Perkembangan Teknologi Panel Surya Dan Beberapa Contoh Produknya

aralia

New Member
Matahari merupakan sumber energi kehidupan bagi kita semua, bayangkan jika tidak ada cahaya matahari maka bumi akan gelap gurita dan suhu akan menjadi sangat dingin dan semua air di bumi bisa membeku. Posisi bumi yang strategis dengan jarak yang tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh dari matahari membuat suhu bumi kondusif bagi semua mahkluk yang tinggal di Bumi. Selain itu matahari merupakan sumber alternatif energi listrik yang paling potensial di masa depan. Cahaya matahari bisa diubah menjadi energi listrik dengan bantuan teknologi panel surya atau solar system.

Tekonologi panel surya ini diberi nama solar system oleh ilmuwan yang menemukannya karena memanfaatkan cahaya matahari. Bagi astronom teknologi ini dinamai Sol yang berarti cahaya matahari. Sedangkan bagi para ilmuwan lainnya teknologi panel surya dinamai photovoltaics yang merupakan sebuah proses penyerapan cahaya matahari ke lempengan selenium untuk dirubah menjadi listrik. Teknologi Panel Surya menggunakan sel-sel matahari dan semakin banyak cahaya matahari mengenai sel-sel tersebut maka listrik yang dihasilkan akan semakin banyak. Teknologi panel surya diciptakan awalnya bertujuan untuk diaplikasikan pada pesawat luar angkasa sebagai sumber energi listriknya. Ketika bahan bakar minyak bumi sudah habis digunakan untuk menerbangkan pesawat luar angkasa, maka sumber energi listrik pesawat disupplay dengan menggunakan teknologi panel surya.

Cara kerja teknologi panel surya ini yaitu setiap sel surya dilengkapi dengan disk micro yang terbuat dari bahan semikonduktor (silikon) dan dilekatkan dengan sebuah kawat yang menuju ke sirkuit. Pada saat cahaya mengenai sel-sel surya maka secara otomatis dikonversi menjadi arus listrik dan mengalir melalui kawat konduktor menuju sirkuit. Ketik cahaya matahari tidak mengenai panel surya maka sel surya tidak menghasilkan atau berhenti memproduksi listrik. Oleh karena itu bentuk panel surya pada pesawat luar angkasa terlihat seperti sayap pesawat yang bisa memutar mengikuti arah matahari. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan listrik di Dunia, maka teknologi panel surya dikembangkan dan diproduksi secara massal serta diperjualbelikan dengan harga terjangkau. Saat ini banyak produk elektronik yang menggunakan panel surya sebagai sumber energinya. Untuk informasi selengkapnya mengenai produk-produk berteknologi panel surya bisa anda lihat dan baca melalui situs ini http://www.solarcellsurya.com. Situs ini dibuat oleh UD. Rajawali Perkasa yang memproduksi dan menjual berbagai produk berteknologi panel surya sesuai dengan pesanan. Berikut ini beberapa produk yang dijual oleh UD. Rajawali Perkasa :

1. Penerangan Jalan Umum Panel Surya
2. Flood Light Panel Surya
3. Traffic Light Panel Surya
4. Warning Light Panel Surya
5. Water Pump Panel Surya
6. Sehen Light Panel Surya
7. Electric Home System Panel Surya
8. Home UPS Panel Surya
9. Tiang PJU dan Tiang Taman
10. Pagar BRC
11. Scissor Lift Panel Surya
12. Aki/Baterai Panel Surya
 
Loading...

Thread Terbaru

Top