Misinformasi Soal Makanan dan Minuman Pencegah Covid-19

harbisindo

New Member
Misinformasi Soal Makanan dan Minuman Pencegah Covid-19

Banyak informasi yang beredar tentang cara untuk mengatasi Covid-19. Sayangnya, informasi yang cepat menyebar itu kerap langsung dipercaya walau dari sisi keilmuan informasi tersebut tidak benar bahkan bisa membahayakan. Di antara beragam informasi itu termasuk kabar soal khasiat mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu untuk mengusir Covid-19.

Dosen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM Unair) Qonita Rachamah membagikan kebenaran terkait dengan isu yang beredar di masyarakat tentang makanan atau minuman yang dapat mencegah Covid-19. Menurut dia, dasar untuk mempercayai suatu makanan atau minuman bisa mencegah Covid-19 adalah hasil penelitian.

"Apabila kita melihat dari tahapan penelitian, bukti yang paling rendah adalah perkataan ahli. Yang paling utama dalam menentukan suatu kebenaran adalah penelitian yang telah dilakukan," katanya dikutip Tempo dan Unair News, Selasa, 3 Agustus 2021.

Salah satu isu yang beredar adalah air rendaman 8 bawang putih dapat mencegah Covid-19. Faktanya, mengkonsumsi air rendaman bawang putih yang berlebih dapat menyebabkan keracunan. Isu berikutnya adalah konsumsi telur rebus dapat mencegah Covid-19. Padahal, belum ada penelitian yang menyatakan telur rebus dapat menangkal virus Covid-19.

Baca : Gejala Hilang Penciuman, Jangan Panik! Kenali Apa Penyebabnya

Selanjutnya isu yang menyebutkan untuk menangkal Covid-19 adalah dengan "meminum air dengan minyak kayu putih". Menurut Qonita, minum minyak kayu putih bisa mengakibatkan keracunan.

Kemudian berembus isu bahwa "makanan dan minuman alkali dengan pH tinggi dapat mencegah Covid-19". Faktanya, virus tidak diukur melalui satuan pH. Ada juga anggapan bahwa "meminum air hangat dan garam setiap 15 menit dapat mencegah Covid-19". Menurut dia, minum air putih memang bagus untuk mengatasi dehidrasi, namun hal ini tidak dapat membunuh virus Covid-19.

Mispersepsi Soal Herbal

Selain informasi dan penjelasan di atas, sempat pula beredar kabar soal jenis minuman herbal yang dapat digunakan untuk mencegah penularan Covid-19. Minuman-minuman tersebut antara lain jus jeruk, kunyit asam, teh hijau, air kelapa muda, dan wedang jahe.

Dikutip dari Instagram @kemenkominfo, World Health Organization (WHO) menyatakan belum ada suplemen dan teh herbal yang membuktikan dapat digunakan untuk mencegah atau menyembuhkan Covid-19.

Beberapa jenis minuman memang bisa membantu menambah imun, tetapi bukan berarti bisa langsung mencegah penyebaran Covid-19. Cara terbaik untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan menerapkan 5M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas, dan menjauhi kerumunan.

 
Loading...

Thread Terbaru

Top