Mengenal Lebih Jauh Seputar Digital Marketing

mrsawada

New Member
Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing
Digital marketing adalah aktivitas promosi baik itu untuk sebuah brand ataupun produk melalui media elektronik (digital). Puluhan tahun silam, media digital marketing sangatlah terbatas, sebutlah televisi atau radio yang hanya dapat menyampaikan informasi secara satu arah.
Dewasa ini, dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat serta penerimaan yang cukup luas dari hampir semua lapisan masyarakat, tak ayal membuat model pemasaran digital adalah salah satu channel utama.
Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing:
  • SEO – Search Engine Optimization
  • Periklanan online – FB ads, Google Ads, dll.
  • Promosi media cetak
  • Iklan televisi & radio
  • Billboard elektronik (videotron)
  • Email marketing
  • Mobile marketing
  • dan lain-lain
Keunggulan Digital Marketing vs Konvensional
Tidak seperti iklan di koran, selebaran brosur dan semacamnya, strategi pemasaran menggunakan media digital khususnya online dapat diukur secara tepat bahkan real-time.
Dengan menggunakan media digital, Anda dapat mengetahui berapa lama iklan video produk Anda ditonton, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan, dan tentunya Anda bisa mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak.
Kemampuan pemasaran digital akan tracking ini tentu sangat membantu para pebisnis dalam menghitung ROI (return of investment) dari budget marketing perusahaan.
Selain faktor kemudahan evaluasi, luas jangkauan geografis juga jadi salah satu keunggulan digital marketing. Dengan memanfaatkan media digital, Anda dapat menyebarkan konten/brand produk Anda ke seluruh dunia hanya dengan beberapa kali klik. Anda dapat menggunakan pula jasa digital marketing melalui agensi digital / digital agency
Dengan alasan ini pula, metode offline marketing lawas bahkan sudah ditinggalkan sama sekali oleh perusahaan tertentu.
Cara Memulai Digital Marketing
Jika kita berbicara digital marketing, sebagaimana sudah dibahas pada tulisan di atas, ruang lingkup topik ini sangatlah luas. Oleh karenanya, penting bagi seorang digital marketer untuk tahu teknik dan resource yang dibutuhkan sebuah perusahaan agar pemasaran digital dapat berjalan dengan baik.
Salah satu elemen penting dalam digital marketing adalah aset, kenali apa aset digital yang Anda miliki, dan mulailah untuk fokus dalam beberapa aset saja
Beberapa aset dalam digital marketing:
  • Website
  • Postingan blog
  • Akun media sosial
  • Identitas brand (logo, company profile)
  • Jejak online (review/feedback dari pelanggan dll.)
Jika Anda sudah memiliki beberapa aset di atas, yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan aset-aset tersebut untuk membangun brand yang Anda miliki.
Semisal untuk website dan blog bisnis, tulislah secara berkala artikel yang akan menarik calon pelanggan Anda. Atau melalui sosial media seperti instagram, maka buatlah foto dan video pendek yang menarik dan shareable.
Hal lain yang cukup penting, jika kamu aktif dalam forum atau marketplace publik, maka usahakanlah profil usaha kamu punya rating dan review yang baik dari para pelanggan.
Karena hal tersebut juga jadi salah satu tanda bahwa citra brand yang kamu miliki bagus atau tidak di dunia maya. Jika kamu sudah mulai mengerti tentang digital marketing, ada baiknya kamu tahu juga komponen pengeluaran serta harga digital marketing sebagai acuan dasar.
 

raden92

New Member
wah iya nih, karena sekarang apa2 udah serba digital kayaknya ilmu digital marketing ini emang perlu banget sih. udah banyak ahli yang buka seminar tentang digital marketing ini, atau buat perusahaan yang tadinya konvensional lalu mau beralih ke digital alternatifnya bisa dengan menyewa jasa digital marketing. Branding agency jakarta
 

michaelralou

New Member
Pengertian Tentang Merek
Merek atau brand biasa sering kali terdengar ataupun terlihat dilingkunngan sekitar dalam bentuk:
-Poster.
-Kemasan botol yang sering anda lihat ataupun anda pakai juga memiliki merek.
-Kemasan makanan.
-Alat elektonik.
-Bahkan kendaraan sekalipun juga memiliki merek.
-Dan masih banyak lagi.
Dari setiap barang-barang diatas yang sudah disebutkan,lalu apasih kegunaan dari barang yang memiliki merek?apasih pengertian merek?banyak sekali masyarakat yang menanyakan pertanyaan tersebut dan ingin mengetahui apa jawabannya.
Merek adalah suatu penanda barang sebagai tanda bahwa barang tersebut memiliki identitas agar berbeda dari barang lainnya.Selain fungsi tersebut merek juga bertujuan untuk menarik perhatian konsumen agar menggunakannya tergantung dari kualitas merek tersebut dan mungkin saja dengan nama merek yang unik dapat mempengaruhi perhatian konsumen untuk menggunakan merek itu sendiri.Jadi intinya fungsi merek adalah sebagai identitas merek agar menjadi tanda pembeda dari merek atau produk lainnya.

Ciri Khas Merek
Selain mempunyai nama,merek juga pasti memiliki ciri khas-nya sendiri.Ciri khas ini pun juga menjadi suatu kelebihan ataupun kekurangan merek itu sendiri.Misalkan sebagai contoh kelebihan untuk ciri khas merek adalah dari kualitas merek yang lebih aman dan nyaman saat digunakan dari merek lainnya,dan jika dicontohkan sebagai kekurangan seperti misalnya harga merek itu tidak sebanding dibandingkan dengan kualitas mereknya tersebut.Itu hanya sebagai contoh,masih banyak lagi ciri khas merek,tergantung dari barang yang digunakan.

Berikut ini adalah sebagai contoh ciri khas merek yang bisa dijadikan sebagai kelebihan merek itu sendiri:
-Memiliki kualitas yang tahan lama
-Kualitas yang dapat digunakan dengan aman dan nyaman
-Harga yang sesuai dengan kualitas merek
-Memiliki nama yang unik,mungkin dengan nama yang unik bisa saja dapat menarik perhatian konsumen
-Memiliki bentuk yang unik,selain nama merek,mungkin saja dengan bentuk merek yang unik juga dapat menarik perhatian para konsumen
Itu adalah beberapa ciri khas merek yang mungkin saja bisa menarik perhatian para konsumen.Dan jika memberikan nama merek sebaiknya jangan terlalu sulit atau rumit,beri nama merek dengan kata-kata yang seringkali terdengar tetapi kata tersebut masuk dengan mereknya dan jangan menyamakan nama merek dengan nama merek lainnya karena itu adalah tindakan plagiat.Maka karena tindakan itu pemilik merek yang melakukan plagiat tersebut dapat dikenakan sanksi.

Meningkatkan Harga Jual Merek
Mungkin saja dengan merek memiliki ciri khas yang unik,bisa berpengaruh untuk meingkatkan harga jual merek tersebut.Sebab dengan memiliki banyak ciri khas pada suatu produk itu akan memikat hati banyak konsumen untuk menggunakannya.Selain dengan cara memiliki ciri khas yang unik,menaikkan harga produk bisa dilakukan apabila barang yang terjual cukup laris/laku,dan meningkatkan kualitas barang itu sendiri.Tetapi apabila harga produk tersebut tidak sesuai dengan kualitasnya maka akan menipis konsumen yang ingin menggunakannya.

Berikkut ini adalah cara agar dapat meingkatkan harga jual merek:
1.Sebelum menentukan harga jual produk,ketahui terlebih dulu biaya produksi dan distribusi.Taruhlah harga yang lebih dari harga produksi dan distribusi tetapi jangan terlalu jauh.
2.Tentukanlah target pasar.Tentukan tempat yang sesuai dengan produk,misalkan apabila produk anda sejenis makanan maka tempat yang cocok adalah seperti di mall,supermarket.
3.Mampu bersaing dengan produsen lainnya.Sebelum masuk dalam dunia bisnis,anda harus yakin terlebih dahulu bahwa anda mampu bersaing dengan produsen lainnya.
4.Tingkatkan Kualitas.Kualitas produk sangatlah penting karena ini adalah cara untuk mengetahui bahwa sebuah produk aman dan nyaman atau tidaknya.
5.Memiliki ciri khas.seperti yang sudah dijelaskan ciri khas pun bisa dijadikan kelebihan suatu produk dPengertian Tentang Merek
Merek atau brand biasa sering kali terdengar ataupun terlihat dilingkunngan sekitar dalam bentuk:
-Poster.
-Kemasan botol yang sering anda lihat ataupun anda pakai juga memiliki merek.
-Kemasan makanan.
-Alat elektonik.
-Bahkan kendaraan sekalipun juga memiliki merek.
-Dan masih banyak lagi.
Dari setiap barang-barang diatas yang sudah disebutkan,lalu apasih kegunaan dari barang yang memiliki merek?apasih pengertian merek?banyak sekali masyarakat yang menanyakan pertanyaan tersebut dan ingin mengetahui apa jawabannya.
Merek adalah suatu penanda barang sebagai tanda bahwa barang tersebut memiliki identitas agar berbeda dari barang lainnya.Selain fungsi tersebut merek juga bertujuan untuk menarik perhatian konsumen agar menggunakannya tergantung dari kualitas merek tersebut dan mungkin saja dengan nama merek yang unik dapat mempengaruhi perhatian konsumen untuk menggunakan merek itu sendiri.Jadi intinya fungsi merek adalah sebagai identitas merek agar menjadi tanda pembeda dari merek atau produk lainnya.
 

mengalir

New Member
[QUOTE="mrsawada
Apa yang Dimaksud dengan Digital Marketing
Digital marketing adalah aktivitas promosi baik itu untuk sebuah brand ataupun produk melalui media elektronik
[/QUOTE]
menurut saya tidak semua orang mempunyai keahlian seperti itu. Terkadang kita melakukannya karena terpaksa oleh karena pengeluaran yang lebih. semua itu dijalani tanpa mentor pun menjadi bisa tetapi ada juga masih newbie saja dari dulu.
Mohon izin share ya admn

LOOP ETH AIRDROP:
To Participate Our Airdrop
Join our Official Telegram Channel
Join our Official Telegram Group
Submit your Details
Get 7 referrals (required)

Complete the tasks below you will receive 0.57 ETH (≈ $100 and extra 0.17 ETH (≈ $30) for each friend you refer.

Join our telegram Channel and Group
Send this link to your friends to earn more ETH.
 
Loading...

Thread Terbaru

Top