Tips Membuat Resume Yang Baik

elizato

New Member
Jika ringkasan profesional adalah makanan pembuka, pengalaman kerja Anda adalah jalan utama resume Anda. Hal ini perlu diperhatikan dalam pembuatan contoh daftar riwayat hidup Anda.

Perekrut dan manajer SDM membaca riwayat pekerjaan di resume Anda untuk memeriksa apakah Anda memiliki pengalaman yang diperlukan untuk posisi kosong. Mereka juga menggunakan catatan ini untuk membandingkan Anda dengan kandidat lainnya, dan melihat siapa yang paling sesuai untuk perusahaan mereka.

Riwayat pekerjaan yang Anda tulis dalam surat lamaran kerja menunjukkan kepada HRD seperti apa Anda nantinya. Ini menunjukkan kepada mereka apakah Anda akan menjadi aset bagi tim mereka, gamer pekerjaan, atau hanya kecocokan yang salah.

Apakah Anda siap untuk menulis bagian riwayat kerja resume yang bagus
Apakah Anda siap untuk menulis bagian riwayat kerja resume yang bagus? ( sumber grafis )
Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan cara menulis pengalaman kerja Anda di resume tanpa melebih-lebihkan, dan mengulangi deskripsi pekerjaan Anda. Anda akan belajar cara terbaik memformat resume Anda dan saran strategis yang Anda butuhkan untuk menonjol sebagai kandidat hebat di setiap tahap karir Anda.

Apa yang Harus Dimasukkan di Bagian Pengalaman Kerja Resume Anda

Cara mendekati pengalaman kerja Anda dalam resume Anda bervariasi sesuai dengan berapa lama Anda berada di angkatan kerja. Kami akan menyampaikan saran untuk lulusan baru, profesional muda, dan juga menyentuh bagian pengalaman eksekutif.

1. Fresh Lulusan - Resume Work Experience
Mencari tahu bagaimana menulis bagian pengalaman resume mereka adalah rintangan terbesar kedua yang dihadapi lulusan baru, selanjutnya hanya untuk menemukan pekerjaan baru. Kandidat pemula tidak ingin tampil tidak berpengalaman, oleh karena itu sangat menggoda untuk merentangkan kebenaran tentang pekerjaan musim panas.

Fokus pada Keterampilan yang Dapat Dipindahtangankan

Pendekatan yang paling disarankan bagi lulusan baru adalah memusatkan perhatian pada kemampuan Anda yang dapat dialihkan. Lain adalah memanfaatkan pengalaman magang Anda. Hubungkan semua pengalaman ini dengan deskripsi pekerjaan dari posisi target Anda.

Misalnya, jika Anda memenuhi tenggat waktu mingguan sebagai Editor Olahraga untuk koran komunitas Anda, keterampilan manajemen waktu Anda sangat berharga bagi banyak pekerjaan di tingkat pemula. Anda juga harus menekankan perhatian Anda terhadap detail, penelitian, dan keterampilan komunikasi.

Gunakan Judul Pekerjaan yang Lebih Baik

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah memainkan judul pekerjaan Anda-dalam alasan. Bingkai pekerjaan menjaga anak di mana Anda merawat anak-anak dari berbagai keluarga di lingkungan Anda sebagai bisnis manajemen penitipan anak. Anda bisa menulis Child Care Manager sebagai jabatan Anda, kemudian menulis tentang prestasi Anda dalam menyediakan kegiatan pendidikan dan rekreasi.

Sertakan Pengalaman yang Relevan

Anda mungkin tergoda untuk menulis tentang proyek kursus dan kelas Anda dalam riwayat pekerjaan Anda. Jangan buang ruang ini. Majikan mencari kandidat berpengetahuan luas yang bisa melakukannya dengan baik di luar kelas, bukan hanya pengambil tes.

Pengalaman magang, pengalaman relawan, dan posisi sementara, bagaimanapun, tidak akan keluar dari tempatnya dalam sejarah pekerjaan Anda, selama Anda dapat menghubungkan pengalaman dengan tujuan karir Anda.

2. Profesional Muda - Bagian Pengalaman Resume
Hapus informasi tentang kursus, IPK dan Magang Anda, karena sekarang Anda sudah memiliki setidaknya satu pekerjaan penuh waktu yang berkaitan dengan program sarjana Anda. Kerja sukarela terpisah dan pertunjukan sisi lainnya di bagian terpisah dengan posnya sendiri, seperti "Karya Lain" atau "Kerja Sukarelawan" . Dari sini Anda hanya boleh memasukkan riwayat kerja yang relevan di resume Anda.

Tuliskan pengalaman kerja Anda sampai 10 tahun terakhir, lima tahun jika Anda bekerja di bidang TI. Jika Anda dipromosikan di perusahaan yang sama, tulis posisi terakhir Anda sebagai jabatan, lalu cantumkan posisi sebelumnya yang Anda pegang di butir-butir peluru.

3. Manajer dan Eksekutif - Riwayat Kerja Resume
Donna Svei , Executive Resume Writer dan Recruiter, mengatakan:

"Perekrut ingin melihat lebih banyak pengalaman untuk calon eksekutif, tiga sampai tujuh tahun-terkadang lebih-tergantung pada tingkat pekerjaan."

Pada tingkat manajemen, pengusaha mencari kandidat yang dapat memberi nilai tambah pada organisasi dengan sedikit pelatihan. Yang penting bagi mereka bukanlah saat yang Anda habiskan untuk pekerjaan sebelumnya, tapi kontribusi yang Anda buat saat berada di kantor.

Apa Riwayat Kerja Melanjutkan Format Terbaik: Fungsional, Kronologis, atau Hybrid?

Setiap contoh cv bisa bermanfaat, tergantung keadaan pribadi anda.

1. Resume Kronologis
Riwayat kronologis mencantumkan riwayat pekerjaan Anda dengan posisi terbaru di atas. Ini adalah format resume yang paling populer karena ini menunjukkan perkembangan karir yang jelas. Gunakan format ini hanya jika Anda memiliki beberapa tahun pengalaman profesional dan sejarah kerja yang solid.

2. Resume Fungsional
Prestasi dan rincian pekerjaan Anda terpisah. Semua prestasi dan keterampilan dikategorikan sesuai dengan persyaratan utama pekerjaan target Anda, sementara riwayat pekerjaan Anda hanya menunjukkan nama dan durasi perusahaan.

Karena format ini berfokus pada keahlian Anda dan bukan jabatan Anda sebelumnya, buku ini bekerja dengan baik untuk lulusan baru dengan pengalaman terbatas atau siapa pun yang memiliki kesenjangan kerja yang signifikan.

3. Hybrid atau Combination Resume
Format kombinasi kombinasi fleksibel, sehingga Anda bisa mengaturnya kembali dengan cara yang sesuai dengan kekuatan Anda. Dalam tata letak ini, ringkasan profesional Anda diikuti oleh daftar keterampilan dan prestasi Anda, bukan riwayat pekerjaan Anda. Ini sering digunakan untuk resume manajemen dan eksekutif.
 
Loading...

Thread Terbaru

Top