Tips Membuat Rumah Tetap Sejuk Tanpa Ac

alfredbran

New Member
Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim kemarau hampir sama dengan musim panas yang ada di jepang. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki iklim tropis. Jika Indonesia berada di jam siang hari, suhu udara bisa mencapai rata – rata 30 – 35 derajat celcius. Apalagi ditambah dengan sinar matahari yang makin terik yang menyebabkan radiasi UV yang membuat Indonesia semakin panas mencapai suhu 45 derajat.

Biasanya orang di Indonesia memilik cara terbaik untuk mendapatkan suhu udara yang sejuk. Di beberapa rumah biasanya memberikan kipas angin atau air conditioner (AC) yang memberikan efek sejuk walaupun di luar sangat panas. Tapi kerugian menggunakan kipas angin maupun AC dapat membuat harga listrik naik yang dikarenakan penggunaan secara terus menerus. Belum lagi jika alat tersebut rusak karena di pakai seharian. Untuk penghematan biaya, ada beberapa cara praktis dan efisien yang bisa diterapkan dari worknplay.com untuk membuat rumah tetap sejuk tanpa menggunakan ac maupun kipas angin.


1. Tinggi plafon pada rumah


Salah satu cara untuk mendapatkan rumah tambah sejuk adalah tingginya plafon. Plafon tinggi dapat mempengaruhi lambatnya suhu udara yang panas yang disebabkan oleh sinar matahari yang langsung terkena dinding pada rumah.


2. Bahan bangunan terbaik

Untuk mendapatkan suhu udara yang sejuk, diperlukan bahan bangunan yang terbaik tahan panas. Anda bisa menggunakan aluminium pereda panas yang biasanya di jual di toko bangunan. Walaupun harga terbilang cukup mahal, tapi tidak ruginy anda memasang ini.Keuntungan yang bisa didapatkan dari aluminium adalah sebagai pelindung dari radiasi UV pada sinar matahari. Jangan pernah menggunakan batu bata yang mudah menyerap panas. Biasanya batu bata yang tidak bagus dapat beresiko suhu ruangan menjadi panas dan retaknya tembok.


3. Ventilasi Silang


Ada baiknya ventilasi silang sangat diperlukan untuk membuat ruangan lebih sejuk. Ventilasi silang merupakan cara efektif dengan cara perpandungan ventilasi yang saling berhadapan dari dinding depan ke dinding belakang.

Sumber : jual rumah di bekasi
 

Ita Maulani

New Member
Plafon tinggi rumah sangat penting. Masalahnya, perumahan sekarang cukup padat sehingga udara tidak bisa berhembus kecuali melalui tempat yang agak tinggi.

Dulu, waktu rumah di tempat saya masih jarang, wah udara sangat berlimpah, baik siang maupun malam. Tetapi, setelah jumlah rumah padat, adanya udara panas. Tidak ada lagi limpahan udara berlebihan yang membuat di dalam rumah dingin / sejuk.

Hijauan di kanan kiri dan depan rumah juga sangat penting. Lahan, walau tidak luas, harus tetap disisakan untuk menanam tanaman, terutama bunga warna-warni. Ini akan menambah suasana sejuk dan hati juga tenang. Dengan demikian, kondisi rumah menjadi tempat yang sehat dan menyehatkan.
 

penulisbiasa

New Member
tanaman hias disekitar pekarangan rumah juga saya pikir bisa masuk kedalam cara yang efektif serta efisien dalam membuat rumah tetap sejuk.
 
Loading...
Top