Ini Sebabnya, Bisul Di Ketiak Bisa Muncul

Discussion in 'Health & Beauty' started by hidupsehat, May 23, 2019.

  1. hidupsehat

    hidupsehat New Member

    Joined:
    May 7, 2019
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bisul umumnya muncul di area tubuh yang kerap mengalami gesekan. Sehingga, bisul di ketiak merupakan kondisi yang sebenarnya cukup umum terjadi. Berbagai kebiasaan bisa menyebabkan timbulnya kondisi ini.
    Buat kamu yang sering mencukur rambut ketiak, kamu perlu berhati-hati saat melakukannya karena kebiasaan ini juga bisa menyebabkan munculnya bisul di ketiak. Selain itu, jika kamu tidak telaten dalam menjaga kebersihan ketiak, maka benjolan menyebalkan ini juga bisa muncul.
    Pemicu munculnya bisul di ketiak
    [​IMG]
    Selain kebiasaan mencukur rambut ketiak yang tidak benar dan kurangnya kesadaran untuk senantiasa menjaga kebersihan ketiak, hal lain juga bisa menyebabkan munculnya bisul di ketiak. Kondisi seperti sistem imun yang lemah dan keringat berlebih juga bisa jadi pemicunya.

    Secara umum,bisul sebenarnya merupakan suatu bentuk infeksi yang terjadi pada kelenjar minyak atau folikel rambut. Infeksi ini, disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus yang bisa menumpuk di folikel rambut dan membuat munculnya nanah yang lama kelamaan akan semakin banyak dan membuat tonjolan bisul semakin besar.

    Gejala munculnya bisul di ketiak

    Bisul di ketiak yang muncul, umumnya akan disertai dengan gejala, seperti:
    • Timbul benjolan berwarna merah muda atau kemerahan
    • Benjolan disertai rasa sakit
    • Keluar nanah berwarna kekuningan dari benjolan
    • Disertai demam
    • Tidak enak badan
    • Benjolan terasa gatal
    Jika kamu bingung membedakan, benjolan yang muncul adalah bisul di ketiak atau jerawat, maka kamu bisa mengira-ngira dari ukurannya. Bisul, umumnya berukuran lebih besar dari jerawat.

    Cara menghilangkan bisul di ketiak

    Perlu diingat, bahwa kamu jangan pernah memencet atau memecahkan bisul sendiri. Karena, hal ini bisa membuat infeksi yang terjadi justru bertambah parah. Selain itu, memecahkan bisul bisa membuat bakteri-bakteri lain ikut masuk ke bawah permukaan kulit.

    Untuk merawat bisul di ketiak, kamu sebaiknya melakukan tiga hal ini:
    • Gunakan sabun antibakteri untuk membersihkan area ketiak
    • Kompres bisul dengan kompres hangat beberapa kali sehari
    Jika bisul tidak juga hilang setelah dua minggu, kamu disarankan untuk memeriksakannya ke dokter. Dokter mungkin akan melakukan prosedur tertentu untuk mengeluarkan nanah, dan setelah itu meresepkan obat antibiotik untuk mengatasi infeksi yang terjadi.
     


Loading...

Loading...

Share This Page