Status
Not open for further replies.

NiaRainy

New Member

Jika anda seorang pelaku bisnis yang menjalankan usahanya sendiri tanpa karyawan, sudah pasti pernah mengalami penolakan dari konsumen. Penawaran yang sudah anda lakukan pada konsumen tidak disambut dengan baik. Sebaik apa pun penawaran anda dan sebaik apa pun produk atau jasa yang anda tawarkan akan kandas karena konsumen belum siap untuk membeli. Menghadapi calon pembeli yang cenderung menolak untuk membeli produk yang anda tawarkan memang sulit.

Ketakutan pada penolakan merupakan hal yang biasa bagi pelaku usaha, terutama bagi anda yang baru saja memulai sebuah usaha. Pada saat anda mendapatkan sebuah penolakan, jangan terburu-buru merasa down.

Berikut adalah beberapa trik untuk mengatasi penolakan dari konsumen dalam bisnis yang anda jalankan:

1. Tanyakan Alasannya
Penolakan merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari ketika anda melakukan penjualan. Anggap jika konsumen tersebut bukan rezeki anda, namun anda bisa menggunakannya untuk memperbaiki cara penjualan anda. Sebaiknya tanyakan alasan penolakannya, apakah alasan tersebut datang dari diri konsumen anda sendiri atau atau produk maupun jasa yang anda jual, ataukah pribadi anda sebagai pelaku usaha dalam menawarkan produk pada konsumen. Kemudian jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih setelah anda bertanya pada konsumen.

2. Menghubungi Kembali
Setelah anda mendapatkan feedback dari para konsumen, anda dapat mengkategorikan lagi alasan tersebut. Jika alasan tersebut diluar karena alasan pribadinya, anda bisa mencoba menghubunginya kembali setelah beberapa waktu berlalu untuk melakukan penawaran terbaru yang sekiranya cocok dengan alasan penolakan sebelumnya. Jika produk atau jasa yang anda tawarkan sesuai dengan yang dibutuhkan, maka mereka tak akan ragu untuk mendengarkannya.
 

fajarsunan

New Member
terima kasih untuk infonya, berguna sekali nih bagi yang berprofesi marketing seperti saya. karena penolakan dari pelanggan pasti akan pernah terjadi tapi itu semua tergantung dari bagaimana kita menyikapinya.
 

tokoaki

New Member
Entah mengapa yang promo broadcast tanpa permisi dan ijin dahulu selalu saya block dan report spam. Apalagi sampai menghubungi kembali. Hehehe...
 
Status
Not open for further replies.
Loading...
Top