Nasib Pesepakbola Senior Indonesia

mrsawada

New Member
Roda nasib terus berputar pastinya menjadi sebuah pepatah yang dimengerti oleh siapa saja. Termasuk seorang pesepakbola yang bisa dikatakan memiliki jenjang karir yang cukup pendek. Usia 30 menjadi batas dimana seorang pemain harus mulai mencari kesibukan lain di luar olahraga ini. Meski tak jarang ada yang mampu bertahan sampai umur puluhan, tapi tidak bisa dipungkiri kemampuan mereka sudah jauh menurun.
Seperti mengerti akan hal tersebut, beberapa mantan pemain Timnas diam-diam mulai merambah profesi lain. Seperti contoh Bambang yang kerap menjadi bintang iklan dan keluarga buku. Kondisi seperti ini bisa dikatakan sebagai langkah yang tepat, lantaran mereka sadar akan masa tua. Siapa sajakah pesepakbola yang siap menyambut masa tuanya? Simak ulasannya berikut.


Eka Ramdhani membuka bisnis ekspedisi

Eka Ramdani pastinya menjadi nama yang tidak asing untuk kita semua. Sebagai pesepakbola asli Bandung memiliki kemampuan luar biasa saat bermain. Umpan dan tendangan akuratnya sering jadi penolong tim yang di bela. Selain jago di atas lapangan, mantan pemain Persela juga handal dalam berwirausaha. Hal ini dibuktikan dengan bisnis jasa ekspedisinya yang didirikan terus berkembang hingga sekarang. Menjadi pengusaha tidak membuat puas dengan satu usaha saja. Pemain yang sering disapa Ebol ini juga membuka usaha kuliner di daerah Bandung.

Pemain serba bisa Timnas ubah bus pariwisata jadi tempat bisnis

Seperti mengetahui bisnis kuliner begitu laris di Indonesia. Toni Sucipto bersama rekanya yakni Airlangga dengan berani terjun ke dunia tersebut. Tidak tanggung-tanggung dengan menggunakan sedikit kreatifitas mereka mengubah sebuah alat transportasi menjadi restoran. Bernama Street Gourmet, bus yang biasa digunakan untuk perjalan diubah menjadi tempat makan yang hadirkan sensasi berbeda. Mengaku kosepnya di godok sejak tahun 2014 usaha ini akhirnya berdiri pada tahun 2015 lalu. Untuk menambah hebat tempat makan tersebut sajikan masakan Indonesia, barat dan jepang.


Hariono buka usaha fashion di Bandung

Mantan pemain Timnas lain yang mempunyai usaha sampingan adalah Hariono. Pesepakbola yang selalu lincah dan tegas saat menghadang serangan lawan. Usaha dimiliki pemain berambut gondrong ini berupa bisnis di bidang fashion. Lewat distro bernama HR24, ia menjual baju dan pernak-pernik lainnya. Toko yang dibuka beberapa tahun yang lalu ini terus mampu menyerap peminat. Lantaran hal tersebut dirinya mengaku apabila mendapatkan penghasilan yang lumayan dari HR24.


Andik Vermansyah membuka usaha berupa lapangan futsal


Selain beberapa nama tadi, Andik Vermansyah juga menjadi mantan pemain Timnas yang membuka usaha sampingan. Bertempat di daerah Depok dirinya membuka sebuah lapangan futsal. Bertempat di daerah dekat pusat perbelanjaan lapangan ini hampir tidak pernah sepi peminat. Selain untuk berolahraga usaha yang dibangun mantan pemain Persebaya juga acap kali digunakan untuk nobar sepak bola. Meski tak pernah disebut berapa pendapatannya dari usaha ini, namun tempat ini banyak sekali diminati.


Legenda Persija yang menjadi juragan tanah

Meski terbuang dari skuad Macan Kemayoran atau sering dikenal dengan Persija. Amarzukhi ternyata sudah jauh-jauh hari mempersiapkan masa tuanya. Tak seperti Eka Ramdani tadi, mantan pemain Persitara ini memilih untuk menjadi juragan tanah. Dimulai tahun 2015 dirinya mengaku apabila meneruskan bisnis dari keluarganya. Belajar dari ayahnya sendiri, Amarzukhi kini terus mendapatkan pendapatan uang dari hal tersebut. Bahkan lantaran usaha tanah ia mampu mencukupi kehidupannya di saat gaji lagi seret dari klubnya. Saat ini karier Amarzukhi dilanjutkan bersama PSMS Medan.

Beberapa pemain yang memiliki usaha di tanah air tidaklah ini saja. Ada banyak kini pesepakbola yang paham akan hari tuanya. Kondisi dapatlah menjadi contoh untuk pemain muda agar di masa jaya tetap memperhatikan waktu tua mereka di olahraga ini.
 
Loading...
Top