Kenali Pembeli Adalah Raja

Status
Not open for further replies.

Lentera

blogger amatir
Saat ini pembeli semakin pintar. Mereka akan mencari informasi tentang produk barang atau jasa yang akan dibeli. Mereka akan membandingkan kualitas, harga serta layanan yang ditawarkanoleh produk sebuah perusahaan, apalagi saat ini dengan mudah diperoleh dari berbagai sumber informasi.

Dengan demikian Bargaining power pembeli lebih baik dari penjual, namun sekali lagi, apakah semua pelmbeli harus dianggap raja yang harus dituruti kehendaknya?

Perusahaan saat ini harus bisa juga membedakan pembeli yang coba-coba atau pembeli potensial yang bisa menjadi seorang pelanggan. Perusahaan harus juga mengenal dengan baik siapa saja sebenarnya konsumen produknya. Bahkan perusahaan harus berani "membangkang perintah Raja" dan kalau perlu melengserkan si Raja yang bertindak semaunya.

Persoalan dalam memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada pembeli, bukan lagi sesuatu yang mutlak jika tidak akan menghasilkan "win-win solution". Menuruti perintah raja yang justru akan menghancurkan perusahaan harus dilawan dengan benar karena Raja bisa saja salah, belum mengerti, terpengaruh lingkungan dan lain sebagainya.

Menuruti kehendak pelanggan tidak salah malah terkadang diperlukan, akan tetapi tidak semua pelanggan harus diperlakukan sebagai raja. Perusahaan seharusnya memiliki "catatan kecil" dari semua konsumen sebagai analisis kontribusi, profitabitas dan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Hasil analisa dapat digunakan sebagai pedoman untuk menentukan Pembeli adalah Raja.

Komplain maupun rasa tidak puas dari pelanggan adalah wajar apalagi kenyamanan mereka terabaikan, namun jika mereka masih memiliki profitabitas dan loyalitas yang tinggi, maka tidak ada salahnya perusahaan mengikuti "perintah Raja" tersebut karena sebagai Raja tidak hanya melihat pada kepentingan dirinya sendiri tetapi juga melihat kepentingan rakyat (perusahaan).

Tingkat kepuasan semua pelanggan yang sama tidak mungkin dipenuhi seutuhnya oleh manajemen perusahaan. Yang ideal adalah perusahaan mampu menjadikan semua pelanggan menjadi raja yang baik, sehingga jargon "Pembeli adalah Raja" atau "Pelanggan adalah Raja" atau juga "Konsumen adalah Raja" tetap berlaku.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Top