Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Pada Smartphone

Freaky

New Member
Menghapus Aplikasi Bawaan - Mempunyai smartphone yang bagus, dengan ruang penyimpanan yang besar dan prosesor yang cepat merupakan idaman semua orang. Tapi apa daya hanya mampu membeli smartphone dengan ruang penyimpanan yang pas-pasan. Selain itu ketika kita beli smartphone baru, sudah pasti akan terpasang aplikasi-aplikasi bawaan dari pabrik atau bloatware. Sehingga ruang penyimpanan yang tersisa pun akan semakin sedikit.

Banyak dari para pengguna smartphone yang merasa terganggu dengan aplikasi bawaan dari android tersebut. Karena mereka memang tidak membutuhkannya, dan mereka lebih memilih menggunakan aplikasi yang sejenis dan yang lebih populer di kalangan pengguna smartphone.

Namun sayangnya aplikasi-aplikasi bawaan dari android tersebut tidak bisa dihapus seperti biasa, melainkan harus melakukan root android. Tapi sayang banyak dari pengguna smartphone yang merasa khawatir jika smartphonenya di root, karena jika kalian gagal melakukan root maka smartphone kalian akan bootlop atau mati total.

Tapi ada cara yang lebih praktis dan simpel untuk menghapus aplikasi bawaan android tanpa root. Yakni dengan cara men-disable aplikasi-aplikasi yang telah dibundling tersebut. Ikutilah langkah-langkah dibawah ini jika kalian ingin menghapus aplikasi bawaan di android.
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, masuk ke dalam menu Setting lalu pilih Apps atau Apps & Notifications.
  2. Setelah itu kalian bisa mencari dan memilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Setelah kalian pilih dan masuk ke dalam menu pengaturannya, langkah berikutnya adalah kalian pilih Disable. Sehingga akan muncul peringatan yang menyatakan bahwa aplikasi yang kalian pilih tersebut akan dinonaktifkan. Setelah itu kalian bisa pilih Disable App.
  4. Lalu akan muncul pesan peringatan kembali yang berisi, bahwa aplikasi yang kalian pilih tersebut akan dikembalikan ke versi awal atau pabrik serta menghapus semua update yang terpasang.
  5. Dan yang terakhir kalian bisa pilih OK, untuk menghapus aplikasi bawaan android tersebut.
  6. Selesai.
Dengan mengikuti tips diatas, sebenarnya aplikasi bawaan dari android tersebut tidak hilang secara permanen, hanya saja semua update yang telah terpasang di smartphone akan terhapus semua dan aplikasi tersebut juga tidak akan muncul lagi pada daftar aplikasi atau App draw.

Namun kalian masih bisa mengaktifkan kembali aplikasi tersebut suatu saat jika dibutuhkan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diatas. Itulah dia cara menghapus aplikasi bawaan smartphone tanpa root. Tapi jika smartphone kalian sudah di root, kalian bisa menggunakan aplikasi System Remover untuk menghapus aplikasi bawaan android tersebut secara permanen.
 
Loading...
Top