Rugi Bila Tidak Pernah Berwisata Subak Bali

Discussion in 'Travel & Vacation' started by liana, Oct 5, 2015.

  1. liana

    liana New Member

    Joined:
    Feb 2, 2015
    Messages:
    375
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    3
    Occupation:
    enterpreuner yang suka membaca dan menulis
    Location:
    Jawa Barat
    jatiluwih bali.jpg


    Harta suatu bangsa dan negara adalah kebudayaan. Namun harta tersebut bisa hilang identitasnya dengan cara pembauran dan diakui negara lain. Untuk itu, perlu adanya pengakuan agar di kenal bangsa lain. Caranya dengan mendaftarkannya pada badan PBB yang bergerak dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan yaitu UNESCO. Pada tahun 2012, untuk kesekiankalinya UNESCO kembali mensahkan Subak Bali sebagai situs warisan dunia. Sejak saat itu, pariwisata Indonesia kembali bergairah berkat adanya daya tarik subak Bali. Bagi Anda yang berencana ke pulau dewata, rugi bila tidak pernah berwisata Subak Bali dalam daftar kunjungan. Sebab, lokasi wisata tersebut telah menjadi destinasi paling laris para turis asing.


    Subak Bali
    Sawah berbentuk terasering atau berundak-undak banyak terhampar di pulau Bali. Hal tersebut berkat organisasi masyarakat yang menerapkan sistem bercocok tanam padi dengan cara mengatur dan membagi irigasi secara merata yaitu subak. Subak merupakan cerminan masyarakat petani Bali yang menggabungkan 3 unsur yaitu etos kerja, budaya dan agama. Tidak heran bila lahan pertanian sawah di Bali terdapat pura persembahyangan khusus memuja Dewi Sri .

    Lokasi Subak Bali
    Kabupaten Tabanan yang jaraknya hanya 20 km dari Denpasar, merupakan daerah yang paling banyak memiliki lahan persawahan dengan sistim subak. Sebut saja daerah Jatiluwih, Pupuan, Busung Biu, Tirtagangga, Tegalalang, dan Lembah Pantunan. Tidaklah heran bila kab. Tabanan mendapat predikat lumbung berasnya Bali. Di daerah ini pula terdapat museum Subak yang terkenal, tepatnya di desa Sanggulan. Keunikan dari museum Subak adalah segala informasi dan contoh persawahan Subak ada di dalam kompleks ini.

    Salah satu lokasi Subak Bali yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah daerah Jatiluwih. Daerah ini hampir sebagian besar dihampari persawahan berundak. Wisatawan yang berkunjung ke Jatiluwih pasti akan berdecak kagum dengan pemandangan alam pedesaan yang spektakuler. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati permainan air yaitu arung jeram. Tetapi Anda tidak perlu khawatir. Sungai bebatuan yang di buat arena arung jeram ini sangat dangkal dan berair sangat jernih. Arusnya pun tidak begitu deras karena alirannya sudah di bendung. Setelah puas menikmati pemandangan alam dan bermain arung jeram, cobalah menikmati hidangan setempat di tempat alam terbuka di salah satu resto. Untuk bisa berkunjung ke lokasi Subak Bali Jatiluwih, Anda tinggal mengontak salah satu agen perjalanan wisata. Sebab, paket berwisata ke Jatiluwih sudah masuk kedalam daftar mereka.

    Pemandangan alam nan eksotis terhampar sepanjang pulau dan kebudayaan kental nan sakral, itulah yang ditawarkan pulau Dewata Bali yang membuat betah turis lokal dan mancanegara. Salah satu destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi adalah Subak Bali. Sejak disahkan UNESCO tahun 2012 lalu menjadi situs warisan dunia, lokasi Subak Bali menjadi buah bibir internasional. Rugi bila tidak pernah berwisata Subak Bali. Sebab, selain merupakan situs warisan dunia, disana juga dapat merasakan roh kebudayaan dari masyarakat petani Bali.
     


Loading...

Loading...

Share This Page