Wisata Pelabuhan Panarukan, Riuh Rendah Aktifitas Pelabuhan

Discussion in 'Travel & Vacation' started by Mas O'o, Aug 16, 2015.

  1. Mas O'o

    Mas O'o Member

    Joined:
    Feb 21, 2015
    Messages:
    812
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    23
    Location:
    Trenggalek
    pelabuhan panarukan.jpg

    Berwisata di pelabuhan merupakan tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi, apalagi pada waktu musim cerah seperti ini. Suasana nan sejuk diiringi hembusan angin yang sumilir menambah ketenangan hati serta dapat menghilangkan rasa penat bagi anda yang disibukan dengan rutinitas pekerjaanya. Salah satu pelabuhan yang berada di Kabupaten Situbondo adalah Pelabuhan Internasional Panarukan. Pelabuhan Panarukan merupakan pelabuhan Internasional pada saat masa penjajahan Belanda, lokasi tersebut sangat stategis untuk dijadikan pelabuhan serta tempat bersandarnya perahu-perahu besar pada zaman penjajahan Belanda. Pelabuhan tersebut sebagai aset yang dimiliki oleh penjajah Belanda pada zaman dahulu. Tempat tersebut masih ramai oleh hiruk-pikuk aktifitas pelabuhan, keramaian tersebut menjadi saksi dengan adanya beberapa bangunan buatan belanda serta terdapatnya menara pantau atau mercusuar yang pernah melayani kesibukan kapal-kapal bangsa Belanda.

    Lokasi objek wisata Pelabuhan Panarukan berada di Jalan Raya Panarukan Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Objek wisata tersebut tepatnya didaerah pesisir pantai utara dari Kota Situbondo. Objek wisata tersebut sering dikunjungi oleh beberapa wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang sekedar ingin mencari pengetahuan tentang sejarah dari objek wisata tersebut. Selain itu objek wisata ini seringkali dikunjungi beberapa pasangan muda – mudi yang sekedar berwisata di tempat tersebut. Lokasi yang sangat strategis membuat objek wisata tersebut ramai dikunjungi oleh para pengunjung. Apalagi pada saat hari libur khususnya pada hari minggu.

    Pelabuhan Panarukan pada zaman dahulu sangat berkembang pesat dikarenakan surplus wilayah belakang yang merupakan penghasil ekspor dari kopi, tembakau serta tebu. Dari pinggir jalan menuju Gerbang masuk, sebuah mercusuar sudah terlihat sangat indah mengingatkan kita pada sebuah tugu yang berada di Ibukota Jakarta. Dari bagian depan halaman lokasi tersebut, terdapat sebuah mercusuar yang sangat tinggi menjulang yang menyambut kedatangan para pengunjung yang datang berkunjung di lokasi tersebut. Walaupun pada saat ini banyak objek wisata yang menarik serta bagus untuk di kunjungi, tetapi masih lebih indah serta mengagumkan lagi berkunjung di objek wisata Pelabuhan Panarakuan, dikarena nilai historis dari mercusuar Pelabuhan Panarukan menjadi salah satu bukti sejarah yang patutut kita lestarikan.

    Banyanyak kapal atau perahu yang berada di pelabuahan tersebut menjadikan pemandangan di lokasi pelabuhan sangat indah dipandang. Kapal – kapal yang berada di Pelabuhan Panarukan pada umumnya membawa hasil tangkapan laut para nelayan, sedangkan yang keluar dari Pelabuhan Panarukan membawa hasil bumi atau sembako yang dikirim ke luar daerah Kabupaten Situbondo. Pelabuhan Panarukan memiliki nilai histories tersendiri, ditambah aktifitas bongkar muat di lokasi pelabuhan dan aktifitas nelayan sekitar, merupakan daya tarik tersendiri untuk sebuah paket wisata yang patut untuk dikunjungi. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan semoga menjadi manfaat bagi anda yang ingin berkunjung di Pelabuhan Panarukan.

    Baca Thread Lain :

    1. Menikmati Kegagahan Gunung Argopuro di Situbondo
    2. Eksotisme Candi Jabung Probolinggo
    3. Danau Ronggojalu Probolinggo, Indah Menawan
    4. Arung Jeram yang Menantang di Sungai Pekalen Jawa Timur


     


  2. Lentera

    Lentera blogger amatir

    Joined:
    Jul 2, 2015
    Messages:
    563
    Likes Received:
    68
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Indonesia
    Sekarang, bagusnya sebuah pantai, dimana? Perahu besar saja gak bisa sandar. :(
     
Loading...

Loading...

Share This Page