Resep Ayam Kremes Super Lezat

Discussion in 'Cooking' started by liana, May 30, 2016.

  1. liana

    liana New Member

    Joined:
    Feb 2, 2015
    Messages:
    375
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    3
    Occupation:
    enterpreuner yang suka membaca dan menulis
    Location:
    Jawa Barat
    ayam kremes.jpg
    Olahan ayam biasanya tidak jauh dari jenis masakan ayam goreng, ayam semur, ayam gulai atau ayam bakar. Namun, ayam goreng bertabur kremes patut dicoba. Selain itu, ayam kremes bisa juga menggantikan ayam goreng yang biasa hadir menemani nasi tumpeng atau nasi uduk. Bagi Anda yang pernah menyantap ayam goreng Ny. Suharti dan ayam goreng Mbok Berek tentu setuju bila dua brand tersebut berhasil membuat pengunjungnya ketagihan akan ayam kremes. Sajian ayam kremes yang disajikan dua brand ternama asal Jogjakarta ini sungguh berbeda dari olahan ayam goreng lainnya. Nah, bagi yang penasaran dan kangen dengan ayam kremes tersebut mungkin bisa mencoba resep ayam kremes super lezat dibawah ini. Dianggap super lezat karena hasil olahannya tidak kalah enak dengan dua brand tersebut.

    Resep ayam kremes
    Sebelum kita mengulik resep dibawah ini, ada baiknya juga mengetahui rahasia kelezatan ayam kremes Ny. Suharti dan Mbok Berek. Daging ayamnya empuk, padahal yang digunakan ayam kampung. Selain itu, bumbunya meresap hingga ke tulang. Tidak heran harga dari ayam kremes kedua brand tersebut cukup mahal jika sering dinikmati.

    Bahan-bahan:
    1. Bahan utama: 1 ekor ayam kampung dan minyak untuk menggoreng.
    2. Bumbu ungkep : 1000 cc santan atau bisa digantikan 2000 cc air kelapa, 3 lembar daun salam, 2 buah serai yang dimemarkan.
    3. Bumbu halus: 7 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 5 butir kemiri, ½ sendok makan ketumbar, 2 ruas kunyit (± 10 cm), 1 ruas jahe, ½ sendok teh merica, garam, gula pasir.
    4. Adonan kremes : air kaldu yang didapat dari sisa air mengungkep ayam, 3 sendok makan tepung beras.

    Cara membuat :
    1. Cuci ayam kampung hingga bersih dan potong menjadi berapa bagian sesuai selera.
    2. Tumis bumbu halus hingga tercium bau harum, tambahkan garam dan gula pasir.
    3. Masukkan potongan ayam kedalam bumbu tumis bersama dengan bumbu ungkep.
    4. Aduk rata dan masak ayam diatas kompor dengan api kecil.
    5. Setelah air bumbu ungkep terlihat sedikit menyusut, matikan kompor dan angkat ayam.
    6. Sisihkan ayam dan saring air kaldu sisa mengungkep ayam.
    7. Buat adonan kremes dengan menuangkan tepung beras kedalam air kaldu dan aduk hingga tercampur rata.
    8. Balurkan secara merata potongan ayam kedalam adonan kremes.
    9. Setelah ayam selesai dibalut, goreng sisa adonan kremes hingga berwarna kuning kecoklatan.
    10. Goreng ayam hingga terlihat matang atau terlihat kuning kecoklatan.
    11. Sajikan ayam dengan taburan kremes.
    12. Untuk menambah kenikmatan, sajikan ayam kremes bersama sambal terasi atau tomat dan aneka lalapan sayuran seperti selada, daun kemangi, kol dan irisan mentimun.

    Nah, dari resep diatas apa yang membuat kremes menjadi super lezat? Ya, rahasianya bisa jadi terletak pada bumbu halus yang diungkep bersamaan dengan ayam. Selain itu, daging ayam kampung yang biasanya alot ternyata bisa menjadi empuk berkat santan atau air kelapa yang diungkep bersama bumbu halus.

    Bosan menyajikan ayam goreng untuk menu keluarga? Kali ini coba saja mempraktekkan di dapur Anda resep ayam kremes super lezat seperti diatas. Selamat memasak!
     


  2. namara

    namara New Member

    Joined:
    Jun 17, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ternyata gampang juga resepnya .... boleh di coba di rumah nih
     
  3. liana212

    liana212 New Member

    Joined:
    Jan 10, 2018
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Duuh,, burem gambarnya,, gak kelihatan.
    Selezat apa sih resep ayam kremesnya? Kalau memang lezat, aku pesan dong ayam kremesnya, lagi laper nih. :D

    Kayaknya masih gurih dann lezat ayam goreng yang biasa disajikan sebagai lauk pendamping pada nasi tumpeng deh.
    Biasanya ayam goreng yang ada di nasi tumpeng rasanya gurih banget. Gak tau deh dikasih bumbu apaan sampai bisa gurih gitu.
     
Loading...

loading...

Loading...

Share This Page