Bilberry Sebagai Buah Herbal

Discussion in 'Health & Beauty' started by mrsawada, Apr 18, 2019.

  1. mrsawada

    mrsawada New Member

    Joined:
    Apr 8, 2019
    Messages:
    46
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    [​IMG]
    Untuk apa bilberry?

    Buah bilberry adalah buah dari tanaman herbal. Buahnya (baik yang kering maupun matang) dan daunnya digunakan untuk membuat obat. Contohnya kapsul bilberry HPAI

    Buah bilberry digunakan untuk meningkatkan ketajaman penglihatan (termasuk penglihatan di malam hari) mencegah katarak, degenerasi makula, dan glaukoma. Beberapa orang menggunakan bilberry untuk kondisi jantung dan pembuluh darah termasuk pengerasan arteri , varises, penurunan aliran darah di pembuluh darah, dan nyeri dada.

    Buah bilberry juga digunakan untuk sindrom kelelahan kronis, wasir atau ambeien, diabetes, osteoarthritis, encok, infeksi kulit, gangguan pencernaan, penyakit ginjal, dan infeksi saluran kemih (ISK).

    Bilberry juga kadang diterapkan langsung ke bagian dalam mulut untuk nyeri tenggorokan dan keluhan lain pada mulut. Kegunaan bilberry yang lain termasuk mengurangi diare, maag pada orang dewasa atau anak-anak, menjaga kadar insulin, sebagai pencahar, serta sebagai antiseptik kemih.

    Bagaimana cara kerjanya?
    Belum ada penelitian yang cukup tentang bagaimana suplemen herbal ini bekerja. Silakan berdiskusi dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bilberry mengandung bahan kimia yang disebut tanin yang dapat membantu mengatasi diare serta iritasi pada mulut dan tenggorokan, dengan mengurangi pembengkakan (radang).

    Ada juga beberapa bukti bahwa bahan kimia yang ditemukan dalam daun bilberry dapat membantu gula darah dan kadar kolesterol yang lebih rendah. Beberapa peneliti berpikir bahwa bahan kimia yang disebut flavonoid dalam daun bilberry juga dapat meningkatkan sirkulasi pada penderita diabetes. Masalah sirkulasi yang tidak ditangani dapat membahayakan retina mata.

    Dosis

    Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

    Berapa dosis yang biasa digunakan untuk bilberry untuk orang dewasa?
    Dosis untuk buah bilberry kering dan buah matang yaitu 20-60 gram sehari. Bisa juga diminum sebagai teh yang dibuat dari 5-10 gram (1-2 sendok teh) dari buah tumbuk. Dosis 160 mg ekstrak bilberry dipakai dua kali sehari telah diresepkan pada orang yang sakit pada retina.

    Daun bilberry umumnya digunakan sebagai teh. Teh disiapkan oleh seduhan 1 gram atau 1-2 sendok teh, cincang halus daun kering di dalam 150 air mendidih ml selama 5-10 menit, kemudian saring. Jangan gunakan daun bilberry dalam jangka panjang.

    Dosis suplemen herbal ini berbeda-beda bagi setiap pasien, karena ini tergantung pada umur, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Suplemen herbal tidak selalu aman digunakan. Konsultasikan dengan herbalis atau dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

    Dalam bentuk apa saja bilberry tersedia?
    Buah bilberry yang dijadikan suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk berikut:

    • kapsul
    • ekstrak cairan
    • buah segar
    • akar atau daun kering
     


Loading...

Loading...

Share This Page