8+ Cara Hemat Kuota Di Smartphone

Discussion in 'General Gadget & Apps' started by renderware, Mar 20, 2019.

  1. renderware

    renderware New Member

    Joined:
    Dec 7, 2017
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Berselancar di dunia maya menggunakan jaringan internet di era yang serba modern ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Terlebih dengan semakin banyaknya kelebihan yang ditawarkan dalam penggunaan jaringan internet menjadikan banyak orang tertarik untuk memanfaatkannya.

    Hal tersebut bisa digunakan untuk mencari tugas sekolah, curhat di media sosial, hingga nge-blog dan berjualan via online. Namun untuk menggunakan koneksi internet, anda memerlukan paket internet. Terkadang orang tidak sadar ketika menggunakan kuota internet dan tiba-tiba habis. Karenanya anda harus tahu cara hemat kuota di smartphone sehingga anda bisa mengontrol kuota anda.

    Berikut merupakan beberapa cara hemat kuota di smartphone sehingga penggunaannya tidak boros lagi.

    [​IMG]

    1. Ubah Maps dalam Mode Offline

    Cara hemat kuota di smartphone yang paling ampuh adalah dengan mengubah fitur Maps Anda ke mode offline. Karena aplikasi Maps pada smartphone bisa menguras kuota internet Anda dengan cepat. Namun tidak banyak pengguna yang tidak menyadari hal tersebut.

    Maps akan semakin banyak menguras data jika Anda menggunakannya untuk layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satellite. Untuk platform Android, maka Anda bisa sentuh Search Bar di atas aplikasi Maps kemudian menggesernya kebawah sampai bertemu pilihan 'Save map to use offline'.

    2. Gunakan Aplikasi Mailbox

    Salah satu hal yang sering membuat kuota internet cepat habis yaitu penggunaan email. Keperluan surat menyurat secara elektronik serta mengunggah dan mengunduh file attachment dari email tentunya bisa membuat kuota Anda tersedot banyak.

    Maka cara hemat kuota di smartphone dengan mengunduh aplikasi Mailbox dari Dropbox yang telah tersedia diplatform Android dan iOS. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menyimpan data yang seharusnya tidak tersedot saat menggunakan email. Dengan melakukan hal tersebut kuota internet bisa dihemat dengan lebih baik.

    3. Pakai Browser yang Lebih Efisien

    Sebuah browser ternyata juga bisa membuat kuota internet cepat habis. Terutama browser yang merupakan bawaan dari smartphone dan telah banyak diyakini bisa mengambil kuota internet Anda. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mendownload dan menggunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini.

    Browser tersebut sudah terbukti dan banyak dipercaya mampu menyimpan kuota data internet Anda secara primer dengan mengompres website yang sedang dikunjungi. Dengan fitur data-saving dan video boost, Anda bisa mengurangi proses buffer sekaligus mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot banyak data internet.

    4. Nonaktifkan Opsi Sinkronisasi

    Ada banyak akun yang melakukan sinkronisasi otomatis pada smartphone sehinga membuat kuota internet habis tanpa Anda sadari. Cara hemat kuota di smartphone yang bisa dilakukan dengan menonaktifkan sinkronisasi otomatis pada beberapa akun yang jarang digunakan.

    Caranya dengan masuk ke menu Settings - Accounts, kemudian pilih akun yang tidak ingin disinkronisasikan. Dengan cara ini maka Anda bisa menghemat kuota data yang dimiliki dengan lebih baik.

    5. Batasi Penggunaan Data serta Aktifkan Peringatannya

    Dengan menggunakan fitur data usage warning dan limit system yang built-in pada platform Android, maka anda bisa mendapatkan peringatan saat pemakaian kuota internet telah melampaui batas yang ditentukan. Untuk mengatur penggunaan mobile data ini maka Anda bisa langsung masuk ke Settings - Data usage - Cellular data - Set cellular data limit dan tap untuk mengaktifkannya.

    6. Batasi Penggunaan Data Background

    Untuk melakukannya Anda bisa masuk ke menu Settings - Data Usage - Tap tiga garis vertikal di kanan atas - Restrict background data - OK. Dengan hal tersebut Anda bisa menghemat kuota internet Anda dengan lebih baik. Namun ada risiko yang harus ditanggung, yaitu Anda akan ketinggalan notifikasi dengan cepat.

    7. Identifikasi Aplikasi penyedot Kuota Data

    Berikutnya, cara hemat kuota di smartphone adalah dengan cara mengidentifikasi aplikasi yang paling banyak menyedot kuota. Memang akan ada beberapa aplikasi yang telah di download dan Anda install akan lebih banyak menyedot kuota dibanding aplikasi lainnya.

    Cara mengetahui hal tersebut dengan menuju ke menu Settings - Data Usage dan scroll ke bawah. Di bagian inilah Anda akan menemukan daftar aplikasi yang memakan banyak kuota di smartphone anda. Untuk menghemat kuota, maka Anda bisa melakukan uninstall aplikasi yang banyak mengambil kuota tersebut.

    8. Batasi Penggunaan Data di Masing-Masing Aplikasi

    Selain membuat pembatasan pada penggunaan mobile data, cara hemat kuota di smartphone yang juga bisa dilakukan dengan membuat pembatasan penggunaan data pada masing-masing aplikasi atau layanan yang ada untuk penghematan kuota. Beberapa aplikasi bisa memiliki opsi sinkronisasi dan opsi pengaturan datanya sendiri.

    Cara pengaturannya bisa di aksesnya melalui menu setting pada aplikasi yang ingin Anda atur tersebut. Seperti misalnya pada aplikasi Google Photos, maka anda bisa masuk ke Settings - Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data aplikasi tersebut.

    Selain 8 tips di atas, Anda juga bisa mengakali penggunaan kuota dengan memanfaatkan paket internet murah dari berbagai provider yang ada. Tentunya disesuaikan dengan baik buruknya sinyal dan harga kuota dari masing-masing provider. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

    Sekian~
     


Loading...

Loading...

Share This Page