Untuk Menjadi Menjadi Manajer Yang Baik, Anda Harus Lakukan 5 Hal Ini

Discussion in 'General Marketing' started by Mas O'o, Dec 27, 2015.

  1. Mas O'o

    Mas O'o Member

    Joined:
    Feb 21, 2015
    Messages:
    812
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    23
    Location:
    Trenggalek
    lead.jpg

    Kata-kata manajer merupakan kata yang diserap dari bahasa Inggris, diambil dari kata manage yang artinya mengatur. Seorang manager sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan karena keberadaanya dalam mengatur semua urusan yang ada dalam sebuah bisnis. Walaupun mungkin dalam kantor Anda legalitas formalnya tidak terdapat seorang manager namun keberadaannya yang tidak resmi pun tetap sangat dibutuhkan. Jika dalam perusahaan Anda tidak memakai manager maka Anda sendirilah yang harus menggunakan peran itu karena tanpa adanya seorang manager pekerjaan tidak akan berjalan dengan baik. Dan arah dari semua karyawan Anda tidak terarah dengan maksimal.

    Untuk menjadi seorang manager yang baik dan hAndal dalam mengelola sebuah perusahaan perlu adanya usaha dan komitmen serta berbagai hal yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa tips untuk menjadi seorang manager yang handal :

    1. Jadilah Seorang Yang Mampu Memberi Semangat dan Energi Positif

    Setiap karakter yang ada dalam sebuah perusahaan sangat berbeda antara karyawan yang satu dengan karyawan yang lain karakternya sangat berbeda. Untuk itu ketika Anda mengambil peran sebagai manager maka Anda harus benar-benar memahami dan mengerti karakter dari masing-masing karyawan yang ada dalam perusahaan Anda. Karena mengetahui karakter tiap karyawan pengaruhnya sangat besar dalam memotivasi mereka. Ketika motivasi mereka dalam bekerja sudah terbangun dengan baik maka mereka dapat mengeluarkan segala kemampuan terbaik mereka untuk perusahaan Anda. Dengan demikian perusahaan Anda mampu meningkat dengan pesat.

    2. Jadilah Seorang Pemimpin, Jangan Hanya Jadi Seorang Manajer

    Selain Anda menjadi seorang manager hal yang harus Anda perhatikan lagi selanjutnya adalah Anda harus benar-benar harus menjadi pemimpin dalam perusahaan Anda. Kemampuan mengelola dan mengorganisasi sebuah perusahaan ditentukan oleh seberapa kuat dan besar pengaruh Anda dalam memimpin mereka. Kualitas Anda dalam memimpin perusahaan berpengaruh juga dalam kinerja karyawan. Pemimpin yang mampu memotivasi mereka dengan benar menjadikan karyawan mengeluarkan segala kualitas terbaik mereka dalam perusahaan.

    3. Jadilah Seorang Yang Mampu Berkomunikasi Dengan Baik Dengan Bawahan

    Kualitas seorang manager juga tergantung dengan bagaimana seorang manager mampu mengkomunikasikan segala hal yang menjadi keinginannya terhadap karyawan. Kita sering menlihat banyak yang manager yang punya maksud baik dalam sebuah perusahaan tetapi komunikasi dengan karyawan sangat buruk hal itu akan menyebabkan karyawan tidak mengerti dengan tujuan Anda. Ketidak pahaman itu juga bisa menyebabkan hubungan Anda dan karyawan Anda menjadi rengang. Kerenggangan itulah yang menyebabkan keretakan hubungan dalam sebuah perusahaan.

    4. Anda Harus Mampu Mengelola Waktu Dengan Baik

    Kemampuan seorang manager juga sangat ditentukan bagaimana ia mampu mengelolala waktu yang ia punyai untuk berbagai hal yang berkaitan dengan perusahaan. Seorang manager juga harus mengetahui kriteria-kriteria atau hal hal yang harus didahulukan dalam sebuah perusahaan. Jangan sampai ia salah kelola dalam hal itu karena kesalahan kecil itu sangat fatal bahayanya dalam roda bisnis perusahaan.

    5. Handal Dalam Mengelola Keuangan

    Keuangan yang stabil dalam sebuah perusahaan sangat menentukan dalam sebuah perusahaan. uang memang bukan segalanya dalam perusahaan tetpi jika keuangan tidak stabil akan berakibat bagi melemahnya kinerja karyawan. Seorang manager harus mampu mengeloloa keuangan dengan baik. Dan mampu mengklasifikasikan kebutuhan sebuah perusahaan. Memilah dan memilih mana yang lebih penting yang harus dikeluarkan dan mana yang harus disimpan untuk sebuah perusahaan.

    Baca thread lain :
    1. Kesalahan Dalam Memimpin Bisnis Yang Sering Dilakukan
    2. Manajemen Diri Yang Anda Perlukan Untuk Mencapai Kekayaan Dan Kesuksesan
    3. Mau Bisnis Anda Tetap Langgeng, Lakukan 6 Hal Ini
    4. Raihlah Kepercayaan Tim Bisnis Anda Dengan Cara Ini
     


  2. Haryono95

    Haryono95 New Member

    Joined:
    Dec 30, 2015
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    Blogger
    Location:
    Bandung
    Manajer yang baik adalah mereka yang bisa menjadi leader gan.. :D
     
  3. Muhamad Romli

    Muhamad Romli New Member

    Joined:
    Aug 14, 2017
    Messages:
    372
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
    Setuju sekali, yg penting juga harus mau sama", satu irama, merangkul bawahannya dengan baik, tidak mental booss, dia juga sama" karyawan ko
     
  4. Agus Toni

    Agus Toni New Member

    Joined:
    Jan 27, 2018
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Setuju banget, intinya sih ga cukup dengan bermodalkan pinter akademis, perlu pintar ahlak juga yaa
     
  5. Fitri Widiyani

    Fitri Widiyani New Member

    Joined:
    Feb 7, 2018
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bener tuh, jadilah Menejer yang bisa mengayomi bawahan dengan contoh" yg baik dan bijak
     
  6. Januar Htb

    Januar Htb New Member

    Joined:
    Apr 20, 2019
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Occupation:
    Web Content Specialist
    Location:
    Jakarta
    Wah, sangat bermanfaat sekali. Tapi menurus pengertian saya, pengertian manager dan pemimpin itu berbeda. Kita ambil contoh sebuah tim sepak bola yang terdiri dari manager (pelatih), kapten dan pemain-pemain lainnya. Kapten tersebut adalah sebagai pemimpin tim sepakboal tersebut yang juga terjun langsung bermain di lapangan hijau. Sedangkan managernya, tugasnya hanya mengatur strategi dan memerintahkan tugas-tugas pemain di lapangan, sekaligus mengatur asisten-asisten luar lapangan yang lain untuk melakukan tugasnya. Jadi intinya, ada kalanya seorang manager itu tidak bisa disebut sebagai pemimpin, melainkan hanya mengatur saja. :D Gimana menurut agan-agan sekalian? Salah atau benar ga pengertian saya di atas?
     
Loading...

Loading...

Share This Page