Catat, Ini Cara Mencegah Keracunan Asap Genset

Discussion in 'General Business' started by Gita Lestina, Dec 13, 2017.

  1. Gita Lestina

    Gita Lestina New Member

    Joined:
    Dec 7, 2017
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Anda tentunya masih ingat dengan kasus dimana satu keluarga meninggal karena keracunan asap genset di Perumahan Grand Kahuripan, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor pada Selasa 3 Oktober 2017 silam. Diduga para korban langsung tidur sesudah menyalakan genset ketika rumah korban sedang mengalami pemadaman listrik.


    Perlu Anda ketahui bahwa genset dapat mengeluarkan gas Karbon Monoksida (CO) yang merupakan gas berbahaya apabila dihirup oleh manusia pada kadar tertentu walaupun tidak terlihat dan tercium. Gas buang ini akan membuat manusia kehilangan oksigen dalam darah sehingga menimbulkan pusing, sakit kepala, mual, penurunan kesadaran, bahkan kerusakan otak yang dapat berujung pada kematian. Pada umumnya, gas CO ini juga ditemukan di asap knalpot motor atau mobil dan kebanyakan korbannya tidak menyadari bahwa mereka sudah keracunan karena gas ini cenderung tidak berwarna dan berbau.


    Berikut beberapa tips pencegahan dari bahaya keracunan Karbon Monoksida bagi Anda yang mempunyai genset baik genset open maupun genset silent.


    1. Gunakan alat pendeteksi gas beracun/gas detector

    Alat pendeteksi gas beracun ini berfungsi untuk mendeteksi jika terdapat gas Karbon Monoksida atau gas beracun lainnya. Anda dapat memasangnya di sekitar rumah. Alat ini sangat wajib untuk dimiliki untuk melindungi keluarga Anda dari bahaya gas Karbon Monoksida. Ketika alat tersebut berbunyi, Anda dapat segera menuju ke luar rumah untuk mendapatkan udara segar dan mencari bantuan.


    2. Pastikan tersedia ruang genset dengan ventilasi

    Pastikan Anda mempunyai ruang genset sendiri yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Pemasangan ventilasi di ruangan genset berfungsi untuk mencegah gas Karbon Monoksida terkumpul di dalam rumah. Pasalnya, gas CO harus dibuang ke udara luar agar konsentrasinya tidak membahayakan bagi Anda dan keluarga Anda.


    3. Pastikan Anda jauh dari gas monoksida yang dihasilkan oleh genset

    Bagi Anda yang menempatkan genset di luar rumah, pastikan Anda menutup pintu, jendela, dan lubang sirkulasi untuk menghindari gas Karbon Monoksida masuk ke dalam ruangan. Pastikan juga tidak ada kipas rumah yang dapat menyebabkan gas tersebut tersedot ke dalam rumah.


    4. Mengetahui pertolongan pertama keracunan karbon monoksida

    Kenali dahulu gejala-gejala umum terjadinya keracunan gas CO seperti muntah-muntah, mual, kepala pusing, dada terasa sakit, dan mengalami gangguan emosional (linglung). Apabila Anda atau salah satu dari anggota keluarga Anda merasakan gejala-gejala tersebut, segera pergi ke tempat yang memiliki udara segar, hindari ruangan tertutup, atau berikan nafas buatan apabila tidak bernafas, dan larikan ke rumah sakit secepatnya.


    Demikianlah panduan mengenai cara mencegah keracunan gas genset. Penempatan genset harus sangat diperhatikan saat Anda membeli genset agar tidak membahayakan bagi keluarga Anda. Bagi Anda yang ingin memperoleh genset murah, namun berkualitas, Anda dapat menghubungi Hartech di hartech.co.id. Selain menyediakan genset, Hartech juga menyediakan layanan purnajual dengan teknisi yang telah berpengalaman memberikan saran perihal lokasi penempatan genset yang paling aman untuk Anda.
     


  2. sulis89

    sulis89 New Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    35
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    bener banget sis, asap genset sangat berbahaya. Bisa menyebabkan kematian.
     
  3. Dayinda

    Dayinda New Member

    Joined:
    Dec 13, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Solusi lain untuk memperkecil resiko yaitu rumah nya di asuransikan. Supaya kalo terjadi apa-apa bisa di proteksi oleh asuransi nya
     
Loading...

loading...

Loading...

Share This Page