Simak 5 Tips untuk Jualan Online yang Berkelanjutan

Kukuh_03

New Member
20210608202449000000austindistelgUIJ0YszPigunsplash.jpg

Bagi kalian yang baru memulai usaha dengan berjualan secara daring atau yang sedang berada di awal-awal merintis usaha daring, kadang ada waktu di mana usaha yang dijalankan kurang berjalan dengan mulus. Inilah yang membuat pendapatan bisa saja menurun.

Tokopedia bersama dengan dua pebisnis lokal, Maxim dan Kintakun, punya beberapa tips untuk kalian supaya bisa menjaga usaha daring tetap berjalan bahkan terus mendapatkan untung hingga beberapa kali lipat. Simak tipsnya di bawah ini!

1. Buat inovasi yang relevan
Relevansi bidang usaha dengan target pasar penting supaya pengusaha bisa menghadirkan barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan konsumen secara umum. Enggak hanya itu, inovasi juga penting untuk jangka panjang dari suatu usaha, lho!

"Kami juga terus melakukan inovasi produk untuk mempertahankan pelanggan dan menarik calon pembeli baru,” tutur Chief Operating Officer Kintakun, Vincent Saputera.

2. Maksimalkan potensi di sekitar pengusaha
Pemberdayaan bisnis lain di sekitar pengusaha juga penting karena cara ini bisa membantu usaha-usaha lain yang sedang mengalami krisis atau sedang berada dalam ambang keruntuhan.

3. Memuaskan lebih banyak pembeli
Prinsip 'pembeli adalah raja' memang selalu mengakar di dalam setiap bidang usaha dan ini bisa dikembangkan dan lebih dimaksimalkan lagi sehingga bisa menciptakan usaha yang lebih terpercaya.

Salah satunya adalah dengan membuka cabang yang dekat dengan pembeli dari daerah lain yang mengalami kendala pada akses barang dan bisa juga dengan membuka jasa reseller untuk menjangkau lebih banyak pembeli.

4. Gunakan fitur promosi
Beberapa fitur promosi seperti cashback dan gratis ongkos kirim merupakan incaran sebagian konsumen, terutama mereka yang berdomisili jauh dari domisili toko. Ongkos kirim ternyata juga punya andil dalam keputusan membeli, lho!

5. Maksimalkan pengelompokan dan stok produk
Meski toko sudah memiliki fitur-fitur yang memudahkan konsumen saat berbelanja daring, tapi pengaturan stok yang baik juga mempermudah konsumen dalam mencari barang yang dibutuhkan dan di saat yang sama juga mempermudah pengusaha dalam mengelola stok produknya.

General Manager Maxim, Dwiarta Alim, mengatakan bahwa pengelolaan stok yang baik bisa membantu operasional toko sehingga lebih mudah dalam mengembangkan produk dan bisnis.

Baca : Ingin Tambah Cuan? Ini Beberapa Ide Usaha Sampingan yang Bisa Dicoba

Sumber : Hypeabis.id
 
Loading...

Thread Terbaru

Top