Resolusi Damai Di Papua Berperang Untuk Kebebasan

Status
Not open for further replies.

politik

New Member
Sementara kita berkabung untuk hidup lebih dari selusin yang hilang di Kabupaten Papua Nduga baru-baru ini, kita harus spare pikiran untuk ribuan kehidupan lain hilang di wilayah yang kaya sumber daya alam sejak konflik ini dimulai yang dimana operasi militer di Papua dilakukan untuk mengincar kelompok pemberontak. Kita harus bertanya mengapa itu adalah salah satu dunia yang paling lama berjalan perjuangan dan apa bisa membawanya ke dekat.

Pada tanggal 13 Desember, Ketua DPR menyatakan bahwa ia akan memberikan dukungan untuk "operasi militer selain perang" di Papua. Orang-orang Papua telah menderita melalui setidaknya 16 operasi militer resmi sejak 1961. Operasi lebih lanjut hanya akan memperdalam Papua luka dan membuat lebih sulit untuk mencapai resolusi damai.

Dalam operasi militer sebelumnya di Papua, warga sipil terdiri terbesar jumlah korban. Selain itu, impunitas militer dan sistem hukum yang lemah berarti tidak pernah ada akuntabilitas untuk kematian sipil ini. Sebagai langkah pertama menuju keadilan, daripada mengirim lebih banyak pasukan, tim independen dari Komisi Nasional hak asasi manusia harus dikerahkan untuk menyelidiki klaim bertentangan dalam Nduga.

Ada gerakan yang kuat untuk resolusi damai atas konflik Papua melalui latihan hak untuk menentukan nasib sendiri. Gerakan non-kekerasan tumbuh cepat dan tidak hanya di Papua. Ribuan orang, Papua dan non-Papua, telah berpartisipasi dalam pertemuan, diskusi publik dan demonstrasi damai di lusinan kota di seluruh Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. 537 orang ditangkap karena damai mendemonstrasikan pada Jan. 1, sendirian, 185 adalah non-Papua.

Jika para pejuang kebebasan West Papua National Liberation Army (TPNPB) di Nduga ditangkap atau tewas dalam operasi militer, kita dapat mengharapkan bahwa mereka akan digantikan. Pemuda Papua yang merupakan anggota dari organisasi-organisasi non-kekerasan menunjukkan dukungan yang luar biasa untuk TPNPB. Kepada mereka, TPNPB pejuang yang tua-tua yang membuat korban-korban yang ekstrim. Menghancurkan TPNPB di Nduga tidak akan menyelesaikan konflik di Papua Barat; akan kemarahan dan meradikalisasi sayap gerakan non-kekerasan.

Sama berlaku untuk taktik represif yang sedang digunakan terhadap gerakan non-kekerasan. Bebas-kekerasan aktivis di Papua perkotaan telah mengalami untuk penahanan ilegal, melecehkan surveillance, sewenang-wenang perusakan properti dan bentuk lain dari gangguan. Banyak telah memberitahu pengacara mereka, termasuk saya, bahwa penindasan ini membuat mereka merasa tidak ada ruang untuk aksi damai di daerah perkotaan dan bahwa mereka akan melakukan lebih baik untuk mengangkat senjata dengan TPNPB di hutan.

Para mahasiswa Papua baik di Jawa wajah tambahan represi dari kelompok milisi sipil yang mengancam kekerasan tanpa takut penangkapan. Beberapa siswa ini telah mengatakan kepada saya bahwa jika mereka harus melawan premanisme milisi bertekad untuk menahan kebebasan berbicara, mereka juga mungkin pergi semua jalan dan melawan militer Indonesia dengan bergabung TPNPB.

Asal-usul TPNPB menunjukkan bahwa orang-orang Papua telah lama berjuang untuk tetap independen. Pada tahun 1942 selama pendudukan Jepang, warga Papua di Biak menyatakan kemerdekaan mereka. Puluhan ribu anggota Papua Merdeka pada tahun 1965 menolak Indonesia dalam memimpin-sampai ke Cacat fatal 1969 "tindakan pilihan bebas". Sejarah ini mengilustrasikan fakta bahwa pejuang kemerdekaan TPNPB hari ini terus berlangsung lama "perang pembebasan nasional".

Hukum kemanusiaan internasional mengenali mereka sebagai pejuang dan tidak, karena pemerintah lebih suka untuk menggambarkan mereka, hanya anggota "kelompok kriminal bersenjata". Perang pembebasan nasional ditangani di bawah protokol tambahan I dari Konvensi Jenewa 1949. Meskipun Indonesia belum penandatangan protokol ini, pejuang di kedua belah pihak harus masih menghormati dasar hukum kemanusiaan internasional sebagai masalah hukum internasional selama konflik bersenjata.

Sampai Presiden Joko "Jokowi" Widodo memenuhi janjinya lama terabaikan untuk membuka akses ke Papua wartawan Asing, dunia luar akan menangis busuk. Diskusi domestik gratis juga membahayakan: Polisi telah mengancam anggota Papua dengan penuntutan di bawah undang-undang transaksi dan informasi elektronik kejam setelah ia berbicara tentang enam warga sipil yang tewas diduga bersama militer dan polisi operasi di Nduga.

Sejak tahun lalu, pasukan keamanan telah membuat ancaman yang sama terhadap pembela warga sipil dan hak asasi manusia yang biasa pemantauan militer dan polisi operasi di daerah terpencil di Papua. Akun yang berbeda dari garis militer bias dinyatakan menjadi "Hoax".

Kami harus segera menyelesaikan konflik di Papua sekali dan untuk semua. Pemerintah salah arah dalam kepercayaannya bahwa program infrastruktur akan menenangkan Papua taat permintaan untuk penentuan nasib sendiri. Sebagai lembaga ilmu pengetahuan Indonesia telah diakui, akar penyebab konflik adalah integrasi kuat Papua menjadi Indonesia.Indonesian pembuat undang-undang akan melakukannya dengan baik untuk mengakui kenyataan ini.

Seperti yang dinyatakan anggota Terpilih dari Dewan Keamanan PBB, Indonesia's prioritas berjuang untuk penyebab mulia rakyat Palestina hak untuk menentukan nasib sendiri. Seharusnya tidak kurang prioritas bagi Indonesia untuk secara demokratis mengatasi kebutuhan mendasar sama yang disuarakan oleh warga Papua.
 
Status
Not open for further replies.
Loading...

Thread Terbaru

Top