Tanda-tanda Perkembangan Bayi 7 Bulan Yang Ideal

hersam

New Member


Berbicara mengenai tanda perkembangan bayi 7 bulan, tentu ada banyak sekali. Namun memang ada beberapa tanda yang akan muncul lebih menonjol yaitu seperti merangkak. Pada usia ini memang sedang aktif-aktifnya bergerak dan berpindah tempat. Selain itu, ada beberapa kemampuan yang menandai perkembangannya di usia ini, dari segi fisik, maupun kemampuan lainnya.

Beberapa ibu kadang mengeluhkan perkembangan bayi 7 bulan yang tidak sesuai dengan perkembangan bayi lain pada umumnya atau tidak biasanya. Padahal, yang perlu diketahui adalah setiap bayi tidak mengalami perkembangan yang sama mutlak dengan bayi lain. Meskipun begitu, ada juga patokan atau tanda-tanda umum yang terjadi pada bayi sesuai usianya. Jadi, ini bisa jadi pegangan untuk menilai apakah si kecil tumbuh dan berkembang sesuai usianya atau tidak.

Kami akan berikan beberapa karakteristik perkembangannnya pada usia 7 bulan dan apa saja yang bisa menjadi stimulasinya.

  • Makin Aktif Bergerak
Semakin hari, pergerakan si kecil semakin aktif dan bertambah. Si kecil mulai penasaran dengan benda-benda maupun hal-hal baru yang baru saja ia ketahui. Jadi, jangan heran jika ia suka meraih sesuatu dan menggenggamnya. Selain itu ia juga suka dengan benda berwarna terang.

Selain itu, aktifnya gerakan si kecil biasanya seperti menggerakkan kaki dan tangannya ataupun juga berguling-guling. Jika si kecil aktif bergerak, jangan sampai bunda cegah atau hentikan pergerakannya. Biarkan ia terus mengeksplore kemampuan gerakan-gerakannya.

Stimulus yang bisa dilakukan adalah dengan memberinya benda berwarna. Bunda bisa berikan kertas-kertas berwarna-warna. Atau bisa juga berikan benda-benda yang mengeluarkan cahaya yang berkedip-kedip yang menarik perhatiannya. Hal ini juga dimaksudkan untuk melatih kemampuan indra penglihatannya.

  • Merangkak
Pada usia 7 bulan, si kecil sudah mulai bisa marangkak atau belajar merangkak. Hal ini sebenarnya relatif dan bisa saja ada beberapa bayi yang belum mengalaminya. Kemampuan merangkak bayi pun berbeda-beda. Stimulasi kemampuan si kecil dengan membuatnya berada dalam posisi tengkurap.

Jika belum bisa merangkak, tetaplah terus membuatnya tengkurap sehingga ia terus berusaha menggerakan tangan dan kakinya untuk bisa berpindah. Bunda bisa juga dengan menarik perhatiannya dengan memberikan mainan yang menarik dan mendorongnya untuk terus maju dan mencoba meraihnya.

Jika distimuasi terus menerus, lama-kelamaa, si kecil akan berusaha mengangkat kepala, leher, tangan, kemudian lututnya. Merangkak ini biasanya berjalan cukup lama dan tidak bisa langsung isntant. Karena selain masa penyesuaian, kemampuan otot dan motoriknya juga sedang dilatih.

  • Mengucapkan Kata Tertentu
Nah, selain fisik dan gerakan, bayi usia 7 bulan juga ditandai dengan kemampuannya dalam mengucap kata-kata tertentu yang sebenarnya ingin menirukan orang-orang yang ada disekitarnya. Misalnya, mengucap kata ‘Mama’, ‘Baba’ (dari kata Cilukba), serta suku kata berulang lainnya. Pelan-pelan, bunda bisa mengajarkan kata-kata lainnya dengan suku kata berbeda. Ia akan terus berusaha untuk menirukannya.

Stimulasi untuk mengoptimalkan kemampuannya ini adalah dengan cara terus mengajaknya berkomunikasi. Si kecil hanya menirukan apa yang bunda katakan. Jadi, si kecil akan sering berceloteh dan mengeluarkan suara-suara tertentu yang maksudnya adalah mengajak bunda berbicara. Jangan diabaikan, namun responlah kemampuan berbicara si kecil sehingga ia lebih optimal dalam berbicara.

Nah, itulah beberapa kemampuan atau karakteristik yang biasanya mengiringi perkembangan bayi 7 bulan. Optimalkan perkembangannya dengan terus mendukung pertumbuhan dan perkembangannya lewat makanan pendamping asi yang tepat. Semoga bermanfaat!
 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top