Segala Hal Tentang Virtual Office Yang Harus Kita Tahu

Discussion in 'General Business' started by Digitalbanget, Apr 19, 2018.

  1. Digitalbanget

    Digitalbanget New Member

    Joined:
    Aug 9, 2017
    Messages:
    48
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]


    Pernah mendengar istilah virtual office?


    Meskipun bukan istilah baru di dunia bisnis, tetapi gaung virtual office baru terdengar belakangan setelah banyak perusahaan berbasis online (startup) muncul di Indonesia beberapa tahun belakangan. Virtual office atau kantor virtual merupakan jasa sewa alamat atau domisili kantor untuk kepentingan administratif.

    Jadi secara teknis, pemilik usaha tidak perlu menempati gedung yang mereka sewa. Praktik sewa menyewa alamat ini biasanya dilakukan oleh pengusaha kecil atau startup dengan jumlah karyawan sedikit dan seluruh kegiatan bisnisnya dilakukan secara online melalui internet.

    Menyewa kantor biasa bagi mereka dianggap tidak efektif karena hampir seluruh pekerjaan yang dilakukan tidak terlalu membutuhkan ruangan khusus, sebagaimana kantor konvensional. Lalu, mengapa mereka membutuhkan kantor virtual? Setidaknya ada beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan lebih suka menyewa alamat daripada gedung untuk ditempati. Di antaranya,




    1. Pengurusan Izin Usaha

    Untuk mendapatkan kepercayaan klien, sebuah perusahaan diharuskan memiliki izin usaha. Salah satu syarat pembuatan izin usaha adalah perusahaan tersebut memiliki gedung dengan alamat, domisili, dan nomor telepon yang jelas. Jika bekerja dari rumah melalui internet, hal-hal tersebut jelas tidak kita miliki.

    Inilah salah satu alasan mengapa kita harus menyewa kantor virtual. Dengan menyewa kantor semacam ini, kita bisa memiliki gedung dan alamat tanpa harus menempatinya sehingga segala proses pengurusan izin bisa berjalan lancar.



    2. Penghematan biaya operasional


    Jika menyewa kantor virtual, biaya operasional seperti kebersihan, keamanan, dan listrik tidak perlu kita khawatirkan lagi. Cukup dengan membayar sewa satu kali, kita bisa tetap menjalankan perusahaan dari rumah tanpa harus bingung mengelola keuntungan dan biaya operasional perusahaan. Karena biasanya, harga sewa kantor virtual sudah termasuk biaya pemeliharaan gedung dan keamanan.

    Baca juga: Virtual office di Jakarta selatan

    3. Segalanya sudah virtual, kantor juga bisa loh


    Di era globalisasi dengan kemajuan teknologi yang cukup pesat seperti saat ini, inovasi-inovasi seperti kantor virtual ibarat oase di padang pasir. Virtual officemerupakan solusi praktis bagi pengusaha yang membangun segala aspek dalam bisnisnya melalui internet.

    Kantor virtual merupakan bukti, bahwa di era yang serba virtual ini sebuah gedung atau tempat usaha juga bisa divirtualkan agar bisa memenuhi permintaan pasar. Jadi pengusaha zaman sekarang tidak perlu bingung mencari gedung atau kantor yang tepat untuk ditempati. Cukup dengan menyewa sebuah alamat, kita sudah bisa memiliki sebuah kantor dengan domisili, nomor telepon, dan lokasi yang diinginkan.




    4. Dapat meningkatkan citra perusahaan di mata klien


    Kantor virtual yang disewakan biasanya terletak di kawasan bisnis yang elite, strategis, dan bonafide. Mengapa begitu? Karena jika tidak, sebuah virtual office tidak akan memiliki nilai jual yang berharga. Inilah mengapa banyak orang yang lebih menyukai kantor virtual dibanding konvensional.

    Karena dengan harga sewa sekitar Rp500.000 per bulan saja, mereka bisa memiliki perusahaan dengan domisili yang bonafide sehingga citra perusahaan di mata klien bisa meningkat.




    Nah, itulah beberapa hal yang menjadi faktor mengapa orang lebih suka menyewa kantor virtual daripada konvensional. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menyewa virtual office? Biasanya, kantor semacam ini berlokasi di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung.

    Hal ini karena terbatasnya lahan kosong dan mahalnya sewa kantor konvensional. Jadi saat ini, hampir setiap orang bisa membangun perusahaan tanpa perlu khawatir tentang masalah operasional, pengurusan izin, hukum, pajak, dan sejenisnya. Dengan kantor virtual, semua masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah.

    Referensi: Legalo
     


  2. cekeremis

    cekeremis New Member

    Joined:
    Nov 3, 2017
    Messages:
    46
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    pake teknologi Vivotek IP Camera juga bisa memantau keamanan office secara virtual ya gan hehehehehe
     
    Last edited: Oct 3, 2018
  3. iqbal

    iqbal New Member

    Joined:
    Aug 7, 2017
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Biasanya digunakan oleh para pengusaha yang baru merintis nih. Jadi kantornya dirumah gitu, terus mereka sewa alamat untuk kepentingan administrasi. Tapi ada juga sih yang sewa kantor gitu di lokasi yang mudah di akses.
     
  4. WAP23

    WAP23 New Member

    Joined:
    Aug 26, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Location:
    Jakarta
    Ini yang lagi hits dan banyak digunakan untuk perusahaan dibidang digital nih, punya virtual office tapi kerjanya dirumah :D kaya kantor ane dulu..
     
Loading...

loading...

Loading...

Share This Page