Ekspektasi Kenaikan Suku Bunga Acuan Inggris

Discussion in 'Berita dan Informasi' started by HOPTION, May 9, 2018.

  1. HOPTION

    HOPTION New Member

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    98
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ekspektasi para ekonom dan para pelaku pasar terhadap kenaikan suku bunga Inggris pada bulan ini kian redup. Namun, masih ada harapan Bank Sentral Inggris atau Bank of England (BoE) akan tetap menaikkan suku bunga pada bulan Agustus mendatang.

    Banyak ekonom yang yakin jika BoE tidak akan menaikkan suku bunga 0,5% dalam bulan ini.

    “Menyusul komentar dovish dari Gubernur BoE Mark Carney pada 19 April, data aktivitas ekonomi yang melemah, kejutan penurunan pada inflasi, dan pertumbuhan PDB yang hanya 0,1 persen di kuartal pertama, membuat kemungkinan naiknya suku bunga merosot,” kata Simon Wells dari HSBC.

    Hasil dari jajak pendapat ekonom saat ini justru menunjukkan keyakinan bahwa BoE akan menaikkan suku bunga sebesar 0,75% di bulan Agustus nanti. Disusul dengan kenaikkan suku bunga lanjutan sebesar 1% pada kuartal kedua 2019, tepat setelah Inggris dijadwalkan untuk keluar dari Uni Eropa atau yang dikenal sebagai “Brexit.”

    “Kami berharap data akan membaik dalam beberapa bulan mendatang, sehingga memungkinkan Komite Kebijakan Moneter menaikkan suku bunga pada bulan Agustus. Kami mengakui bahwa sekarang lebih banyak risiko dan sisi negatifnya,” kata Andrew Wishart dari Capital Economics.

    Selain keputusan suku bunga acuan, Kamis (10/5) besok, BoE juga akan merilis data inflasi kuartalan. Hasil dari laporan tersebut diperkirakan akan menjadi bahan penjelasan utama bank sentral terkait diundurnya kenaikan suku bunga acuan.

    Meski sejauh ini masih berada di atas target, namun inflasi Inggris terus turun lebh cepat dari perkiraan BoE. Pertumbuhan upah juga terus melorot ke bawah level 1 persen dalam tiga bulan hingga Februari lalu.

    Perekonomian Inggris terseret ke posisi bawah di antara negara-negara G7 lainnya dalam hal tingkat pertumbuhan. Ketidakpastian atas kesepakatan antara Inggris dengan Uni Eropa sebelum jadwal Brexit di bulan Maret tahun depan telah membuat konsumen maupun investor, serta para ekonom bersikap waspada.


    Sumber : Inforexnews
     


Loading...

loading...

Loading...
Similar Threads - Ekspektasi Kenaikan Suku
  1. Lentera
    Replies:
    0
    Views:
    456

Share This Page