MENGENAL JENIS-JENIS VALVE

Muhamad Daniel

New Member
Dalam dunia perpipaan atau pengaliran air kita harus mengetahui hal-hal yang ada pada pekerjaan tersebut misalnya cara pemasangan pipa, memasang fitting, desain pipa, memasang packing gasket mengenal jenis valve dan lain-lain. namun yang jadi pembahasan artikel ini adalah mengenai jenis-jenis valve. Karena hal tersebut wajib bagi seorang insinyur pipa untuk mengetahui dasar-dasar dari valve.
Sebenarnya kita sudah kenal apa itu valve atau katup, valve yang sering kita jumpai dirumah adalah kran air. Ada cukup banyak jenis-jenis valve yang digunakan untuk pekerjaan perairan dan berikut adalah berbagai jenis-jenis valve.
  • Ball Valve
Seperti namanya valve jenis ini merupakan pengontrol aliran air yang berbentuk bola dan berlubang di bagian tengahnya. Jika posisi lubang searah dengan arah pipa maka air akan mengalir, jika posisi lubang kearah lain (samping) maka aliran akan berhenti. Jenis ini sangat banyak digunakan di Indonesia karena memiliki keunggulan dari type lainnya. Material ballnya juga tersedia dalam berbagai bahan yaitu PVC dan stainless steel. Kran air dirumah juga memakai sistem ball pada valvenya.

ball valve.jpg
  • Valve Marine
Valve marine ini sering digunakan untuk keperluan kapal, perairan dan pemadam kebakaran dengan tekanan JIS 5k/10k/30k/PN10/16/40. Berfungsi untuk mengatur, mengarahkan, atau mengontrol aliran air. Jenis valve marine yang sering digunakan adalah cast steel, iron dan bronze, maupun tipe lainnya seperti emergency valve. Dapatkan valve ini di tempat jual valve marine murah. Dikatakan murah Karena memang harganya terjangkau.

Valve Marine.png
  • Gates Valve
Dengan sistem tegak lurus, menutup dan membuka flow dengancara menaikan dan menurunkan tuas penutupnya. Bentuk tuas dari gates biasanya berbentuk bulat dan persegi panjang. Jenis ini biasanya digunakan pada pipa dengan durasi position yang tetap.
Namun jika gates valve ini digunakan pada posisi setengah terbuka maka dikhawatirkan terjadi kerusakan pada tuas ujung yang berbentuk lebar. Bisa terjadi korosi atau pengikisan pada sudut sudut gates, bisa juga mengganggu pada presisi gates tersebut.

Gate Valve.png
  • Butterfly Valve
Mirip dengan sistem kerjanya ball valve, hanya saja jenis ini menggunakan sistem isolation dengan gerbang yang besar, lebih sederhana dan harganya juga lebih murah. Papan penutup berbentuk bulat dengan poros ditengah, memungkinkan sayap berputar 90o. mudah dalam pengoperasiannya cocok untuk tekanan yang rendah dan volume yang besar.

Butterfly Valve.jpg
  • Globe Valve
Jenis ini yang dapat mengatur besarnya cairan yang mengalir pada pipa. Prinsip kerjanya adalah tegak lurus agar memastikan bahwa aliran pada pipa dapat diatur dengan tuas yang menutup pada ring yang ada dibawahnya. Kelebihannya ialah dapat menutup dengan baik, tuasnya digerakan dengan thread yang bisa dikendalikan.

Globe Valve.jpg
  • Safety Valve
Jenis ini cara kerjanya secara otomatis yang biasanya digunakan pada boiler, pressure pumpatau sesuatu yang memiliki batas temperature dan tekanan. Valve ini akan terbuka dengan sendirinya sesuai dengan temperature dan tekanan yang ditetapkan.
Pada proses kerjanya selalu ada pada pompa dengan tekanan tinggi. Dengan adanya elemen ini maka pompa tersebut akan terbuka yang dianggap sebagai ambang batas keamanan.
 
Loading...
Top