• Disclaimer
    Forum Maxmanroe tidak bertanggungjawab atas informasi atau promosi yang dibuat member.

5 Cara Cepat Atasi Kebocoran Bisnis Anda

Mira Dw

New Member
Tentunya saat ini Anda sebagai pebisnis sedang fokus untuk mempertahankan bisnis Anda. Cara sederhana yang dapat Anda lakukan adalah menganalisa secara detail yang terjadi dalam bisnis Anda khususnya pada keuangan. Bagian yang terutama untuk Anda ketahui yaitu, bagaimana pergerakan kas bisnis Anda. Disini penting bagi Anda untuk mengerti berbagai parameter keuangan yang ada.

Analisa sederhananya ialah apa yang menyebabkan pengeluaran kas Anda besar, kemudian bagaimanan pergerakan tagihan Anda selama ini, bahkan sampai meneliti ketersediaan produk Anda. Sangat penting bagi seorang pemilik bisnis mengetahui segala aspek yang terkait dengan bisnisnya. Mulai dari marketing, sumber daya, data penelitian sampai dengan keuangan bisnis Anda.

Perlu rencana yang matang, sistem manajemen yang tepat dan pengaturan keuangan yang jelas dan teratur. Banyak pebisnis gagal dalam mempertahankan bisnisnya. Hal ini timbul akibat tingkat kesadaran yang lemah akan cara mengatur keuangan, sehingga dengan mudah membuat keputusan tanpa berpikir resiko besar dibelakangnya. Lazim kebocoran ini terjadi. Lalu bagaimana cara mengatasinya walau sudah terlambat. Berikut adalah cara cepat yang dilakukan sebagian pebisnis untuk menghindari kebocoran tersebut.

1. Uang Pribadi VS Uang Bisnis

Pemisahan rekening menjadi hal dasar yang perlu dilakukan untuk menjalankan bisnis yang sehat. Kegiatan ini juga dapat ditujukan sebagai cara pengawasan terhadap aktivitas uang yang terjadi. Melalui cara ini, Anda juga dapat memprediksi bisnis Anda sehat tanpa gangguan kepentingan pribadi. Perlu dipastikan, apabila ada pemindahan dana bisnis kepada rekening pribadi merupakan hasil keuntungan bisnis atau setidaknya mencerminkan keterangan yang jelas pada pembukuan bisnis.

2. Perketat Pengawasan Keuangan Bisnis

Pengawasan yang lemah merupakan sebuah sumber dari kebocoran yang terjadi selama ini. Mungkin, banyak di dalam internal tim yang mengeluarkan uang tanpa memiliki pertanggungjawaban yang baik. Contohnya, reimbursement internal tim yang dicatat dengan data yang tidak valid, seperti struk yang hilang dan sebagainya. Dengan kejadian seperti ini, sangat diperlukan pengawasan yang ketat terhadap uang keluar dalam bisnis. Semakin mengabaikan hal itu akan semakin besar kebocoran yang terjadi tanpa Anda sadari. Mulai sekarang, Anda perlu mendapatkan alasan yang layak dalam mengeluarkan uang bisnis Anda.

3. Tahan Diri Anda Untuk Berbelanja Berlebihan

Dalam bisnis, hal mengatur keuangan memang bukan hal yang mudah. Namun, tidak menjadi alasan bagi Anda untuk menunggu bertahun-tahun dahulu baru menyadari pentingnya mengatur keuangan dengan baik. Salah satu caranya, dengan pengawasan diri untuk belanja berlebihan. Hindari berbelanja barang pendukung bisnis yang tidak terdapat dalam daftar utama Anda. Sebelum belanja, pastikan dahulu biaya yang dikeluarkan bernilai wajar dan tidak menambah daftar kebocoran bisnis Anda.

4. Lacak Sumber Kebocoran

Anda dapat melacak sumbernya dengan membaca laporan keuangan yang ada. Kemudian fokus Anda adalah menganalisa laporan keuangan secara detail dan lengkap. Ada tantangan tersendiri bagi pebisnis untuk mengerti banyak sekali indikator keuangan yang ada. Kini Anda hanya perlu memanfaatkan teknologi yang ada untuk mendapatkan laporan keuangan yang cepat dan lengkap. Lazimnya, laporan yang dihasilkan dapat dengan mudah dipahami. Sehingga tidak perlu waktu lama untuk melihat sumber kebocoran.

5. Membuat Laporan Keuangan Secara Berkala

Seluruh data keuangan dikumpulkan dengan bertanggungjawab dan semua terjamin validitasnya. Laporan tersebut bersifat objektif tentang kondisi keuangan bisnis Anda selama ini. Kini Anda dapat langsung mengerjakan pembukuan dengan mudah. Dengan teknologi, Anda dapat membuat laporan yang rapih setiap bulannya. Untuk analisa sederhana, Anda bisa melihat laporan keuangan per 3 bulan sekali.

Jaman digitalisasi, sangat dimudahkan untuk mendapatkan laporan keuangan yang lengkap dalam waktu yang cepat. Sebagai pebisnis Anda hanya fokus mengumpulkan seluruh bukti transaksi yang valid. Maka sistem pembukuan akan lebih mudah menghitung keuangan Anda dan semakin cepat pula Anda menganalisa serta membuat keputusan yang tepat untuk bisnis Anda.

Semoga Anda bisa mempertahankan bisnis dan mengatasi kebocoran bisnis yang tidak Anda sadari sekalipun. Mulai dari sekarang, yuk atur keuangan bisnis Anda dengan baik.
 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top