Kebiasaan-kebiasaan Ini Ternyata Dapat Mengganggu Fungsi Jantung

Status
Not open for further replies.

Widia

New Member
Jantung adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Jantung berperan untuk memompa darah dan menyediakan nutrisi bagi tubuh. Oleh karena itu, menjaga jantung agar tetap sehat merupakan kunci utama. Contoh menjaga kesehatan jantung bisa anda lakukan dengan memulai untuk tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk berikut ini.


Terlalu banyak mengkonsumsi garam

Makanan memang akan terasa hambar tanpa garam. Tetapi, jika anda terlalu sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam, maka anda berada dalam risiko yang tinggi untuk mengalami tekanan darah tinggi. Hal ini pada akhirnya berpotensi meningkatkan serangan jantung dan stroke.

Kurang olahraga

Jarang melakukan olahraga dapat berpotensi meningkatkan berat badan dan kondisi ini berbahaya bagi jantung. Olahraga bisa membuat fungsi otak dan jantung kembali normal serta membuat aliran darah dan oksigen semakin lancar.

Makan berlebihan

Yayasan Jantung dan stroke di Ontario, Kanada menunjukkan bahwa makan berlebihan memiliki banyak konsekuensi yang serius terhadap kesehatan seperti penyakit jantung. Selain itu dampak lainnya dari makan berlebihan adalah refluks asam, kolesterol tinggi, hipertensi, dan Asma. dimana beberapa diantaranya merupakan faktor-faktor yang dapat mengganggu kesehatan jantung anda.

Rokok

Merokok adalah salah satu faktor munculnya serangan jantung. Hal tersebut diperkuat dengan adanya peringatan pemerintah di setiap bungkus rokok, yang menyatakan bahwa rokok dapat menyebabkan serangan jantung, kanker dan beberapa gangguan kesehatan lainnya.

Di lansir dari WebMD.com, hampir dari 20% dari semua kematian akibat penyakit jantung di Amerika Serikat secara langsung berhubungan dengan kebiasaan merokok. Ini karena merokok merupakan penyebab utama dari penyakit jantung koroner.

Kurang tidur

Orang yang tidak memiliki waktu cukup untuk tidr akan mengalami ketidakseimbangan hormon. Hal ini bisa menyebabkan gangguan terhadap fungsi jantung. Gangguan tidur yang juga bisa menimbulkan seseorang tidak mendapatkan tidur, dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung dan denyut jantung yang tidak teratur serta tekanan darah tinggi, diabetes dan stroke.

 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Top