Sering Belanja Pakai Kartu Kredit? Ini Tipsnya Biar Hemat Dan Efektif

Discussion in 'Finansial Dan Investasi' started by Samuel Samuel93, Nov 13, 2017.

  1. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 New Member

    Joined:
    Nov 10, 2017
    Messages:
    39
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    Freelancer
    Banyak orang yang salah mengerti peranan kartu kredit dalam dunia perbankan. Kartu kredit memiliki fungsi yang nyaris sama dengan kartu debit, hal tersebut memang benar. Dimana nasabah dan pengguna bisa dengan mudah berbelanja atau bahkan tarik tunai dengan hanya menggesekan kartu saja. Mudah, ringkas, dan aman karena pengguna tak perlu membawa uang tunai kemana-mana. Namun kartu kredit, memiliki perbedaan besar dari kartu debit, dan ketidaktahuan mengenai hal tersebut bisa membawa kerugian pada pengguna.

    Dengan kartu kredit, nasabah menggunakan uang yang memang mereka miliki dalam tabungan. Berbelanja pun sesuai dengan uang yang mereka miliki. Dimana bila mereka tak memiliki dana dengan nominal tersebut pada tabungan, maka transaksi dengan kartu kredit akan ditolak. Ini berbeda dengan kartu kredit dimana pengguna bisa menggunakan uang yang bahkan belum mereka miliki. Nantinya, tagihan belanja dari kartu kredit setiap bulan ini akan diberikan pada akhir bulan. Belum lagi ada jenis kartu kredit reward yang memberikan Anda berbagai bonus dan promosi semakin banyak Anda berbelanja. Nah, ini yang membuat Anda sering tidak bisa mengontrol penggunaan kartu kredit.


    Berikut ini, merupakan beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk lebih efektif dalam penggunaan kartu kredit. Tentunya agar tidak membahayakan keuangan Anda nantinya.


    1. Kontrol penggunaan kartu kredit


    Ada sebuah ide cemerlang bagi Anda mengontrol penggunaan kartu kredit. Cara ini cukup dengan mencatat semua transaksi yang Anda lakukan dengan kartu kredit. Dari catatan ini, Anda akan bisa melihat apakah penggunaan kartu kredit berlebihan dan Anda menggunakan kartu untuk banyak hal yang tidak diperlukan. Penggunaan kartu kredit yang ideal tak lebih dari 30% limit yang ada pada kartu kredit. Jadi jangan berpikir untuk menggunakan kartu kredit sampai limit "titik penghabisan".

    Mengontrol penggunaan kartu kredit ini memang lebih pada mengontrol diri sendiri. Dimana Anda wajib menanyakan lagi pada diri sendiri apakah perlu melakukan transaksi dengan nilai besar menggunakan kartu kredit. Hingga mengontrol keinginan belanja dengan kartu kredit demi promo, diskon, hingga iming-iming reward yang ditawarkan oleh bank dan merchant.


    2. Perhatikan tagihan kartu kredit

    Bank akan memberikan tagihan kartu kredit dalam bentuk laporan yang rinci. Mulai dari nominal transaksi, tanggal dan waktu, hingga merchant. Bahkan juga memberikan keterangan untuk diskon dan promo yang didapatkan. Bila Anda ingat melakukan sebuah transaksi dengan diskon besar yang menguntungkan, namun tidak melihat adanya diskon tersebut pada laporan kartu kredit, maka jangan ragu untuk mengonfirmasi hal tersebut pada pihak bank.

    Memperhatikan kembali tagihan kartu kredit ini juga untuk memastikan tak adanya penggunaan yang tak Anda sadari dengan kartu kredit yang dimiliki.


    3. Bayar tagihan tepat waktu

    Bila Anda bisa melakukan poin pertama dengan baik dan efektif, maka seharusnya pembayaran kartu kredit tak akan menjadi masalah. Anda bahkan bisa dengan mudah melunasi tagihan kartu kredit setiap bulannya. Tapi ingat, untuk memudahkan pembayaran kartu kredit setiap bulannya ini, Anda wajib untuk melihat lagi kemampuan keuangan Anda dan jumlah pengeluaran dengan kartu kredit pada bulan tersebut.

    Membayar tagihan tepat waktu memberikan beberapa keuntungan. Pertama, reputasi Anda dalam penggunaan kartu kredit akan baik. Hal ini nantinya menjadi pertimbangan bagi bank untuk memberikan kredit pada Anda, katakan saja seperti Kredit Tanpa Agunan atau bahkan kredit cicilan rumah. Selain itu, tagihan yang dibayarkan tepat waktu juga menghindarkan Anda dari beban bunga kartu kredit yang tak kecil.


    4. Lunasi semua tagihan pada bulan tersebut

    Ada perbedaan besar antara membayar tagihan tepat waktu dengan melunasi semua tagihan pada bulan tersebut. Kartu kredit memberikan pilihan untuk membayar tagihan bulanan dengan cara mencicil. Dimana tagihan bulan ini bisa Anda lunasi hingga 12 bulan kedepan. Di atas kertas, ini memang menguntungkan karena keuangan Anda bisa terselamatkan. Namun di sisi lain, ini justru bisa membawa kerugian karena cicilan pada bulan ini hingga 12 bulan kedepan, masih akan ditambah dengan tagihan kartu kredit pada bulan tersebut. Tentunya kecuali Anda berhenti menggunakan kartu kredit selama cicilan belum lunas.

    Selain itu, melunasi tagihan dengan cara mencicil ini pun membuat Anda mendapatkan bunga yang malah lebih besar lagi.

    4 hal yang seharusnya Anda lakukan demi pemanfaatan kartu kredit lebih efektif di atas memang patut dipertimbangkan. Terlebih bila Anda ingin sepenuhnya terhindari dari masalah penggunaan kartu kredit. Semoga bermanfaat!
     


Loading...

loading...

Loading...

Share This Page