Menjelajah Destinasi Wisata Pulau Samosir

tobawisata

New Member
Pulau Samosir adalah bagian yang tak terpisahkan dari kajian tentang Danau Toba dari sekian banyak hal yang perlu dikaji termasuk kaldera toba yang saat ini dikembangkan oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) untuk mengembangkan danau toba sebagai daerah tujuan wisata berskala internasional.

Sebagaimana yang kita maklumi bahwa danau toba memiliki luas dengan panjang 100 km dan lebar 30 km membentang di bagian tenggara Provinsi Sumatera Utara. Sedikitnya ada tujuh Kabupaten yang mempunyai andil di Danau Toba yaitu Kabupaten Simalungun, Kabupaten Samosir, Kabupaten Karo, Kabupaten Dairi, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Di antara sekian banyak Kabupaten yang menjadi bagian dari Danau Toba, Pulau Samosir merupakan salah satu Kabupaten yang paling aktif dan fokus dalam membangun pariwisata untuk menadatangkan semakin banyak orang tour ke pulau samosir. Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir senantiasa pro aktif dalam membangun destinasi wisata di Pulau Samosir. Perlu kami sampaikan bahwa Pulau Samosir merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki potensi wisata terbaik di seluruh danau toba.

Para travel agent di Sumatera Utara mendesain program paket wisata samosir reguler yang memiliki program untuk mengunjungi destinasi wisata umum yang telah ada dari zaman dulu, misalnya Desa Tomok di mana terdapat kuburan batu Raja Sidabutar dan tempat berbelanja souvenir terbesar di kawasan Danau Toba. Selanjutnya adalah mengunjungi Ambarita yaitu sebuah tempat yang dahulu merupakan pusat kerajaan di mana terdapat 8 unit rumah adat Batak Toba yang terbuat dari atap ijuk dan dinding papan, dibangun tanpa paku, tempat untuk eksekusi hukuman mati dan lain-lain.

Selain itu, paket tour samosir juga bisa jadi menyertakan kunjungan ke Museum Batak di Simanindo, namun destinasi ini biasanya diminati wisatawan dari Eropa yang benar-benar mencintai budaya Batak Toba. Sebenarnya masih banyak destinasi wisata baru yang dapat dikunjungi namun belum dikelola secara profesional dan akan terus dikembangkan bersama-sama dengan stake holder lainnya termasuk tour operator di Sumatera Utara.

 
Loading...

Thread Terbaru

Post Terbaru

Top