Wah, Ini Tanda-Tanda Truk Listrik Populer Lebih Cepat

Kukuh_03

New Member
Wah, Ini Tanda-Tanda Truk Listrik Populer Lebih Cepat


Seluruh industri transportasi menghadapi tuntutan berat untuk memperbaiki dampak iklimnya. Untuk mempercepat transisi menuju transportasi yang lebih berkelanjutan, Volvo Trucks menargetkan seluruh jajaran produknya bebas fosil pada 2040. Truk listrik akan memainkan peran kunci untuk mencapai hal tersebut. Ini mungkin terdengar sebagai target yang tidak realistis, tetapi pada kenyataannya, peralihan ke kendaraan listrik akan berjalan jauh lebih cepat daripada yang diperkirakan kebanyakan orang.

"Setidaknya, ada banyak tanda yang menunjukkan perkembangan ini. Dan, truk listrik kami sudah meluncur di jalan-jalan dalam operasi nyata," seperti dikutip dari pernyataan Volvo, Senin (13/9/2021).

Berikut adalah beberapa penyebab kehadiran truk bertenaga listrik sebagai armada utama akan lebih cepat dari yang diperkirakan.

1. Biaya memiliki kendaraan akan turun

Meskipun truk listrik memiliki harga banderol yang lebih tinggi daripada kendaraan konvensional saat ini, rendahnya jumlah suku cadang yang bergerak dalam mesin listrik berarti mereka sering kali memiliki siklus hidup yang lebih lama dan membutuhkan lebih sedikit perawatan.

Sementara itu, harga baterai menurun pada tingkat yang melampaui ekspektasi sebagian besar analis. Investasi yang sedang berlangsung di sektor energi terbarukan menurunkan biaya pembangkitan listrik ke titik di mana menjalankan truk dengan listrik akan menjadi sebagian kecil dari biaya solar.

2. Baterai semakin baik

Seiring dengan meningkatnya permintaan kendaraan listrik, inovasi baterai juga semakin cepat. Lebih ringan, baterai lithium-ion sekitar sepertiga dari berat dan setengah dari volume jika dibandingkan dengan timbal-asam. Dan mereka menjadi lebih ringan dan lebih kuat seiring dengan peningkatan teknologi.

Bahkan, lebih banyak keuntungan dapat dibuat dengan baterai generasi berikutnya, yang dikenal sebagai baterai solid-state. Pengisian daya ini lebih cepat, lebih aman, dan menghasilkan hingga dua kali kepadatan baterai baterai lithium-ion saat ini, yang berpotensi melipatgandakan jangkauan.

Baca : 4 Pabrikan Sepakat Gunakan Baterai Kompatibel untuk Sepeda Motor

3. Infrastruktur terus dibangun


Saat ini, mengisi daya truk listrik untuk tugas jarak pendek dapat dengan mudah dilakukan dalam semalam. Meskipun infrastruktur untuk truk pengisian cepat masih kecil, infrastruktur ini terus berkembang seiring dengan berkembangnya kota, pusat logistik, pembuat mobil, dan pompa bensin untuk memenuhi permintaan yang muncul.

Dan teknologi baru termasuk pengisi daya pintar dan baterai pintar memungkinkan pengisian daya ultra cepat dalam berbagai kondisi yang lebih luas. Penemuan baru juga menunjukkan bahwa kecepatan pengisian akan meningkat secara drastis dengan perbaikan baterai lithium-ion.

4. Pilihan yang lebih baik

Ketika harga kendaraan listrik turun, memilih listrik bisa menjadi lebih dari sekadar pertanyaan tentang keberlanjutan dan biaya. Truk listrik juga terbukti populer di kalangan pengemudi karena menghasilkan getaran yang lebih sedikit daripada kendaraan diesel tradisional.

Mereka lebih mudah untuk bermanuver dan parkir, membuatnya sangat cocok untuk mengemudi dan pengiriman perkotaan. Sebagai pilihan rendah karbon tanpa emisi knalpot, truk listrik terbukti populer di kalangan perusahaan yang ingin beroperasi lebih berkelanjutan.

Peralihan ke kendaraan listrik bisa berjalan lebih cepat dari yang diperkirakan banyak orang. Setidaknya, ada banyak tanda yang menunjukkan perkembangan ini. Dan truk listrik sudah meluncur di jalan-jalan kami dalam operasi nyata.

Sumber : Bisnisindonesia.id
 
Loading...

Thread Terbaru

Top