Medan Fair Plaza Dan Kenangan Medan Fair Masa Lalu

tobawisata

New Member
Bagi warga Kota Medan yang sudah lama bertempattinggal di dalam Kota Medan, istilah Medan Fair tidak selalu bersasosiasi dengan super market, tempat belanja, bangunan besar seperti mall, gedung bioskop dan lain-lain seperti halnya Medan Mall, Sun Plaza atau Center Point Medan. Yang teringat di otak mereka adalah sebuah tempat pusat kebudayaan daerah Sumatera Utara seperti halnya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta.

Sebelum tiba masa menjelang tibanya tahun 2000, suasana di sekitar lokasi Medan Fair yakni di Jalan Gatot Subroto, jalan besar yang merupakan akses utama pintu keluar dari Kota Medan menuju Aceh tidak seramai saat ini, di mana lokasi yang dahulu sebagai Medan Fair atau Pusat Kebudayaan Masyarakat Sumatera Utara hanya ramai pada masa-masa tertentu misalnya saat Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) satu bulan dalam setiap tahun berlangsung kini telah berubah menjadi mall besar bernama Medan Fair Plaza, sedangkan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) telah pindah lokasi ke dekat Simpang Ringroad arah ke Kota Binjai.

Program paket tour medan yang diselenggarakan oleh travel agent medan kini lebih banyak menjual wisata belanja atau wisata kuliner dari pada menjual produk budaya asli milik masyarakat Kota Medan. Oleh karena itu banyak mall yang hidup dan tumbuh dari masa ke masa. Namun mengelalo mall juga butuh strategi jitu untuk membaca pasar.

Zaman tahun 1990-an, mall di Kota Medan lebih banyak dalam meramaikan bursa mall yang menjadi sasaran paket wisata medan atau dikenal juga sebagai paket city tour medan bagi para traveller yang ingin menikmati kenyamanan wisata belanja di Kota Medan. Zaman dulu ada Perisai Plaza di Jalan Stasiun Kereta Api, ada Olympia Plaza di Jalan Haryono MT saat ini bersebelahan dengan Medan Mall, ada Sinar Plaza dan Deli Plaza berdampingan di Jalan Guru Patimpus, ada Medan Plaza di Jalan Iskandar Muda dan ada Buana Plaza di Jalan Aksara dan ada Istana Plaza di Jalan Ir H. Juanda. Semua yang disebutkan tadi yakni Olympia Plaza, Medan Plaza, Sinar Plaza, Deli Plaza, Perisai Plaza dan Istana Plaza sudah tutup dan hampir tutup khusus untuk Olympia Plaza digilas oleh mall-mall baru yang cerdas membaca pasar.

 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top