Beberapa Makanan dan Buah Pereda Miom

lingshenyao

New Member
Salah satu kondisi dimana tumbuhnya suatu jaringan pada bagian dinding rahim disebut dengan endometriosis. Penyakit ini menyebabkan reaksi radang yang lama sehingga bisa mengakibatkan jaringan parut. Biasanya, darah haid yang seharusnya keluar malah berbalik arah ke organ lain karena kondisi ini. Bermacam-macam oran seperti usus, saluran pencernaan, serta saluran kencing. Penyakit ini sendiri bisa dialami oleh perempuan dari semua usia termasuk remaja muda di usia 16 tahun. Namun gejala dari penyakit ini kerap kali tidak terasa sehingga hanya sedikit wanita yang menyadari kondisi endometriosisnya.

1. Kunyit

Kandungan kurkumin dalam kunyit sendiri dipercaya memiliki sifat seperti anti-peradangan yang sangat berguna dalam mengobati penyakit endometriosis. Anda bisa dengan mudah menambahkan satu sendok teh kunyit dalam air yang mendidih disertai dengan bubuk jahe dan madu untuk membuat jamu alami-nya.

2. Jahe

Salah satu obat terbaik dari peradangan sendiri adalah jahe karena sifat anti-radang nya. Untuk membuat jamu-nya, anda bisa mengambil satu potongan jahe yang diparut dan dimasak dengan air mendidih. Setelah itu biarkanlah sampai dingin dan kemudian campurkan dengan satu sendok teh madu. Ramuan ini bisa anda minum sebanyak 2 sampai 3 kali per hari nya.

3. Chamomile

Sifat peradangan yang bisa memicu endometriosis sendiri dikenal bisa dicegah dan dikurangi oleh kandungan Chamomile. Chamomile bubuk bisa anda minum secara bersamaan dengan teh sebanyak 2 kali sehari-nya.

Contoh Makanan Pantangan Kista
1. Kacang Kedelai
Jenis kacang kedelai memiliki kandungan sejenis fitoestrogen yang bisa menyebabkan peningkatan proses estrogen serta xenoestrogens dalam tubuh. Kondisi ini sendiri menyebabkan kondisi ketidak seimbangan hormon yang dapat memicu kista ovarium menjadi lebih parah.

2. Makanan Olahan Wadah Plastik
Jenis makanan olahan juga wajib dihindari karena kemasan-nya yang terbuat dari bahan-bahan seperti plastik. Hal ini dikarenakan makanan yang harus di microwave tersebut telah terpapar kandungan kimia yang ada di wadah plastiknya. Sehingga akan menyebabkan partikel-partikel kimia tersebut menempel dan masuk ke dalam tubuh saat dimakan. Sebisa mungkin juga coba untuk menghindari minum melalui botol atau kemasan plastik karena bisa terkontaminasi berbagai zat kimia yang ada di kemasan.

3. Makanan Goreng / Bakar
Jenis makanan yang disajikan dengan cara bakar dan goreng bisa menjadi berbahaya. Hal ini karena jenis makanan ini mengandung tingkatan kolesterol yang tinggi. Untuk pendertia kista sendiri sangat dianjurkan untuk menghindari jenis makanan ini dan mulai mengkonsumsi makanan yang direbus atau tim.

4. Sayur
Sayur-sayuran seperti sawi putih, kangkung, dan tauga menjadi pantangan kista berikutnya karena kandungan dalam sayuran ini bisa mendukung perkembangan kista menjadi semakin cepat. Hal ini dikarenakan kandungan sawi dan kangkung yang memiliki efek buruk dalam penyerapan obat medis untuk kista sehingga efeknya tidak akan maksimal.

5. Buah
Buah-buah seperti nanas, duku, durian, kelengkeng, dan nangka juga dapat berbahaya. Buah-buahan ini mengandung kandungan zat yang bisa meningkatkan risiko dari tumbuhnya sel kista dan kanker contohnya buah nangka dan kelengkeng. Sedangkan untuk buah-buahan lainnya seperti durian, nanas, dan duku memiliki kandungan alkohol yang bisa mendukung proses perkembangan kanker dan jenis tumor junak lainnya. Jenis buah ini juga memiliki kandungan panas yang tinggi yang membuatnya tidak direkomendasikan dalam proses penyembuhan ataupun pengobatan kista.

6. Minuman Alkohol / Soda
Minuman beralkohol sudah jelas memiliki efek yang buruk untuk kesehatan khususnya penyakit kista. Jenis minuman ini hanya akan memberikan efek yang buruk untuk kista.

7. Daging Merah
Daing merah sebaiknya dihindari jika anda merupakan pasien kista yang sedang menjalani tahap pengobatan. Daging ternak seperti ini memiliki zat-zat kimia dari jenis makanan dan obat-obatan lainnya yang tidak baik untuk proses penyembuhan.

8. Seafood
Kandungan lemak jenuh dalam seafood memang terkenal sangat tinggi sehingga membuatnya tinggi akan kolesterol. Untuk mengurangi risiko dan memaksimalkan tahapan pengobatan, anda dianjurkan untuk mengganti jenis lemak jenuh ini dengan lemak baik yang biasanya bisa didapatkan dari jenis tumbuh-tumbuhan.

9. Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji seperti mie instan dan snack juga bisa dihindari sementara waktu ini karena kandugnan pengawetnya yang membuat kista semakin subur bersarang di tubuh seseorang. Zat pengawet sendiri bisa memicu sel kista dan kanker untuk berkembang lebih cepat. Selain itu, juga kurangi bumbu-bumbu penyedap masakan seperti micin dan lainnya.
Rasa sakit pada perut bagian bawah adalah gejala utama yang muncul jika anda memiliki endometriosis. Saat menstruasi atau berhubungan 's3kzual', gejala ini bertambah parah dan semakin sering muncul.
Tumor yang terbentuk dalam rahim seseorang disebut dengan miom. Beberapa nama lain juga dimiliki oleh miom seperti leimiomata, fibroid, atau fibromioma.

Makanan Sehat Miom
Buah dan Sayur
Sayuran dan buah-buahan sudah diketahui memberikan dampak kesehatan yang baik sejak dari dahulu. Nutrisi yang dikandung baik sayur maupun buah sangat berguna untuk melawan penyakit.

Jenis kacang-kacangan
Kacang adalah sumber serat atas. Mereka bisa digunakan untuk mengontrol berat badan. Indeks glikemik yang rendah pun dimiliki oleh mereka dan dampaknya yang ringan terhadap gula darah.

Biji-bijian
Kesehatan rahim akan meningkat karena perlindungan dan pertumbuhan fibroid biji-bijian yang belum diproses. Biji-bijian juga memiliki antioksidan tinggi, serat, dan protein yang banyak.

Rendah Lemak Susu
Susu memiliki sifat pelindung dan kalsium yang mampu untuk menghambabt pertumbuhan sel yang akan mengarah pada tumor. Menurut hasil dari penelitian para ahli, di bagian negara Afrika-Amerika 3 kalilebih sering terjadi miom rahim pada wanite karena wanita disana mengkonsumsi sedikit susu.

Kedelai dan Biji Rami
Kedelai dan biji rami mengandung phytoestrogen yang merupakan bahan alami dengan sifat estrogenlike. Phytoestrogen sendiri bekerja sebagai pelindung estrogen dan bisa meminimalkan gejala dan resiko pertumbuhan fibroid itu sendiri. Serat dan lemak omega-3 yang dikandung biji rami juga bisa mencegah peradangan dan tumor serta membantu membersihkan tubuh dari kelebihan estrogen

1. Minum Ibuprofen
Dokter akan memberikan obat-obatan berupa ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada beberapa daerah punggung.

2. Terapi Hormon
Terapi hormon akan direkomendasikan oleh dokter jika obat seperti ibuprofen tidak memberikan efek apapun. Resep seperti pil KB akan diberikan dokter guna untuk mengontrol pendarahan hebat serta pencegahan untuk anemia.

3. Embolisasi Fibroid
Metode yang satu ini digunakan untuk proses pengecilan miom dengan cara menyuntikan sejenis alkohol yakni PVA melalui arteri. Suplai darah akan diblokir oleh obat ini yang membuat ukuran miom menyusut seiring dengan berjalannya waktu.

4. Operasi Miomektomi
Prosedur tambahan bisa dilakukan untuk mengobati miom seperti operasi pembedahan untuk miom ini. Miom akan diangkat tanpa harus membuat sayatan besar pada perut pasein dengan menggunakan jenis cara histeroskop dan laparoskop. Operasi jenis ini sangat direkomendasikan jika pasien sendiri masih mempunyai rencana untuk hamil. Jaringan parut akan terjadi sehingga bisa meningkatkan risiko ketidak suburan.

Selain itu, tentunya anda juga perlu memahami beberapa jenis tumbuhan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit miom :

1. Daun Sirsak

Daun sirsak merupakan salah satu tanaman yang sangat populer di Indonesia. Hal ini terungkap karena manfaat-manfaatnya dalam memerangi sel-sel super ganas layaknya kanker. Banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh daun sirsak selain itu khususnya untuk menjaga dan mengoptimalkan kesehatan tubuh manusia yang kerap kali tidak terduga bisa mengobati mengobati banyak penyakit. Kantong asam yang berada dalam tumbuhan ini bisa digunakan untuk memberikan efek sel kanker terhambat dan proses penyembuhan yang lebih baik dari kemoterapi.

2. Daun Singkong

Kandungan B17 dimiliki oleh daun singkong yang dinamakan dengan nama Amygdaline yang merupakan vitamin dan berfungsi untuk mengobati sel kanker dengan efektif sejak abad ke 18 lalu. Namun penelitina sudah membuktikan bahwa vitamin ini belum 100% efektif dalam mengatasinya. Amygdaline sendiri merupaakan suatu gilkosida yang adalah obligasi untuk nutrisi lain dengan gula yang sering digunakan untuk memudahkan penyerapan nutrisi.
3. Jahe Merah
Jahe merah sendiri merupakan tanaman jenis jahe yang bisa digunakan sebagai obat untuk waktu yang sangat lama. Tanaman ini memiliki rasa yang khas dimana rasanya lebih pedas dari jenis jahe gajah dan jahe putih. Di negara Cina dan India sendiri, tanaman ini sudah sering digunakan sebagai bahan obat-obatan herbal karena memiliki kandungan bahan fitokimia yang bisa mengatasi dan menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.
Efek kimia yang terjadi pada jahe merah sendiri sudah diselidiki oleh para ahli khususnya untuk penyakit kista ovarium, kanker serviks, dan juga miom. Ditemukan hasilnya dimana sel kanker yang berada di rahim bisa diatasi dengan efektif oleh manfaat jahe merah sendiri dibandingkan dengan sistem pengobatan standar. Sel kanker ini dibunuh dengan jahe dengan sistem dua mekanisme yakni autophagy dan apoptosis. Autophagy sendiri merupakan proses penghancurkan komponen sel-sel kanker oleh suatu organel yang disebut dengan lisosom. Sedangkan Apoptosis dijelaskan sebagai proses bunuh diri yang dilakukan oleh sel-sel kanker itu sendiri.
4. Daun Mahkota Dewa

Kandungan aktif yang baik terdapat dalam tanaman mahkota dewa ini yang memiliki banyak zat aktif seperti polifenol, alkaloid, berfungsi, serta saponn yang bisa mengatasi bakteri yang menyerang tubuh dan memberikan sistem imunitas ekstra. Kandungan anti-inflamasi yang terdapat dalam flavonoid sendiri juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti miom dan kista.

5. Brokoli

Kandungan senyawa tiosioanat dalam brokoli sudah terbukti bisa membantu organ liver dalam mentralkan banyak zat-zat beracun dalam tubuh yang bisa merusak jaringan tubuh. Brokoli juga terkenal akan kandungan indoles serta sulfhorapane-nya yang memiliki manfaat dalam membunuh sel miom serta meingkatkan enzim tubuh yang bisa memerangi penyakit berbahaya. Pertumbuhan sel miom juga bisa dihambat oleh manfaat yang diberikan oleh senyawa isocynate.
 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top