4 Bahan Alami Untuk Mengatasi Luka Bakar

Status
Not open for further replies.

Widia

New Member
Luka bakar bisa terjadi kapan dan dimana saja anda berada. Luka bakar yang parah dan serius sebaiknya segera diatasi. Anda bisa langsung membawanya ke rumah sakit atau bahkan melakukan perawatan sendiri dengan menggunakan beberapa bahan alami yang ada di rumah. Berikut adalah beberapa jenis bahan alami yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama saat anda terkena luka bakar.
1. Madu

Kandungan zat antiseptik yang dimiliki madu, berpotensi untuk menyembuhkan luka bakar yang anda alami. Mengoleskan madu pada luka bakar bisa membantu mengurangi sensasi terbakar serta meminimalisir bekas luka di kemudian hari.

2. Cuka

Selain madu, cuka juga ternyata sering digunakan untuk mengobati luka bakar ringan. Caranya cukup mudah yakni dengan menuangkan cuka pada kain lalu kompres pada bagian yang terkena luka bakar. Lakukan kegiatan ini terus saat rasa sakitnya meningkat dengan cuka yang masih segar.

3. Kulit pisang

Kulit pisang bisa berpotensi untuk meredakan rasa sakit akibat luka bakar ringan. Para ahli menyarankan untuk menggunakan kulit pisang dengan meletakkannya di bagian yang terkena luka hingga luka berubah menjadi hitam.

4. Lidah buaya

Salah satu bahan alami lainnya yang teruji dalam meredakan luka bakar adalah lidah buaya. Selain itu, lidah buaya juga memberikan efek mendinginkan yang mana hal ini juga dapat mempercepat proses pemulihan kulit yang terluka. Untuk prosesnya, potonglah lidah buaya di bagian tengah, lalu gunakan gelnya pada bagian yang terkena luka bakar. Ulangi hingga luka bakar mengering.

Itulah ke-4 bahan alami yang dapat anda gunakan untuk mengatasi luka bakar. Anda juga bisa menggunakan solusi alami lainnya seperti pasta gigi atau kentang mentah. Semoga threadnya bermanfaat;);)
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Top