maka bisa saja sampai usia 8 hingga 1 tahun. Yang paling penting, ASI pada usia 0 hingga 6 bulan terpenuhi dengan baik.

    • Jadwalkan pemberian MPASI secara teratur.
    Tips kedua, berikan MPASI secara teratur dan terjadwal. Hal pertama yang perlu bunda pertimbangkan adalah jadwal pemberian ASI dan MPASI agar tetap seimbang sesuai dengan kebutuhan anak. Berikan MPASI sebanyak 2 hingga 3 kali sehari dengan porsi sesuai kebutuhan anak.

    • Berikan menu MPASI dengan komposisi tepat.
    Berikan variasi menu MPASI yang memiliki komposisi menu yang seimbang, sehat dan bergizi dengan anak. Perhatikan juga komposisi menu karbohidrat dan lauk pauk agar tidak terlalu banyak pada satu asupan dan kekurangan di asupan yang lain.

    Rekomendasi Bubur Bayi 6 Bulan Untuk Menambah Berat Badan

    Nah, selanjutnya kami berikan beberapa rekomendasi bubur bayi 6 bulan yang dapat menambah berat badan si kecil dengan tekstur yang tepat.

    • Resep Bubur Daging Cincang
    Bahan-bahan:

    1. Beras 1 cangkir

    2. Daging Sapi Cincang 50 gram

    3. Seledri 1 batang, iris tipis

    4. 1 buah Wortel, parut atau haluskan lembut

    5. Air 2 cangkir

    Cara membuat:

    Pertama, Cuci bersih beras serta bahan-bahan lainnya. Kedua, campur bahan yang sudah dihaluskan ke dalam satu rice cooker lalu masak hingga tekstur halus seperti bubur. Ketiga, jika masih kurang halus, bunda bisa haluskan lagi dengan blender dan berikan sedikit garam untuk perasa. Bubur daging cincang siap disajikan.

    • Bubur Kentang Kaldu Ayam
    Bahan-bahan:

    1. 100 gr kentang, bersihkan, kupas kulitnya dan potong kecil-kecil

    2. 50 gr ikan kakap merah, potong dadu kecil

    3. 50 gr brokoli, cincang halus

    4. Tulang ayam

    5. Wortel

    6. Daun seledri dan daun salam

    7. ΒΌ bawang bombay

    8. Air secukupnya

    Cara membuat:

    Pertama, buat kaldu ayam dan campurkan semua sayuran dan rebus tulang ayam hingga aroma tercium. Kedua, masukkan kentang yang sudah dicuci dan dikupas, ikan kakap dan brokoli. Ketiga, masak hingga matang kemudian blender hingga halus. Keempat, sajikan bubur dengan tambahan kaldu ayam dalam keadaan hangat.

    Semoga bermanfaat!
     


Loading...

loading...

Loading...

Share This Page