Makanan Penyebab Penyakit Asam Urat Dan Obatnya

Discussion in 'Health & Beauty' started by mrsawada, May 23, 2019.

  1. mrsawada

    mrsawada New Member

    Joined:
    Apr 8, 2019
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Agar tidak mudah terkena penyakit asam urat, ada baiknya Anda menghindari makanan penyebab asam urat. Meskipun memang ada banyak faktor yang bisa memicu penyakit asam urat, dalam realitanya faktor pola makan, khususnya konsumsi makanan yang kaya akan purin-lah yang menjadi salah satu penyebab utama tingginya kadar asam urat dalam tubuh.

    Makanan Penyebab Asam Urat
    Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat yang sebaiknya Anda hindari, antara lain:

    1. Jeroan
    Makanan yang terdiri dari hati, ampela, paru-paru, otak, ginjal, usus, lidah, atau bahkan limpa dari hewan memang memiliki rasa yang gurih, namun hal ini adalah makanan penyebab asam urat. Sayangnya, jeroan ini memiliki kandungan purin yang sangat tinggi sehingga jika Anda kerap mengonsumsinya, maka risiko terkena asam urat pun meningkat.


    2. Makanan laut
    Makanan penyebab asam urat berikutnya adalah beberapa jenis makanan laut seperti ikan teri, ikan sarden, cumi-cumi, ikan tuna, ikan makarel, hingga hewan laut bercangkang layaknya kerang, kepiting, tiram, lobster, atau udang ternyata juga memiliki kadar purin yang tinggi sehingga bisa menyebabkan masalah asam urat.

    3. Daging merah
    Daging merah memang bisa diolah menjadi berbagai makanan yang nikmat. Hanya saja, daging yang bisa didapatkan dari kambing, sapi, domba, dan hewan berkaki empat lainnya ini juga kaya akan kandungan purin sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

    4. Makanan olahan
    Makanan penyebab asam urat lainnya adalah makanan olahan yang terbuat dari daging seperti abon dan dendeng–ternyata memiliki kandungan purin yang sangat tinggi. Selain itu, makanan kalengan layaknya sarden atau kornet juga sebaiknya dihindari jika tidak ingin terkena masalah asam urat.

    5. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan seperti kacang tanah, melinjo, atau tauge ternyata juga kaya akan kandungan purin yang bisa memicu gejala masalah asam urat.

    6. Beberapa jenis sayuran
    Meskipun termasuk dalam makanan yang sehat, dalam realitanya sayuran seperti jamur kuping, bayam, kol, daun pepaya, buncis, kangkung, asparagus, hingga daun singkong ternyata kaya akan kandungan purin dan bisa menjadi penyebab asam urat. Walaupun risikonya tidak sebanding dengan daging merah, Anda tetap harus memperhatikan seberapa banyak Anda mengonsumsi sayuran ini

    7. Daging angsa dan kalkun
    Makanan penyebab asam urat ini termasuk yang sulit untuk dihindari karena kelezatan yang dimilikinya. Makanan itu adalah daging angsa dan kalkun. Jika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi sebaiknya Anda menghindari jenis daging ini, sebab kadar purin di dalamnya lebih tinggi dibanding daging putih lainnya.

    8. Produk olahan susu
    Makanan penyebab asam urat berikut adalah makanan yang banyak digemari orang. Beberapa makanan itu berasal dari produk olahan susu seperti yoghurt, keju, atau es krim. Sebuah penelitian menunjukkan, makanan penyebab asam urat ini dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

    Jika Anda tetap ingin mengonsumsinya, pilihlah produk olahan susu dari jenis yang rendah lemak. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih yang benar-benar bebas lemak.

    9. Minuman manis
    Perlu diketahui, penyebab asam urat tidak hanya bersumber dari makanan, akan tetapi bisa juga disebabkan oleh minuman. Minuman-minuman penyebab asam urat itu pada dasarnya adalah minuman manis seperti soda, minuman rasa buah atau minuman dalam kemasan lainnya.

    Rasa manis dari gula jenis fruktosa merangsang produksi asam urat yang lebih banyak. Fruktosa juga dapat ditemukan secara alami pada buah seperti anggur, apel, pir, dan kurma. Penelitian membuktikan, pria yang mengonsumsi fruktosa dalam jumlah banyak berisiko lebih tinggi terkena asam urat. Hal itu juga berlaku pada wanita yang sering mengonsumsi minuman manis.

    Nah, itu dia berbagai macam makanan penyebab asam urat yang harus Anda tahu. Hindari beberapa makanan pemicu asam urat seperti di atas agar pergelangan kaki dan tangan atau bagian tubuh lainnya tidak terasa sakit.

    Obat Alami Asam Urat
    Perlu diketahui, asam urat tinggi tidak selalu disertai dengan gejala, sehingga salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah mengurangi risikonya, yaitu dengan lebih bijaksana dalam memilih makanan dan minuman.

    Selain makanan tinggi purin, penyakit asam urat bisa juga disebabkan oleh faktor keturunan dan gangguan kesehatan lain, seperti psoriasis. Jika Anda mulai merasakan gejala asam urat, dianjurkan berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab naiknya asam urat dan mendapatkan pengobatan yang sesuai.

    Berikut ini adalah obat alami asam urat yang bisa Anda gunakan untuk menurunkan kadar asam urat, antara lain:
    • Buah kaya antioksidan
    Buah ceri dan nanas dipercaya sebagai obat tradisional asam urat. Faktanya, buah nanas memiliki kandungan asam askorbat yang ternyata memiliki efek yang sangat kecil untuk menurunkan kadar asam urat. Sementara itu, asupan buah ceri selama dua hari ternyata menurunkan risiko sebanyak 35 persen untuk terkena serangan asam urat

    Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada kedua buah ini untuk memastikan penggunaannya sebagai obat herbal asam urat. Selain itu, buah berwarna gelap seperti blackberry, blueberry, anggur, dan rasberry sangat membantu menjaga asam urat tetap terkendali.

    • Daun seledri
    Obat alami asam urat berikutnya adalah daun seledri. Daun seledri merupakan sumber vitamin C dan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta berguna untuk mengontrol tekanan darahu
     


Loading...

Loading...

Share This Page