Wisata Alam Api Abadi Yang Tak Kunjung Padam di Bekucuk Kabupaten Mojokerto.

Discussion in 'Travel & Vacation' started by Mas O'o, Mar 5, 2015.

  1. Mas O'o

    Mas O'o Member

    Joined:
    Feb 21, 2015
    Messages:
    812
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    23
    Location:
    Trenggalek
    Api Abadi Bekucuk.jpg

    Kota Mojokerto terkenal dengan ciri khas kebudayaan kerajaan yaitu Majapahit. Selain wisata sejarah diantaranya Candi Trowulan. Selain wisata sejarah di Mojokerto terdapat juga sumber api abadi bekucuk yang terletak di Dsn. Bekucuk Ds. Tempuran Kec. Sooko yaitu sekitar tiga kilometer dari arah Kota Mojokerto. Akses jalan menuju lokasi tersebut sangat lancar serta mudah untuk dijangkau dan ditemukan. Masyarakat sekitar mempunyai kepercayaan bahwa keberadaan api abadi tersebut sudah ada sejak masa kerajaan Majapahit, dan telah menjadi salah satu pendukung masyarakat sekitar jaman dahulu sekitar ratusan tahun yang lalu. Konon ceritanya, api tersebut dulunya dipakai untuk ahli pandai besi pada masa kejayaan kerajaan Majapahit untuk pembuatan pusaka keris dan peralatan yang digunakan oleh kerajaan Majapahit. Selain sumur api abadi tersebut di sekitar lokasi tersebut terdapat pula makam kuno sesepuh yang dikeramatkan oleh warga masyarakat sekitar.


    Pada hari tertentu makam tersebut banyak didatangi oleh peziarah dari sekitar mojokerto serta dari luar daerah dari pelosok. Apabila anda ingin menikmati keindahan panorama api abadi tersebut alangkah baiknya dilihat pada saat malam hari, karena keindahan semburan apinya akan menerangi di kegelapan malam hal tersebut merupakan moment yang sangat menyenangkan. Api abadi tersebut bila di lihat pada malam hari semburan apinya akan terlihat bila di ukur sekitar lima belas meter dari permukaan sumur api abadi tersebut. Serta dentuman suara terdengar seperti air yang mendidih apa bila kita mendengarkanya lebih dekat.


    Tepatnya pada tahun 1933, banyak ditemukan beberapa sumber api baru di beberapa titik di wilayah itu, serta mengundang Pemerintah Kabupaten Mojokerto untuk mengadakan penelitian tentang sumber api abadi bekucuk .


    Konon seperti dikisahkan, percintaan antara Ken Arok dan Ken Dedes yang tidak pernah padam, Fenomena alam berupa api yang terus menyala berkobar-kobar seperti api yang tak pernah padam bagaikan api abadi yang ada saat ini. Walau air hujan dan banjir mengguyur lokasi api abadi di Mojokerto, namun sumber api tersebut akan tetap menyala tanpa henti. Walaupun keberadaan api disekitar sudah sedikit berkurang karena lubang pada sumber api abadi dialihkan ke warga masyarakat sekitar di jadikan tungku untuk memasak di dapur, namun api abadi yang berada di Desa bekucuk, tersebut masih ada, untuk melihat api abadi tersebut pengunjung bisa memasukkan dedaunan kering atau bisa juga dengan memakai kertas pada rongga serta tumpukan batu kemudian meniup batu tersebut dan hasilnya akan keluar berupa api. Selain itu juga rongga-rongga api biasanya juga bisa untuk membakar jagung yang sudah bisa dibeli dan di sediakan oleh warga sekitar lokasi api abadi tersebut.
     


  2. liana

    liana New Member

    Joined:
    Feb 2, 2015
    Messages:
    375
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    3
    Occupation:
    enterpreuner yang suka membaca dan menulis
    Location:
    Jawa Barat
    Itu api abadinya ngga dikuasai salah satu BUMN tuh bro, hehehe
     
  3. Mas O'o

    Mas O'o Member

    Joined:
    Feb 21, 2015
    Messages:
    812
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    23
    Location:
    Trenggalek
    nah ntuh die nyang ane kagak tau non . . . .he,,he,,
     
Loading...

loading...

Loading...

Share This Page