Tips memotret pas foto dengan sempurna

Alexanderkus

New Member


Teknik fotografi yang dianggap paling mudah, sederhana dan sepele mungkin adalah teknik memotret pas foto. Ya, pas foto merupakan jenis foto portrait sampai close-up yang digunakan untuk tujuan-tujuan tertentu seperti membuat ID card, KTP, akta kelahiran, kartu nikah, lamaran kerja, mendaftar sekolah dan lain sebagainya. Bahkan ada studio foto yang menjadi spesialis untuk pas foto karena dianggap paling mudah. Tetapi apakah memotret pas foto memang semudah yang dibayangkan? Jika dilihat , seorang fotografer hanya memegang kamera menyuruh objek duduk tegak kemudian memencet shutter. Selesai, setelah itu proses cetak, sedikit retouch dan menerima bayaran. Jangan salah, ternyata pas foto merupakan teknik foto yang tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa teknik yang harus dipahami saat sedang menerima job ini. Bila belum tahu bagaimana tekniknya, berikut tips selengkapnya:

- Sikap duduk objek

Pastikan Anda sebagai fotografer juga menjadi koreograf yang handal. Maksudnya Anda harus menata dengan betul objek yang hendak di foto. Posisikan objek pada tempat duduk yang nyaman tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Kursi sekitar 30-40cm tanpa sandaran adalah kursi yang cocok untuk pas foto. Arahkan objek untuk tegap, tidak membungkuk, namun jangan terlihat tegang. Kepala dilarang miring atau menoleh samping apalagi bawah. Pandangan mata wajib menghadap ke lensa kamera. Itulah sikap duduk objek yang benar dan tepat agar mendapatkan hasil bagus.

- Portrait

Dalam memotret pas foto pastikan Anda mengatur kamera dalam posisi mode portrait bukan landscape. Posisi portrait cukup bagus untuk pas foto satu orang dan Anda juga akan mudah untuk melakukan croping. Jika pas foto dilakukan dengan objek dua orang, baru Anda menempatkan kamera data atau landscape.

- Posisi lensa

Putar lensa pada posisi yang aman. Panjang fokal hingga 35mm sampai 50mm maupun 55mm adalah posisi yang dianggap aman. Maksudnya adalah aman dari distorsi dan efek kompresi. Jangan sekali-kali memotret pas foto pada posisi lensa 18mm sampai 24mm karena yang akan dihasilkan adalah efek distorsi cembung. Jika dilihat seksama objek akan terlihat lebih lebar dan kurang porposional. Sedangkan dengan panjang fokal diatas 60mm dimungkinkan terjadi efek kompresi, membuat objek dan background terlalu berdimensi. Posisikan juga kamera sejajar dengan mata objek karena posisi tersebut membuat porposional. Jadi mungkin Anda harus agak membungkuk agar lebih mudah atau tempatkan kamera pada tripod.

- Teknik lighting

Nah, yang paling penting dalam memotret pas foto adalah dalam hal lighting. Sederhana seperti yang sudah ditulis diatas, tetapi salah sedikit bisa fatal. Bisa dikatakan pas foto adalah teknik foto yang mengharuskan objek terlihat sempurna. Pas foto yang bagus dimungkinkan tidak boleh terdapat shadow (bayangan), cahaya tidak merata, gelap sebelah, dan pokoknya harus sempurna. Hal ini wajib dipatuhi karena pas foto menjadi identitas diri atau foto resmi. Yang pasti seluruhnya harus terlihat natural, apa adanya. Kami sarankan Anda menggunakan dua lighting sekaligus guna menerangi setiap sisi dan setiap bagian objek.

Tempatkan dua lampu dibagian depan, posisi kanan dan kiri objek. Penggunaan aksesoris seperti softbox dan payung akan menambah bagus hasil foto. Cahaya yang sudah disaring melalui aksesoris tersebut akan terlihat halus. Tidak boleh adalah backlight seperti sedang memotret model, atau cahaya bocor diposisi tertentu. Terkadang ada beberapa studio foto yang hanya memanfaatkan satu lighting kemudian menggunakan reflector dibagian bawah sebagai pemantul cahaya. Apapun tekniknya yang penting harus sempurna dan merata.

- Background warna bersih

Hati-hati penggunaan background yang kurang bagus, seperti terkena kotoran atau ada warna lain. Hendaknya background pas foto harus memiliki satu warna, lazimnya adalah biru, merah, dan putih. Biru untuk orang dengan tahun lahir genap dan merah untuk orang dengan tahun lahir ganjil.

- Retouch seperlunya

Retouch pas foto dilarang berlebihan. Anda bisa sekedar mencerahkan selama detail objek masih jelas terlihat, atau dilarang over exposure. Boleh menghilangkan jerawat, namun dilarang menghilangkan tanpa lahir seperti tahi lalat, atau merubah bagian tertentu.

 

liuhin

New Member
Nice info,,,
Kasih tips lagi dong buat foto wisuda. Kan musim wisuda gini selain toko bunga, pasti studio foto di Jakarta juga ramai.
Kan lebih ribet tuh cara memotretnya, soalnya sambil megang bunga wisuda, terus kiri kanannya ada orangtuanya juga.
Nah itu gimana posenya biar bagus...?
 
Loading...
Top