Perbedaan Antara Blog Hosting Gratis Dan Berbayar

Discussion in 'CMS & Web Desain' started by YutNori, Jul 16, 2016.

  1. YutNori

    YutNori New Member

    Joined:
    Mar 10, 2016
    Messages:
    48
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Halo para blogger, apa kabar hari ini! Sebagai seorang blogger yang sudah lama blogging pastinya sudah tahu ada dua jenis blog yang harus dipilih, yaitu blog dengan hosting gratisan, atau blog profesional yang berbayar. Apa bedanya? tentunya berbeda dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah kali ini kita akan membahasnya. Bagi yang masih bingung, kamu bisa membaca artikel di bawah ini.

    Jika kita belum pernah membuat blog sebelumnya, mungkin kita berpikir akan menginvestasikan banyak uang untuk membuat situs baru. Blog hosting gratis menawarkan sebuah solusi bebas risiko dalam membuat website, tetapi memiliki beberapa keterbatasan. Sebelum kita memutuskan untuk memilih antara hosting gratis dan hosting berbayar, mari kita lihat kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

    Blog hosting berbayar membutuhkan investasi

    Ketika kita membuat akun blog hosting berbayar, berarti kita harus membayar lebih untuk membuat dan menjalankan sebuah website. Ini mungkin menjadi ketakutan dari beberapa blogger baru karena mereka khawatir tidak mendapat apapun dari uang yang telah mereka keluarkan.

    Namun, disamping manfaat yang dijelaskan di bawah, blog hosting berbayar menandakan sebuah komitmen. Hal ini menciptakan motivasi tersendiri bagi kita untuk menambahkan konten ke blog secara teratur dan belajar lebih banyak lagi tentang blogging untuk meningkatkan keberhasilan.

    Blog hosting gratis menggunakan sebuah sub-domain

    Ada beberapa layanan blog hosting gratis yang tersedia. Ketika mendaftar akun gratis, kita akan mendapatkan sub-domain untuk konten blog kita, misalnya namablogkita.bloghost.com.

    Dengan blog hosting berbayar, kita dapat membangun domain kita sendiri seperti namablogkita.com. Ini memungkinkan untuk memilih nama sub-domain yang kita suka. Selain itu dengan nama domain sendiri akan memberikan kredibilitas untuk website kita.

    Blog hosting berbayar menciptakan pengenalan merek

    Sementara blog hosting gratis memang tidak dikenakan biaya, tapi kekurangannya adalah setiap kali pengguna mengetikan alamat blog kita di browser atau mengklik link dalam hasil pencarian, mereka akan melihat blog kita dengan nama host yang kita gunakan.

    Sebaliknya, pada blog hosting berbayar kita memiliki kontrol penuh terhadap situs kita. Kita dapat mengatur sendiri nama blog, tampilan, dan bagaimana mengorganisir situs kita.

    Blog hosting gratis memiliki pilihan terbatas

    Platform blogging modern seperti WordPress menawarkan berbagai plugin, tema, dan tools untuk membantu kita menarik pembaca dan membuat konten yang menarik. Sedangkan blog host gratis memiliki akses dan fitur yang terbatas.

    Menggunakan blog host gratis juga kurang bagus dalam SEO (Search Engine Optimization). Pada dasarnya, peringkat pencarian blog host gratis dalam mesin pencari kalah dibandingkan dengan blog host berbayar.

    Blog host berbayar menawarkan fitur lebih baik

    Beberapa layanan blog host berbayar menyediakan fitur seperti akses ke tools, sumber daya dan materi pelatihan yang lebih mendalam untuk membantu pengguna. Blogger baru tidak harus berjuang untuk bersaing dengan orang-orang yang telah menjadi blogger selama bertahun-tahun. Ini merupakan keuntungan yang lebih baik dibandingkan blog host gratis.

    Nah itulah perbedaan antara blog dengan hosting gratis dan berbayar. Sudah tahu kan sekarang kelebihan dan kekurangan dari blog host gratis dan blog berbayar? Jika kamu tertarik untuk beli domain dan hosting untuk blog atau website mu, percayakan saja pada idwebhost.com. Sekian untuk artikel kali ini, sampai jumpa di kesempatan selanjutnya. Happy Blogging!
     


  2. Lentera

    Lentera blogger amatir

    Joined:
    Jul 2, 2015
    Messages:
    563
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    38
    Location:
    Indonesia
    Bisa juga kok pakai domain sendiri tanpa harus pakai sub-domain :D
     
    YutNori likes this.
  3. Dwi Khasbullah

    Dwi Khasbullah New Member

    Joined:
    Jun 17, 2016
    Messages:
    94
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
    Untuk saat ini saya sendiri menggunakan keduanya dari yg gratisan, berbayar, domain dan subdomain... ya pokoknya semuanya di cobak heheh
     
    YutNori likes this.
  4. M.Hasanuddin

    M.Hasanuddin New Member

    Joined:
    Jul 31, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Kudu nyari modal dulu beli domain, heheh!
     
  5. noer98

    noer98 New Member

    Joined:
    Aug 13, 2016
    Messages:
    57
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    ya ane dulu awal2 pk idwebhost , tp skrng kok sering down y
     
  6. yulda

    yulda New Member

    Joined:
    Sep 3, 2016
    Messages:
    175
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    beli domain yang murah aja, harga 15rb/tahun ada
     
  7. seoisme

    seoisme New Member

    Joined:
    Sep 21, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Occupation:
    Crawler
    Location:
    Jakarta - Indonesia
    Yang mau buat blog gratis pakai Wordpress.org dengan akses & fitur sangat mendekati dengan Blog Hosting berbayar, silahkan ke Qoeple.com. Bisa ganti, tambah Theme & Plugin pula :D
    https://forum.maxmanroe.com/threads/kepingin-buat-blog-wordpress-org-tanpa-sewa-hosting-domain.4195/

    Untuk penambahan plugin & theme yang belum ada silahkan kontak saya disini, kasih saran dan kritik buat yang udah nyoba yah.. boy6:
     
    Last edited by a moderator: Dec 21, 2016
Loading...

Loading...

Share This Page