Simak Nih 5 Tips Untuk Hilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kukuh_03

New Member
[IMG]

Seringkali sebagian orang masih suka menunda-nunda untuk menyelesaikan pekerjaan dan memilih mengerjakannya pada detik-detik terakhir batas waktu atau deadline. Salah satu akibatnya tugas menjadi menumpuk karena terlalu sering ditunda untuk dikerjakan.

Perilaku yang juga disebut dengan istilah prokrastinasi itu bila sering dilakukan seseorang maka kebiasaan itu akan sulit untuk dihentikan. Akibatnya membawa banyak dampak negatif bagi dirinya. Sebut saja mulai dari produktivitas yang menurun dan hasil kerja yang tidak maksimal. Bagi sebagian Anda yang kerap mengalami persoalan tersebut, berikut lima tips yang bisa dicoba untuk berhenti menunda-nunda pekerjaan.

1. Menetapkan deadline khusus untuk diri sendiri

Sebagian dari Anda mungkin menunda-nunda pekerjaan karena merasa deadline yang diberikan masih panjang. Jika selalu berpikir begini, pada akhirnya kamu akan kerepotan bekerja saat deadline makin dekat. Supaya tidak menunda-nunda pekerjaan lagi, Anda bisa menetapkan deadline untuk diri sendiri lebih cepat dari deadline yang sebenarnya. Misalnya jika batas waktu pekerjaan kamu adalah hari Jumat, kamu bisa memberikan batas waktu lebih awal, yaitu hari Kamis atau hari lainnya.

2. Membagi tugas besar menjadi tugas-tugas kecil

Tugas besar seringkali terlalu menakutkan untuk dikerjakan. Biasanya, penyebabnya adalah karena kamu takut salah dan tidak tahu harus mulai mengerjakan dari mana. Cara mengatasinya cukup mudah, Anda bisa memecah tugas besar tersebut menjadi tugas-tugas kecil yang lebih spesifik. Sebagai contoh jika Anda memiliki tugas membuat proposal ide bisnis, kamu bisa menjabarkan hal-hal kecil yang menyusun sebuah proposal ide bisnis.

Baca : Bosan Kerja dari Rumah? Coba Sejumlah Tips Berikut

3. Menghilangkan gangguan saat bekerja

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk tidak menunda pekerjaan adalah dengan fokus menyelesaikannya. Agar hal itu bisa terjadi kamu perlu menyingkirkan hal-hal yang berpotensi mengganggumu terlebih dahulu. Misalnya, kamu mudah terganggu dengan handphoneatau televisi. Jika kedua hal tersebut mengganggu, kamu bisa menyingkirkannya terlebih dahulu sebelum bekerja. Matikan handphonedan televisi agar kamu bisa mulai bekerja secara maksimal.

4. Memberi self-rewardsebagai apresiasi

Anda bisa memberiself-reward tiap kali berhasil mengerjakan tugas. Cara ini akan membantu kamu berhenti menunda-nunda karena kamu jadi lebih semangat dalam mengerjakan tugas berikutnya. Menurut psikolog Alexander Rozental, strategi terbaik dalam memberi self-reward adalah dengan memberi hadiah-hadiah kecil, bukan hadiah besar. Contohnya, kamu bisa menghadiahi diri kamu sebungkus coklat jika sudah mengerjakan satu tugas.

5. Memulai pekerjaan dalam hitungan 5 detik

Mel Robbins, seorang entrepreneurdan motivator terkenal dari Amerika Serikat, menggunakan aturan 5 detik untuk membantunya berhenti menunda-nunda. Setiap kali dia merasa enggan mengerjakan suatu tugas, dia akan berhitung sampai 5. Tepat setelah hitungan kelima, dia akan bangkit dari rasa malas dan mulai mengerjakan tugas tersebut. Sama seperti Mel Robbins, Anda juga bisa menggunakan cara ini jika merasa ingin menunda-nunda pekerjaan.

Sumber : Bisnisindonesia.id
 

Attachments

Loading...

Thread Terbaru

Top