Tanda GERD Sudah Sembuh dan Cara Menyembuhkannya Secara Alami

lingshenyao

New Member
Asam lambung bisa saja akan semakin parah bila anda tidak bisa mencegahnya dengan menjalani pola hidup sehat. Cara yang paling jitu untuk mencegah asam lambung yaitu dengan mengatur konsumsi makanan yang masuk ketubuh kita, karena apa yang kita makan akan ber efek pada kesehatan kita. Intinya kesehatan tubuh kita itu tergantung pada makanan apa yang kita konsumsi.

Nah, bagi penderita asam lambung sebaiknya konsumsi makanan di bawah ini, sebab makanan ini berguna untuk meredakan dan bisa mencegah asam lambung kambuh.

1. Pisang

Buah berwana kuning yang memiliki tekstur lembut ini ternyata merupakan buah yang paling bagus untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6 didalamnya, maka dari itu lah pisang sangat cocok bagi penderita asam lambung. Sebetulnya masih banyak lagi buah yang juga bagus di konsumsi sepertim apel, melon, dan buah pir yang tak kalah baik nya dengan pisang.

2. Oatmeal

Oatmeal di olah karna kita ingin memakan makanan yang mengandung serat lebih banyak. Mengonsumsi oatmeal setiap hari sangat berguna untuk mengatasi gejala asam lambung, yang mana oatmeal bisa menyerap asam lambung sehingga menurunkan gejala reflux yang akan terjadi. Selain kaya akan serat, oatmeal juga termasuk makanan yang bikin kenyang lebih lama, sehingga perut kita akan jauh dari kata lapar.

3. Putih Telur

Selama ini kita tahu bahwa telur digunakan sebagai makanan pelengkap saja. Tapi ternyata telur bisa mengatasi penyakit asam lambung. Namun anda harus hati-hati ketika mengonsumsi telur, karena telur yang bagus untuk asam lambung yaitu hanya putih telurnya saja, tidak disarankan untuk anda memakan dengan kuningnya. Kuning telur tidak hanya menyebabkan asam lambung kambuh, tapi bila kuning telur dimakan oleh penderita asam lambung, maka bisa memperparah keadaanya.

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah sayuran yang berdaun hijau , contoh seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus . Sayuran-sayuran ini memiliki kandungan yang dapat menurunkan asam lambung. Nah, maka dari itu sering-sering lah untuk mengonsumsi sayuran tersebut, sebisa mungkin pilih lah salah satu untuk di masukan ke dalam menu masakan anda.

Penyembuhan Asam Lambung Dengan Obat Alami
1. Kunyit

Kita tahu bahwa kunyit adalah rempah yang sering digunakan didapur atau dikenal sebaggai bahan masakan. Ternyata rempah ini sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehetan, salah satunya untuk mengobati asam lambung. Cara mengolahnyapun sederhana, cukup siapkan saja 1 rimpang kunyit, kemudian di cuci sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Nah, kemudian anda siapkan saja 1 gelas air hangat, dan masukan kunyit bubuk tadi kedalam gelas, di kira-kira saja memasukannya agar rasa kunyit tidak terlalu dominan.

2. Lidah Buaya
Tanaman hias ini biasa dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk merawat kesehatan rambutnya, dan biasanya mereka hanya memanfaatkan gel lidah buaya nya saja. Namun ternyata daging nya bisa di manfaatkan juga untuk mengatasi asam lambung, jika asam lambung sedang naik , maka bisa di obati dengan daging lidah buaya tersebut. Cara membuat ramuannya pun mudah, tinggal siapkan dagingnya lalu blender dengan air secukupnya, ibarantnya anda sedang membuat jus lidah buaya. Minumlah ramuan tersebut 1 kali sehari untuk mencegah asam lambung kumat.

3. Daun Sembung
Mungkin daun ini sangat terdengar asing di telinga kita, bagi yang tidak tahu bentuk nya seperti apa, bisa di lihat pada gambar disamping. Daun sembung juga berkhasiat untuk menyembuhkan asam lambung.

Cara membuat ramuannya, siapkan beberapa helai daun sembung, kunyit dan daun pepaya, kemudian rebus ketiga bahan tersebut. Setelah air berkurang setengahnya, saring dan ambil air rebusannya.

4. Mentimun
Lalapan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, mentimun sering di jadikan acar dan banyak terdapat pada masakan sunda, terutama lalapan. Buah yang memiliki kandungan air yang banyak ini, ternyata jika dikonsumsi dapat mencegah kita terkena penyakit asam lambung. Bahkan mentimun bisa mengobati penyakit asam lambung, namun tergantung dari seberapa parahnya asam lambung anda.

5. Jahe
Jahe salah satu rempah-rempah yang manfaatnya sering dipakai untuk menghangatkan badan. Ternyata selain dapat digunakan untuk obat batuk ,jahe juga bisa mengobati penyakit asam lambung. Dengan mengonsumsi minuman jahe dipastikan dapat menetralisirkan prosukdi asam lambung, sehingga dapat mencegah asam lambung agar tidak naik.

6. Kelapa
Cara meredakan asam lambun yang satu ini bisa juga di pakai pada anak-anak. Meminum air kelapa bisa di manfaatkan untuk membantu proses pencernaan akibat gangguan dari asam lambung. Hal ini terjadi karena kandungan serat yang ada pada air kelapa dapat mendinginkan lapisan asam lambung dan mengurangi rasa terbakar pada organ lambung.

Penyakit ini merupakan penyakit yang umum dialami oleh masyarakat. Meskipun begitu, penyakit ini sering kali diabaikan oleh penderitanya. Penderita cenderung membiarkan gejala yang dirasakan sampai hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, hal tersebut justru akan berakibat fatal jika dibiarkan secara terus menerus. Pasalnya penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi dan dampak yang buruk bagi kesehatan.

  • Heartburn
Heartburn merupakan gejala GERD yang paling umum. Gejalanya di tandai dengan rasa nyeri pada ulu hati, dan rasa panas dan perih pada dada dan kerongkongan. Kondisi tersebut terjadi akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan. Banyak orang mencoba meredakan heartburn dengan cara membungkukkan badan atau berbaring. Akan tetapi, hal tersebut justru akan memperparah rasa nyeri yang dialami. Heartburn biasanya hanya terjadi sesekali, akan tetapi sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.

  • Masalah pada Pernafasan
Asam lambung naik, dapat memperparah penyakit pneumonia atau asma yang Anda derita, sehingga menyebabkan sesak napas dan kesulitan dalam bernapas. Hal tersebut terjadi karena, naiknya asam lambung yang secara tidak sengaja akan tersedot saat bernafas.

  • Radang pada Tenggorokan
Ketika asam lambung naik ke atas menuju kerongkongan, hal tersebut dapat menyebabkan esofagitis. Esofagitis merupakan kondisi, dimana cairan asam lambung mengiritasi lapisan kerongkongan sehingga membengkak dan menyebabkan rasa sakit pada saat menelan. Hal tersebut bahkan dapat menyebabkan peradangan, luka hingga borok pada kerongkongan. Selain itu, dapat juga terjadi striktur esofagus, yaitu kondisi dimana kerongkongan mengalami penyempitan sehingga Anda akan kesulitan saat menelan.

  • Kerusakkan Gigi
Naiknya zat asam dan cairan lambung menuju esofagus dan mulut, berakibat mengikis lapisan luar gigi yang keras (email gigi), akibatnya gigi pun akan rusak. Hal tersebut biasanya jarang disadari oleh penderitanya hingga pada akhirnya mencapai stadium lanjut.

  • Kanker Kerongkongan
Dampak yang paling buruk dari GERD yang sudah parah dan tidak pernah diobati adalah terjadinya kanker kerongkongan. Kanker kerongkongan ini, biasanya ditandai dengan penurunan berat badan, nyeri dada dan sulit menelan. Tak jarang, kanker kerongkongan baru diketahui ketika sudah mencapai tahap lanjut yang sulit untuk ditangani. Kanker ini, biasanya terjadi pada penderita GERD menahun dan kisaran usia diatas 50 tahun.



Baca Juga :

https://kapsulmetama.com/mengatasi-asam-lambung-naik/
 
Loading...
Top