Kupas Cara Membuat Judul Menarik Di Youtube

Discussion in 'Internet Marketing' started by hersam, Aug 12, 2019.

  1. hersam

    hersam New Member

    Joined:
    Apr 10, 2018
    Messages:
    54
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Apa yang membuat kamu tertarik menonton sebuah tayangan Youtube? Thumbnail yang eye-catching, judul menarik atau channel Youtuber yang kamu sukai. Menurut hasil penelitian, orang biasa melihat thumbnail yang sesuai dengan selera mereka lalu judul. Kali ini kami akan mengupas cara membaut judul yang menarik dari iBiG Digital, salah satu digital marketing agency terbaik di Jakarta Indonesia dengan tim yang kreatif di Tangerang.

    Thumbail adalah sebuah gambar kecil yang representasi konten dari Youtube itu sendiri. Sayangnya belum tentu thumbail yang dibuat itu cukup jelas mewakili konten tersebut. Kalau sudah seperti ini, calon penonton pun melirik ke judul tulisan. Kombinasi judul dan thumnail yang informatif dan sesuai kebutuhan inilah yang akan membuat mereka berpikir untuk melanjutkan klik atau tidak.

    Sebagai seorang Youtuber, sebuah konten yang menarik itu akan mendapatkan suggestion dari Youtube. Youtube akan membantu mengarahkan para penontonnya yang telah selesai asyik menonton channel favoritnya dan memberikan suggestion konten video yang serupa tetapi tidak sama dengan channel yang tonton sebelumnya. Selain itu, penonton juga biasanya juga akan melirik ke video konten yang disarankan oleh Youtuber favorit.

    Tidak jarang pula seorang penonton sedang mencari topik tertutup di Youtube, dan ketika mereka mendapatkan daftar video yang terkait, mereka akan memilih. Tidak selalu mereka akan memilih yang di daftar pertama. Mereka bisa klik karena thumbnail dan judul ang menarik atau nama creator video tersebut. Ditambah dengan deskripsi yang jelas, mereka bisa lanjut nonton dan menyelesaikan video tersebut.

    Melihat pentingnya judul dan thumbnail yang menarik di Youtube, kamu perlu belajar cara membut judul video Youtube yang menarik dan tepat sasaran.

    Tips membuat judul Youtube
    Youtube menyarankan kalau sebuah judul harus bisa menggambarkan isi konten video yang kamu upload dengan akurat. Jadi kamu perlu menuliskannya dengan kreatif, mempromosikan isi konten dan membangkit rasa penasaran penonton.

    Kepikiran untuk menggunakan clickbait atau judul sensasional? Sebaiknya kamu mengurungkan niatmu. Judul-judul yang berlebihan, menyinggung, menipu dan berisi kata-kata kotor adalah jenis channel yang akan membuat penonton normal menjauh. Alih-alih menyukai konten kamu, Youtube tidak akan pernah mencoba rekomendasikan kamu ke penonton baru.

    Konten-konten dengan judul yang buruk juga mendapatkan sanksi di dunia maya. Orang yang menonton akan memberikan banyak komentar negatif karena judul yang menyesatkan dan sensasional. Ranking konten videomu pun menurun dan mungkin saja diturunkan oleh Youtube. Bisa saja kamu harus kehilangan akun karena ulahmu sendiri.

    Cara membuat judul menarik
    1. Buatlah judul dengan maksimal 60 karakter dengan informasi paling penting di bagian depan
    2. Bila kamu upload video bersambung, pastikan kamu menuliskan nomor episode dan branding d bagian akhir
    3. Pastikan judul kamu tidak ada yang hilang karena terlalu panjang saat penelusuran seperti di telepon genggam, dekstop dan lain sebagainya.
    Jauhkan diri dan Judul Youtube seperti ini:
    1. Menggunakan banyak huruf besar dengan simbol yang berlebihan
    2. Menipu atau membesar-besarkan isi konten alias clickbait
    3. Bahasa yang tidak sopan atau kotor
    4. Judul yang terlalu panjang sehingga penonton tidak tahu judul isi kontenmu.
    Beberapa alasan juga yang bisa mempengaruhi Youtube tidak rekomendasi video adalah:
    1. Penipuan atau menyesatkan: alias judul dan konten tidak sama
    2. Menjijikkan: gambar dan isi konten menjijikkan dan jorok
    3. Membuat syok: menggunakan kata-kata yang vulgar, menyinggung dan berlebihan
    4. Kekerasan: Memperlihatkan dan mendorong tingkat kekerasan atau pelecehan terhadap penonton
    5. Tidak senonoh: Menyiratkan ucapan dan tindakan yang menjurus pada tindakan 's3kzual' atau cabul
    6. Kasar: penggunaan huruf besar dan tanda seru pada judul menekankan sikap tidak sopan
    Kesimpulanya, bila kamu ingin kontenmu semakin banyak ditonton, selalu berikan apa yang kamu janjikan lewat thumbnail dan judul yang jelas. Kalau kamu tidak suka ditipu, orang lain juga sama.

    Tips Membuat Judul Tepat Untuk Iklan
    Buat kamu yang ingin membuat iklan, kamu perlu cari tahu target audience yang sesuai. Gunakanlah kata kunci, judul, deskripsi dan tagar yang tepat. Hindari juga kata-kata kontroversial, tidak sopan, bernuansa 's3kzual' dan kata-kata yang bisa menyebabkan timbulnya rasa tersinggung. Perhatikan juga teks yang kamu gunakan di judul.

    Begitulah info tentang cara membuat judul yang menarik. Kamu ingin tahu lebih banyak lagi tentang cara membuat konten Youtube yang menarik, thumbnail dan penjelasan lainnya, mending langsung buka situs iBiG Digital, digital marketing agency di Tangerang untuk lebih detailnya
     


Loading...

Loading...

Share This Page