Ruang Kerja Mempengaruhi Produktivitas Pekerjanya

Discussion in 'Startups' started by dilan diarka, Jan 26, 2017.

  1. dilan diarka

    dilan diarka New Member

    Joined:
    Dec 25, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kantor adalah rumah lain ketika Anda keluar dari rumah yang sesungguhnya, rumah yang jadi tempat tinggal kegiatan penuh Anda bersama keluarga. oleh karena itu, agar Anda mendapati kenyamanan saat bekerja, Anda perlu memperhatikan design ruang kantor Anda. Tak perlu mahal dan tak perlu mewah, kenyamanan dalam kantor dapat Anda peroleh jika Anda menata ruang kantor Anda dengan baik.

    Hasil penelitian seperti yang dilakukan oleh Texas University menunjukkan bahwa pemilihan warna pada ruang kerja bisa mempengaruhi produktivitas. Karena itu, alangkah baiknya jika ruang kerja di desain dengan sedemikian rupa dengan menggunakan warna yang sifatnya dapat meningkatkan produktivitas.

    [​IMG]

    Ada beberapa pilihan warna yang bisa kamu jadikan pilihan seperti yang dikutip oleh Top Career Indonesia.

    1. Warna biru.
    Warna biru dikenal sebagai warna yang dapat meningkatkan produktivitas seseorang. Warna biru dapat meningkatkan fokus seseorang dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Kamu bisa menambahkan beberapa aksen warna biru di meja untuk membuat lebih fokus.

    2. Warna kuning.
    Warna ini cocok untuk digunakan di ruang meeting. Atau kamu bisa memberikan beberapa aksen benda-benda berwarna kuning untuk mewarnai ruangan. Kuning merupakan warna yang dapat meningkatkan kreativitas. Jika pekerjaan kamu adalah pekerjaan yang menuntut ide-ide kreatif setiap saat, maka akan lebih baik jika menambah aksen kuning di meja ataupun ruang kerja.

    3. Warna hijau.
    Jika kerap kali bekerja dalam jangka waktu yang cukup lama, apalagi jika mepet deadline, warna hijau cocok diaplikasikan pada meja kerja kamu. Warna hijau dapat membuatmu merasa tenang namun tetap efisien dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

    4. Warna merah.
    Jika pekerjaan kamu adalah pekerjaan yang melibatkan aktivitas fisik, maka warna merah yang cocok untuk diaplikasikan. Warna merah diyakini dapat meningkatkan denyut jantung, aliran darah dan membuat lebih bersemangat.

    Berikut ini, sebagaimana dikutip dari pojoksatu.id, ada beberapa cara kreatif yang bisa Anda lakukan dalam menata ruang kantor kerja Anda agar terasa nyaman.


    1. Perhatikan posisi serta letak meja kerja kantor Anda. Ada baiknya, bila Anda menempatkan posisi meja kantor dari arah datangnya sinar cahaya. Hal yang demikian akan membuat ruang kantor Anda akan terlihat lebih cerah dan terang. Ini juga akan membuat Anda merasa segar bekerja di tempat yang terang, karena jika keadaan kantor redup akan membuat Anda jadi ngantuk.

    2. Agar bisa mendapatkan ruangan kantor yang super nyaman, hindari penataan tempat duduk yang menghadap ke dinding atau yang membelakangi jendela. Namun bika Anda terpaksa harus meletakan tempat duduk kerja yang membelakangi jendela, sebaiknya Anda meletakkan sebuah cermin kecil diatas meja kantor Anda.

    3. Atur penataan file – file Anda serapi mungkin. Untuk file –file yang Anda anggap penting, Anda bisa meletakkan di sebelah kiri meja kerja Anda. Selain file-file akan mudah tersebut akan mudah dijangkau, hal tersebut dapat memacu energi untuk memperlancar prestasi kerja Anda.

    4. Sebaiknya Anda tidak meletakkan furniture, khususnya kabinet pada pintu. Hal demikian dimaksudkan agar pintu dapat terbuka dengan lebar dan hal itu akan membuat orang bisa leluasa untuk keluar dan masuk ruangan. Untuk furniture rak buku atau kabinet kecil, letaknya jangan sampai mengganggu pandangan Anda.

    5. Yang harus diperhatikan berikutnya adalah memperhatikan peletakan komputer. Karena komputer kerja Anda memilik energi yang besar terhadap kinerja Anda. Oleh sebab itu, maka seharusnya Anda meletakan komputer kerja Anda dengan posisi yang senyaman mungkin. Dan hindari pemakaian aksesoris komputer yang berlebihan di atas meja kerja Anda, agar tidak menghambat pergerakan Anda dalam bekerja didepan kantor Anda.

    6. Anda dapat meletakkan alat tulis dalam vas bunga atau wadah kecil yang cantik. Karena hal tersebut bisa membuat penataannya terlihat lebih terlihat cantik, tidak terkesan monoton.

    7. Letakkan posisi telepon sesuai dengan kebiasaan Anda ketika menggunakan tangan saat menelpon. Jangan menempatkan telepon ditempat yang susah di jangkau oleh Anda. Karena itu akan membuat rasa tidak nyaman.

    8. Letakkanlah tempat sampah di kiri bawah meja kerja Anda dengan jarak yang paling dekat. Dengan demikian akan memudahkan Anda dalam menjangkaunya dan membuang sesuatu ke tempat sampah. Kantor Anda juga akan terawat kebersihannya

    9. Sesempit apapun ruang kantor anda, janga lupa untuk menaruh pot bunga atau tanaman penyegar alami ruangan kerja Anda, seperti pohon palem, Anggrek bulan, pakis, Sirih gading dan tumbuhan lainnya yang dapat memurnikan udara di sekitar ruangan.

    10. Terakhir, jika Anda ingin lebih nyaman Anda dapat menggunakan pendingin ruangan (Ac) atau kipas angin.

    Tidak bisa dipungkiri, untuk menciptakan kantor yang baik dan nyaman memang akan membutuhkan banyak biaya, apalagi jika harus menggunakan peralatan dan perlengkapan kantor yang berkualitas. Meskipun demikian beberapa perusahaan dengan kreativitasnya seringkali mampu menciptakan kantor yang baik dan nyaman meski tidak mengeularkan biaya yang besar.

    Lingkungan dan Kondisi Fisik Tata Ruang Kantor

    Setelah semua rancangan sudah selesai dilakukan, maka proses selanjutnya adalah melakukan penataan kontor. Dalam melakukan penataan kantor yang baik perhatikan pula faktor lingkungan dan kondisi fisik kantor yang akan dibuat. Faktor lingkungan dan kondisi fisik ini perlu menjadi bahan pertimbangan karena akan dapat mempengaruhi produktivitas kerja karyawan.

    Menurut Sedarmayanti dalam Sanjaya (2011) yang dikutip dari webbisnis.com, yang termasuk lingkungan dan kondisi fisik dalam tata ruang kantor antara lain adalah sebagai berikut :
    • Penerangan atau cahaya di tempat kerja;
    • Temperatur atau suhu di tempat kerja;
    • Kelembaban di tempat kerja;
    • Sirkulasi udara ditempat kerja;
    • Kebisingan di tempat kerja;
    • Getaran mekanis di tempat kerja;
    • Bau-bauan di tempat kerja;
    • Tata warna di tempat kerja;
    • Dekorasi di tempat kerja;
    • Musik di tempat kerja;
    • Peralatan, perabotan, dan mesin kantor di tempat kerja;
    • Kemanan di tempat kerja.
     


  2. artdesign

    artdesign New Member

    Joined:
    May 5, 2017
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ada baiknya sebagai pendukung untuk kenyamanan karyawan di kantor, pemilihan furniture kursi kantor yang baik merupakan penambahan yang tepat dalam ruangan kerja..Untuk mencari informasi tentang furntiture kantor kunjungi
    http://www.furnimaxx.com
     
  3. andisw

    andisw New Member

    Joined:
    Jun 14, 2017
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ... wah setuju banget ..kalo tempat kerja ane seperti ini..
     
  4. kreditmobil

    kreditmobil New Member

    Joined:
    May 10, 2017
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    marketing officer
    Location:
    Jl.Ir.Juanda No.25-26 Depok 16423
    memang benar sekali ruang kerja itu sangat berpengaruh sekali terhadap produktivitas pekerja, dan memang seharusnya ruang kerja itu harus dibuat senyaman mungkin sesuai dengan keinginan pekerja
     
  5. iqbal

    iqbal New Member

    Joined:
    Aug 7, 2017
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Nah bener tuh, jadi memang ruang perkantoran yang layak sangat diperlukan. Saat pertama kali memilih sewa kantor kita harus tahu apakah ruang kantor ini cocok atau tidak. Jadi jangan sampai salah menentukan perkantoran yang akan disewa karena itu bisa menentukan ke depannya. Beberapa tips untuk memilih sewa kantor bisa Anda cari melalui internet.
     
  6. OmTon

    OmTon New Member

    Joined:
    Jul 11, 2017
    Messages:
    66
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
    Masuk akal. Ruang kerja yang nyaman akan mempengaruhi produktifitas kerja. Suasana kantor semrawut, bising bikin gak konsen kerja. Jadi, bagi direktur perusahaan, benahi kantornya biar karyawan betah
     
  7. Kevin Danny

    Kevin Danny New Member

    Joined:
    Oct 12, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tentu mempengaruhi misalkan coworking space biasa digunain untuk tempat kerja seperti digital agency atau startup dimana orang akan dengan gampang dapat berinteraksi secara langsung.
     
  8. FLou91

    FLou91 New Member

    Joined:
    Oct 26, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Setuju hahaha ruang kerja itu benar-benar bisa memberikan dampa yang wah bagi para pekerjanya. Apalagi jika ruangan kerja tersebut didesain untuk seperti rumah dan membuat nyaman para karyawan-karyawatinya :D Jadi jangan heran kalau melihat sebuah kantor yang enggak kayak kantor, malah terkesan seperti rumah gitu :D
     
  9. yakubcahaya

    yakubcahaya New Member

    Joined:
    Sep 29, 2017
    Messages:
    25
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Setuju banget. Makin warna warni, maka akan semakin ceria dan semangat biasanya.
    Kalo warna ruang kerja bisa mempengaruhi kinerja, beberapa tips di bawah video ini bisa mempengaruhi bisnis Anda, khususnya untuk masalah memperluasnya. Simak videonya, yuk!

     
  10. peang penjol

    peang penjol New Member

    Joined:
    Dec 19, 2017
    Messages:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kalo kita punya ruang belajar anak di rumah, apakah cocok/ nyaman apabila diterapkan tempat duduk belajarnya membelakangi jendela rumah gan?
     
    Last edited by a moderator: Jan 15, 2018
  11. Nandadc

    Nandadc New Member

    Joined:
    Aug 15, 2016
    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bener bgt gan. bentuk kursi dan meja juga sangat berpengaruh
     
  12. techwira

    techwira New Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    89
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Dekorasi yang penting gan..apalagi buad divisi kreatif..waduh jangan flat-flat aja, di jamin ide buntu :D
     
  13. Xanroe

    Xanroe New Member

    Joined:
    Jan 29, 2018
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ngaruh banget loh gan, ane juga kalo ga ada dekorasi ulang interior di kantor rasanya jenuh banget
     
  14. Abi Winata

    Abi Winata New Member

    Joined:
    Jan 12, 2018
    Messages:
    23
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    marketing
    Location:
    Jl. Raya Narogong Kp. cikeriwis RT 07 / RW 02,
    suasana ruangan kerja memang harus dibuat secara nyaman dan juga diusahakan terhindar dari banyak kebisingan
     
  15. ofgo123

    ofgo123 New Member

    Joined:
    Feb 15, 2018
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    Office Supplies and stationery company
    Location:
    Jl. Kebahagiaan Jakarta Barat
    setuju sih, terutama kalau pekerjanya sangat moody, pasti desain interior sampai furniture yang ada di kantor bisa sangat mempengaruhi produktivitas kerja. Padahal sekarang banyak kok furniture dan perlengkapan kantor yang unik dan lucu supaya mood bekerja bisa naik :D
     
  16. dono88

    dono88 New Member

    Joined:
    Oct 3, 2017
    Messages:
    29
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalau menurut saya sih, memang ruang kerja di kantor mempengaruhi seseorang dalam bekerja sih..
    Makanya kadang ada juga yang milih virtual office buat di kantornya dan kerja di luar jadi bisa nyesuain gimana suasana kantor yang dipengenin :D
     
  17. kemilau

    kemilau New Member

    Joined:
    Feb 23, 2015
    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    No more
    Location:
    Surabaya
    ngga harus warna dindingnya kan ? kalo ruang kerja saya designnya kombinasi, aksen hijau pake tanaman indoor. Warna hijau klo aq pribadi ngaruh banget pas lg strees ama kerjaan
     
  18. bintangkemukus

    bintangkemukus New Member

    Joined:
    Jul 12, 2017
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Yes bener banget ulasannya, memang kalau kita berada ditempat yang nyaman pasti bekerja akan lebih santai dan banyak inspirasi, apalagi kalau kita punya ruang kerja dengan kursi kantor dan meja kantor yang nyaman digunakan. Kalau biasanya aku sih cari referensi model kursi kantor dan meja kantor di Indotrading
     
  19. Ardhan

    Ardhan New Member

    Joined:
    May 18, 2019
    Messages:
    23
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ohhh ternyata harus diperhatikan juga ya warna dan dekorasi kantor biar ga mumet....
     
  20. penulisbiasa

    penulisbiasa New Member

    Joined:
    May 12, 2019
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    faktor lingkungan dan kondisi fisik kantor memang perlu diperhatikan dalam melakukan penataan kantor yang baik.

    tanvophin
     
Loading...

Loading...

Share This Page