Jangan Sembarangan Minum Antibiotik Tanpa Resep Dokter

rizalnche

New Member
antibiotik.jpg

Antibiotik merupakan salah satu jenis obat yang berfungsi untuk mengobati infeksi bakteri dan beberapa parasit tertentu. Fungsi antibiotik untuk pengobatan penyakit berbeda-beda, Tergantung dari golongan antibiotik tersebut.

Cara kerja antibiotik adalah dengan menghambat pertumbuhan bakteri serta mikroorganisme lainnya yang menjadi penyebab timbulnya rasa sakit yang berkembang di dalam tubuh seperti radang tenggorokan, infeksi telinga, infeksi saluran kemih, serta infeksi lainnya. Antibiotik juga bisa digunakan dalam proses pengobatan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh jamur dan protozoa.

Jangka waktu seorang pasien yang harus mengkonsumsi antibiotik dan obat-obatan tergantung pada jenis penyakit yang dideritanya. Misalnya seseorang yang menderita pusing, batuk, pilek mungkin hanya akan memerlukan waktu selama beberapa hari untuk mengkonsumsi obat-obatan. Akan tetapi, bagi penderita penyakit kronis seperti kencing manis, TBC, Pastinya akan memerlukan jangka waktu yang panjang dimana harus secara rutin mengkonsumsi antibiotik dan obat-obatan.

Kini menggunakan antibiotik tanpa resep dokter sebagai bagian pengobatan sendiri makin banyak dilakukan. Padahal antibiotik merupakan jenis golongan obat resep dan tidak semestinya dapat dibeli secara bebas.

Pada umumnya, Kita menganggap bahwa antibiotik dapat mengobati semua penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Akibatnya, Antibiotik seringkali menjadi cadangan obat di rumah.
Ketika mendapat resep antibiotik dari dokter, Obat tersebut tidak kita konsumsi sampai habis; meski bagian apoteker sudah menyarankannya. Pemakaian yang tidak sesuai indikasi. Contoh paling mudah adalah penggunaan antibiotik untuk mengobati penyakit flu. Mudah sekali kita meminta resep antibiotik ketika penyakit ini menyerang. Padahal flu bisa juga disebabkan oleh alergi atau flu timbul karena merupakan gejala dari penyakit lain.

Antibiotik sebaiknya tidak digunakan sebagai pengobatan atas inisiatif pribadi karena bisa berdampak buruk pada kesehatan di masa depan. Terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan jenis pengobatan untuk infeksi yang Anda alami. Oleh karena itu, Penggunaan antibiotik yang aman harus memerlukan petunjuk dari dokter yang telah terlatih secara medis.

Berikut ini adalah beberapa bahaya menggunakan antibiotik tanpa resep dokter.

1. Mempengaruhi Kinerja Otak
2. Memicu Obesitas Dan Diabetes
3. Gangguan Usus
4. Penyakit Bertambah Buruk
5. Resistensi Antibiotik
6. Terjadi Reaksi Alergi
7. Gangguan Fungsi Jantung
8. Gangguan Serius

Baca Juga : Cara Membersihkan Komedo

Konsultasikan dengan dokter dan mendapatkan resep yang sesuai akan membantu kesembuhan penyakit lebih cepat dan baik juga menjauhkan Anda dari bahaya antibiotik
 
Loading...

Thread Terbaru

Top