Mengenal Sejak Dini Penyakit Sipilis

faisal ramdani

New Member
Sipilis

Sifilis adalah infeksi menular 's3kzual' (IMS) yang dapat diobati dengan pengobatan. Tanpa pengobatan, sifilis menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan kematian. Secara permanen dapat merusak jantung, otak, otot, tulang dan mata. Untuk mengurangi risiko Anda terinfeksi, selalu gunakan kondom saat berhubungan s3ks.

Apa itu sifilis?
Sifilis adalah infeksi menular 's3kzual' (IMS) yang mengancam jiwa . Ini menyebar melalui kontak 's3kzual' dengan seseorang yang memiliki infeksi. Sifilis yang tidak diobati dapat menyebabkan kematian atau masalah kesehatan yang serius, termasuk kebutaan, gangguan kesehatan mental, dan kerusakan otak, jantung, mata, dan sistem saraf .


Tahapan apa sifilis?
Jika tidak diobati, sifilis berkembang dalam empat tahap. Infeksi menyebabkan gejala yang berbeda di setiap tahap. Pada tahap pertama dan kedua, orang sangat mudah menular dan dapat dengan mudah menularkan infeksi ke pasangan s3ks mereka. Tahapan sifilis adalah:

Sifilis primer: Tahap pertama terjadi dua hingga 12 minggu setelah terpapar bakteri. Selama tahap ini, luka merah halus yang disebut chancre berkembang di alat kelamin atau di mulut. Ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Sebuah chancre kecil dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, jadi Anda mungkin tidak menyadarinya.

Sifilis sekunder: Sekitar satu hingga enam bulan setelah chancre hilang, ruam sifilis yang kasar dan bergelombang muncul di tubuh, biasanya di telapak tangan dan telapak kaki (bagian bawah) kaki Anda. Anda mungkin juga mengalami gejala mirip flu seperti demam, kelelahan, sakit tenggorokan, dan nyeri otot. Gejala-gejala ini bisa datang dan pergi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Sifilis laten: Jika sifilis tidak diobati selama dua tahap pertama, infeksi berpindah ke tahap laten. Meskipun tidak ada tanda atau gejala sifilis secara lahiriah selama fase ini, infeksi dapat merusak jantung, tulang, saraf, dan organ Anda. Tahap ini bisa berlangsung beberapa tahun.

Sifilis tersier (lanjut): Bagi banyak orang, gejala tidak berkembang melewati fase laten, baik karena infeksinya sembuh sendiri atau karena gejalanya terlalu ringan untuk disadari. Sekitar sepertiga orang berkembang ke fase sifilis lanjut, yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Masalah ini terjadi secara perlahan dan meliputi:

  • Kerusakan otak, demensia dan masalah kesehatan mental.
  • Penyakit jantung.
  • Gangguan pergerakan dan masalah otot.
  • Kerusakan saraf.
  • Kejang.
  • Tumor, biasanya pada tulang dan kulit.
  • Masalah penglihatan.
Sifilis kongenital terjadi ketika wanita hamil menularkan infeksi ke bayinya. Sifilis menyebabkan masalah kesehatan yang parah pada bayi dan anak-anak. Ini bisa berakibat fatal. Telah terjadi peningkatan sifilis bawaan di negara ini dan semua wanita hamil harus diskrining untuk sifilis.

Seberapa umum sifilis?

Kasus sifilis telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, terutama di antara pria gay dan biseksual. Sekitar 80.000 orang didiagnosis dengan sifilis setiap tahun. Infeksi ini lebih sering terjadi pada pria dan lebih sering muncul pada orang berusia awal 20-an.



Siapa yang mungkin terkena sifilis?

Siapa pun yang aktif secara 's3kzual' bisa terkena sifilis, tetapi beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi untuk terinfeksi. Risiko Anda terkena sifilis lebih tinggi jika Anda:

  • Apakah gay, biseksual atau laki-laki yang berhubungan s3ks dengan laki-laki (LSL).
  • Lakukan hubungan s3ks tanpa kondom, terutama jika Anda memiliki beberapa pasangan.
  • Apakah HIV positif.
  • Pernah berhubungan s3ks dengan seseorang yang dinyatakan positif sifilis.
  • Dinyatakan positif untuk IMS lain, seperti klamidia , gonore atau herpes .
Seorang wanita yang sedang hamil dan menderita sifilis dapat menularkan infeksi tersebut kepada bayinya. Wanita hamil harus menjalani tes sifilis selama kehamilan. Infeksi tersebut dapat menyebabkan kematian atau gangguan kesehatan yang parah pada bayi dan anak-anak.

###

Apa penyebab sifilis?
Bakteri Treponema pallidum menyebabkan sifilis. Orang yang terinfeksi menyebarkan bakteri melalui s3ks vaginal, anal atau oral. Bakteri masuk ke dalam tubuh melalui anus, m1ss v, 'p3n1s', mulut atau kulit yang rusak.

Sifilis menular. Jika Anda menderita sifilis dan berhubungan s3ks, Anda dapat menginfeksi pasangan Anda. Jika Anda sedang hamil dan menderita sifilis, Anda dapat memberikannya kepada bayi Anda yang belum lahir. Tetapi Anda tidak bisa tertular sifilis dengan menyentuh benda-benda seperti dudukan toilet, peralatan, dan gagang pintu.

Apa saja gejala sifilis?
Gejala sifilis bervariasi tergantung pada stadium infeksinya. Pada fase pertama, chancre (luka kecil tanpa rasa sakit) berkembang di alat kelamin. Selama fase kedua sifilis, ruam merah muda, bergelombang, dan kasar muncul di tubuh, biasanya di telapak tangan atau telapak kaki Anda. Anda mungkin juga mengalami gejala mirip flu seperti kelelahan, demam, sakit tenggorokan, dan nyeri otot.

Selama tahap pertama dan kedua dari sifilis, Anda sangat menular. Anda dapat menyebarkan infeksi jika pasangan Anda bersentuhan dengan ruam atau chancre saat berhubungan s3ks.

Apa itu chancre (sakit sifilis)?
Pada tahap pertama sifilis, luka kecil yang disebut chancre berkembang di alat kelamin, di mulut, atau di bibir. Chancre bisa mudah terlewatkan karena seringkali tidak menimbulkan rasa sakit dan mungkin terlihat seperti jerawat. Bisa juga berkembang di dalam rektum atau m1ss v atau di bawah kulup 'p3n1s', jadi Anda mungkin tidak melihatnya. Chancre:

  • Muncul dua hingga 12 minggu setelah kontak dengan bakteri.
  • Berkembang di 'p3n1s', skrotum, vulva, m1ss v, anus atau bibir atau di mulut.
  • Halus, merah, keras dan bulat dan mungkin mengeluarkan cairan kuning.
  • Akan hilang dengan sendirinya dalam dua hingga enam minggu.
Meskipun chancre hilang setelah beberapa minggu, infeksi sifilis masih ada di tubuh Anda sampai Anda diobati. Jika Anda menderita sifilis dan tidak mendapatkan pengobatan, Anda dapat menularkan terlepas dari apakah Anda merasakan sakit atau tidak. Beberapa orang mungkin menderita sifilis laten dan tidak memiliki gejala. Jika Anda merasa telah terekspos, bicarakan dengan penyedia Anda.

Pengobatan Sifilis


Sifilis dapat disembuhkan dengan pengobatan sifiis yang sudah direkomendasikan oleh dokter sebab penanganan tidak boleh asal tanpa rujukan dokter
 

Attachments

Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top