Mengenal Lebih Jauh Seputar Digital Marketing

mrsawada

New Member
Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing
Digital marketing adalah aktivitas promosi baik itu untuk sebuah brand ataupun produk melalui media elektronik (digital). Puluhan tahun silam, media digital marketing sangatlah terbatas, sebutlah televisi atau radio yang hanya dapat menyampaikan informasi secara satu arah.
Dewasa ini, dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat serta penerimaan yang cukup luas dari hampir semua lapisan masyarakat, tak ayal membuat model pemasaran digital adalah salah satu channel utama.
Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing:
  • SEO – Search Engine Optimization
  • Periklanan online – FB ads, Google Ads, dll.
  • Promosi media cetak
  • Iklan televisi & radio
  • Billboard elektronik (videotron)
  • Email marketing
  • Mobile marketing
  • dan lain-lain
Keunggulan Digital Marketing vs Konvensional
Tidak seperti iklan di koran, selebaran brosur dan semacamnya, strategi pemasaran menggunakan media digital khususnya online dapat diukur secara tepat bahkan real-time.
Dengan menggunakan media digital, Anda dapat mengetahui berapa lama iklan video produk Anda ditonton, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan, dan tentunya Anda bisa mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak.
Kemampuan pemasaran digital akan tracking ini tentu sangat membantu para pebisnis dalam menghitung ROI (return of investment) dari budget marketing perusahaan.
Selain faktor kemudahan evaluasi, luas jangkauan geografis juga jadi salah satu keunggulan digital marketing. Dengan memanfaatkan media digital, Anda dapat menyebarkan konten/brand produk Anda ke seluruh dunia hanya dengan beberapa kali klik. Anda dapat menggunakan pula jasa digital marketing melalui agensi digital / digital agency
Dengan alasan ini pula, metode offline marketing lawas bahkan sudah ditinggalkan sama sekali oleh perusahaan tertentu.
Cara Memulai Digital Marketing
Jika kita berbicara digital marketing, sebagaimana sudah dibahas pada tulisan di atas, ruang lingkup topik ini sangatlah luas. Oleh karenanya, penting bagi seorang digital marketer untuk tahu teknik dan resource yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik.
Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah aset, kenali apa aset digital yang Anda miliki, dan mulailah untuk fokus dalam beberapa aset saja
Beberapa aset dalam digital marketing:
  • Website
  • Postingan blog
  • Akun media sosial
  • Identitas brand (logo, company profile)
  • Jejak online (review/feedback dari pelanggan dll.)
Jika Anda sudah memiliki beberapa aset di atas, yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand yang Anda miliki.
Semisal untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan Anda. Atau melalui sosial media seperti instagram, maka buatlah foto dan video pendek yang menarik dan shareable.
Hal lain yang cukup penting, jika kamu aktif dalam forum atau marketplace publik, maka usahakanlah profil usaha kamu punya rating dan review yang baik dari para pelanggan.
Karena hal tersebut juga jadi salah satu tanda bahwa citra brand yang kamu miliki bagus atau tidak di dunia maya. Jika kamu sudah mulai mengerti tentang digital marketing, ada baiknya kamu tahu juga komponen pengeluaran serta harga digital marketing sebagai acuan dasar.
 
Loading...
Top