Syarat Umum Ajukan Pinjaman Bank

Discussion in 'Finansial Dan Investasi' started by Putri Viona, Mar 13, 2019.

  1. Putri Viona

    Putri Viona New Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Mengajukan pinjaman uang pada bank tertentu merupakan salah satu cara alternative yang bisa anda pilih untuk memenuhi kebutuhan keuangan, baik untuk kebutuhan pokok seperti biaya sekolah anak, biaya renovasi rumah hingga kebutuhan lain seperti modal usaha dan lain sebagainya. Meminjam uang di bank tentu memiliki prosedur dan tata cara pengajuan pinjaman yang sudah ditentukan dan perlu anda penuhi apabila ingin mengajukan pinjaman seperti sekarang.

    Berikut ini beberapa syarat dan ketentuan umum yang biasa ditentukan oleh pihak bank dalam menyediakan fasilitas pinjaman uang untuk para nasabah, antara lain:

    1. Memenuhi persyaratan batas usia sebagai calon penerima pinjaman.
    2. Mengisi data formulir pengajuan pinjaman yang benar dan tepat.
    3. Menyerahkan semua dokumen persyaratan secara lengkap seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Slip Gaji, NPWP, Surat Keterangan Usaha bagi wiraswasta, Surat Izin Praktek bagi profesional dan dokumen tambahan lainnya.
    4. Menyediakan jaminan atau agunan apabila diperlukan.

    Untuk mendapatkan dana pinjaman yang anda butuhkan, beberapa persyaratan dan ketentuan yang sudah ditentukan oleh pihak bank wajib anda penuhi supaya proses pengajuan pinjaman dapat berjalan lancar. Dengan begitu, kebutuhan anda pun dapat dipenuhi secara maksimal dengan dana pinjaman yang telah anda dapatkan. Itulah tata cara dan syarat pengajuan pinjaman uang yang dapat anda lakukan pada bank pilihan anda untuk memenuhi kebutuhan.

    Penyelesaian Pinjaman Uang yang Macet

    Umumnya pinjaman uang bermasalah cenderung akan dibawa ke ranah hukum. Akan tetapi sebelum membawa perkara tersebut ke jalur hukum, ada baiknya jika terlebih dahulu melakukan upaya-upaya penanganan secara administrasi guna menyelesaikannya. Sementara untuk kredit yang memang sudah berada pada tahap kualitas macet, maka dalam penanganannya memang lebih ditekankan menggunakan berbagai upaya yang cenderung bersifat hukum (jalur hukum).

    Penyelesaian pinjaman uang bermasalah atau macet diantaranya meliputi beberapa hal berikut ini:

    1. Penjadwalan kembali yang merupakan perubahan persyaratan pinjaman terkait jadwal; pembayaran serta jangka waktu (termasuk masa tenggang). Baik meliputi perubahan jumlah cicilan maupun tidak.
    2. Persyaratan kembali yang merupakan perubahan terhadap sebagian atau keseluruhan syarat-syarat pinjaman yang tidak terbatas dalam perubahan jangka waktu, jadwal pembayaran maupun persyaratan lainnya. Selama tidak menyangkut mengenai perubahan maksimum dari saldo pinjaman serta konversi keseluruhan atau sebagian pinjaman menjadi penyertaan pihak bank.
    3. Penataan bank yang merupakan perubahan syarat-syarat pinjaman berupa penambahan dana pinjaman bank serta konversi keseluruhan atau sebagian tunggakan dari bunga yang menjadi pokok pinjaman baru atau konversi keseluruhan maupun sebagian pinjaman penyertaan bank.

    Rata-rata pengembalian hutang kredit yang bermasalah adalah kta bank dikarenakan tanpa jaminan apa pun. Sementara penyelesaian pinjaman uang macet melalui jalur hukum yang umumnya digunakan untuk menyelesaikan masalah kualitas macet meliputi:

    1. Melalui badan peradilan.
    2. Melalui Panitia Urusan Piutang Negara.
    3. Melalui Badan Alternatif Penyelesaian Sengketa atau arbitrase.
     


Loading...

loading...

Loading...

Tags:

Share This Page