Teknologi Informasi Dalam Perusahaan

Discussion in 'General Science' started by sermes, Aug 8, 2018.

  1. sermes

    sermes Mr Culun

    Joined:
    Jul 31, 2016
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    pecinta
    Location:
    Indonesia
    Saat ini, perusahaan menghadapi tantangan yang besar untuk dapat mewujudkan tujuannya dan menjalankan strategi bisnis yang telah di formulasikan. Informasi yang disediakan memegang peranan penting untuk dapat berhasil. Teknologi Informasi memegang peranan penting dalam mewujudkan strategi bisnis.

    Sebuah organisasi yang telah mengadopsi teknologi informasi ke dalam proses bisnis yang dilakukannya, tentunya akan ikut memikirkan peranan yang akan dilakukan oleh TI (Teknologi informasi). Beberapa perusahaan ada yang menggunakan TI untuk menjalankan operasi sehari – hari agar dapat berjalan dengan baik dan efisien.

    Ada juga perusahaan yang menggunakan TI sebagai enabler untuk menciptakan kesempatan – kesempatan baru yang mungkin tidak akan dapat dilakukan tanpa dukungan TI. Serta TI juga digunakan sebagai cara baru untuk mengatur fungsi – fungsi yang ada dalam organisasi. Peranan TI dalam organisasi ini juga akan mempengaruhi penyelarasan yang terjadi dalam perusahaan. Penetapan peran TI ini juga berpengaruh pada mengembangkan portfolio aplikasi yang dilakukan oleh perusahaan.

    Bjorn Cumps Stijn Vieane, dan Guido Dedene menentukan ada tiga peranan TI dalam organisasi.

    • Pertama memegang peran konservatif sebagai pendukung dalam organisasi. Perusahaan ini memilih menggunakan teknologi TI yang sudah terbukti dan matang.
    • Kedua memegang peran yang kritis dan penting dalam organisasi. Perusahaan ini memilih menggunakan dan menginvestasikan pada teknologi TI terkini.
    • Ketiga memegang peran sebagai inovator dalam bisnis. Perusahaan ini berkompetisi dalam dunia usaha yang sangat tergantung pada teknologi dan menggunakan TI sebagai alat dalam berkompetisi (competitive weapon).

    Dari hasil analisis terhadap ketiga peranan TI, ditemukan bahwa perusahaan yang menggunakan TI sebagai peran yang kritis dan inovatif cendrung untuk lebih selaras dari pada perusahaan yang menggunakan TI secara konservatif. Perusahaan seperti itu juga menganggap TI sebagai investasi yang penting yang akan mempengaruhi performa perusahaan di saat ini dan di masa yang akan datang.
     


Loading...

loading...

Loading...

Share This Page